Apa itu Developer Playstore : Definisi dan Caranya

  • Whatsapp
Apa itu Developer Playstore - Definisi dan Caranya - cover
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Apa itu developer playstore ? Dan bagaimana cara menjadi developer playstore ? Untuk menjawabnya secara lengkap memerlukan penelitian dan pembahasan yang mendalam. Dalam dunia internet dan bisnis online ada berbagai istilah yang mungkin masih asing di telinga kita. Salah satunya mungkin developer playstore.

Secara bahasa, istilah developer playstore terdiri dari dua akar kata. Yaitu developer berarti pengembang. Sedangkan Playstore merupakan salah satu layanan Google dalam menyediakan aplikasi untuk smartphone android.

Read More

Dengan demikian, developer playstore secara bahasa adalah pihak pengembang playstore dengan berbagai aplikasi mobile yang diciptakannya.

Sedangkan menurut istilah atau terminologi, developer playstore adalah seseorang atau banyak orang dalam bentuk perusahaan maupun pribadi yang bekerja mengembangkan atau menciptakan suatu program atau aplikasi berupa games maupun aplikasi yang bermanfaat untuk dibagikan atau dijual di Google Playstore.

Jika anda ingin menjadi developer playstore maka itu pilihan yang bagus. Karena pekerjaan itu halal dan dapat menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Developer playstore merupakan salah satu profesi yang sangat menjanjikan dan saat ini prospeknya sangat cerah.

Yang menyebabkan profesi sebagai developer playstore sangat cerah banyak hal. Salah satunya pemakaian ponsel pintar di tanah air yang sangat massif. Dari tahun ke tahun jumlah pengguna smartphone android terus bertambah banyak.

Semua kalangan sudah terbiasa menggunakan smartphone. Anak-anak, remaja hingga orang dewasa keranjingan menggunakan smartphone android dalam sehari-hari.

Berdasarkan riset dari suatu lembaga ternama, jumlah pemakai ponsel pintar android di tanah air terbanyak di dunia diurutan lima sekitar 100 juta lebih pengguna. Inilah yang membuat peluang besar menjadi developer playstore untuk menghasilkan uang lebih banyak lagi.

Apa itu Developer Playstore ?

Apa itu Developer Playstore - Definisi dan Caranya - cover

Pemakaian ponsel pintar android dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat bagi manusia. Terutama dalam bertugas untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Dalam aktifitas untuk bisnis online, mengetik dokumen, mencari informasi, menonton video, merekam suara, merekam video, berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah smartphone terdapat dua unsur penting yang sama-sama mendukung yaitu hardware dan software. Untuk software terdiri dari berbagai macam aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar itu sendiri.

Sehingga smartphone dapat berfungsi secara baik sesuai yang dikehendaki penggunanya. Tanpa adanya aplikasi maka mustahil sebuah smartphone dapat berjalan lancar. Justeru ponsel pintar tak dapat berfungsi secara baik.

Untuk mendapatkan aplikasi atau software bagi smartphone android bisa mengunjungi google playstore. Di tempat ini terdapat beberapa software atau aplikasi yang bisa sobat unduh secara gratis maupun berbayar pada ponsel pintar android anda. Misalkan aplikasi yang gratis di Playstore yang bisa didownload seperti aplikasi Whatsapp, Instagram, Gojek, Grab, dan berbagai jenis games.

Lalu dari mana asalnya aplikasi di Google Playstore? Aplikasi di Playstore yang sangat banyak itu merupakan hasil buatan manusia atau pihak yang disebut Developer Playstore.

Mereka membuat berbagai macam aplikasi maupun game yang bermanfaat bagi manusia. Yang kemudian disimpan di Playstore. Untuk megunduh aplikasi itu ada yang gratis atau berbayar tergantung kemauan pihak developer playstore.

Umumnya seorang developer playstore adalah mereka lulusan Teknologi Informatika Programing atau minimal menguasai ilmu komputer secara otodidak.

Yang dikerjakan oleh developer playstore adalah menciptakan berbagai aplikasi mobile berbasis playstore berupa permainan menghibur edukasi, aplikasi android, buku digital dan lain-lain.

Google Playstore adalah sebuah software yang dikhususkan bagi pengguna ponsel android. Umumnya smartphone android terbaru sudah terpasang langsung dengan aplikasi bawaan ini.

Di tempat ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan seorang pengguna smartphone android. Ia dapat mendownload berbagai jenis aplikasi yang dibutuhkannya. Seperti berbagai game. Yang anda dapat mencarinya berdasarkan kategori, pemium, paling populer, pilihan editor, keluarga, dan untuk anda.

Selain itu juga, di dalam program Google Playstore anda dapat mendownload berbagai buku digital dengan berbagai kategori. Seperti terlaris, rilis baru, dan yang berbayar maupun yang gratis populer. Kemudian untuk aplikasi yang bisa diunduh ada kategori paling populer, pilihan editor, keluarga dan akses awal.

Cara Menjadi Developer Playstore

Untuk menjadi seorang developer playstore, ada beberapa hal yang perlu dikuasai dengan baik, antara lain :

1. Kemampuan dasar JAVA

Pengetahuan dasar terhadap Java berguna sekali untuk proses pembuatan sebuah aplikasi atau program android di playstore. Java merupakan bahasa pemograman yang bersifat mendasar.

Apabila sobat belum menguasai JAVA maka sobat akan mendapatkan kesukaran pada saat melakukan coding untuk pengembangan aplikasi.

Ilmu pemograman java sangat luas. Yang meliputi konsep package access modifier, clas dan lain sebagainya. Anda bisa mempelajari bahasa pemograman java di buku-buku yang membahas tentang Java, internet, dan berguru langsung pada developer aplikasi.

2. Pengetahuan dasar XML

Pengetahuan dan keterampilan dasar terhadap XML juga harus dimiliki untuk memudahkan dalam pengembangan aplikasi. XML merupakan suatu jenis bahasa markup yang dipergunakan untuk aneka kepentingan.

XML biasanya dipergunakan pada Layout, Webservice dan dunia programing yang lainnya. Untuk belajar XML bagi pemula sangat mudah.

Point penting yang harus dikuasai adalah bagaimana cara dapat membaca dan menulis XML dan mengikuti aturan dasar.

3. Menentukan Peralatan

Dalam dunia programming, untuk mengembangkan sebuah aplikasi dapat menggunakan tool Eclipse atau Android Studio.

Namun yang paling disarankan dalam pengembangan software aplikasi android, para developerbiasanya  menggunakan tool Android Studio yang lebih canggih dan mempunyai beragam fitur terbaru ketimbang tool Eclipse. Namun yang menjadi kekurangan Android Studio adalah penggunaannya banyak memakan kapasitas RAM.

4. Menentukan Library Android Open Source terbaru

Pembuatan aplikasi android membutuhkan waktu yang lama dikerjakan secara manual. Namun jika anda menggunakan Library Android Open Source terkini maka pengembangan aplikasi akan berlangsung lebih cepat.

5. Mengupdate ilmu developer playstore terbaru

Sebuah ilmu berkembang sangat cepat. Begitu pula dalam ilmu pemograman developer playstore. Ilmu tersebut akan terus berkembang dan muncul ide-ide dan inovasi baru.

Oleh karena itu, sobat perlu mengupdate pengetahuan anda terhadap ilmu pemograman terbaru yang lebih cepat, efektif dan efisien.

Untuk mengetahui ilmu pemograman aplikasi android terbaru maka anda bisa mencarinya di google  dengan mengunjungi situs yang bertemakan programing dan developer playstore.

Selain itu, anda dapat mempelajarinya lewat bergabung pada komunitas programmer developer playstore untuk saling belajar dan bertukar pikiran. Lalu dapat pula membaca buku tentang developer aplikasi terbaru yang ditulis oleh ahli programming yang hebat.

6. Bekerja secara kolektif

Dalam proyek pengembangan aplikasi playstore tidak bisa dikerjakan sendiri. Namun membutuhkan kerja tim secara kompak untuk menghasilkan aplikasi yang benar-benar terbaik dan unggul.

Sehingga banyak dibeli orang. Dengan bekerja bersama pula, pengerjaan pengembangan aplikasi dapat berjalan lebih cepat dan segala kekurangan dapat tertutupi dengan baik.

Berikut ini beberapa cara untuk mewujudkan kerjasama tim yang baik sebagai developer playstore , antara lain :

  • Pengembangan diri dan kreatifitas diri yang baik
  • Adanya waktu untuk berkumpul bersama-sama
  • Kemampuan spesialisasi yang terfokus
  • Mempunyai komunikasi yang berkualitas dan intens
  • Adanya misi dan visi yang sangat jelas

7. Fokus pada Kualitas Baik

Developer playstore yang baik akan berusaha mengembangkan aplikasi android sebaik mungkin dari segi kualitas. Ia tidak hanya memperbanyak kuantitas aplikasi yang diciptakan.

Tapi juga memperhatikan segi kualitas yang baik dan itu merupakan prioritas utama baginya. Percuma jika seorang developer playstore menciptakan banyak aplikasi namun semuanya berkualitas buruk. Kata sukses akan jauh darinya.

Demikianlah cara menjadi developer playstore dan pengertian apa itu developer playstore. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya yang tertarik dalam dunia pemograman dan pengembangan aplikasi android.

Related posts