Belajar Gitar Bagi Pemula : Terlengkap dan Termudah

  • Whatsapp
Belajar Gitar Bagi Pemula

Belajar gitar bagi pemula sangat mudah. Gitar adalah salah satu alat musik yang paling populer di Indonesia bahkan dunia. Betapa mudah menggunakan alat musik ini dengan cara dipetik. Namun bagi sebagian orang yang belum menguasai cara bermain gitar perlu belajar membekali diri dengan keterampilan bermain alat musik gitar. Pada kali ini penulis akan menjelaskan cara belajar gitar bagi pemula terlengkap dan termudah.

Untuk menguasai cara belajar gitar bagi pemula mempunyai proses waktu yang cukup lama. Namun jika anda rajin dan telaten maka anda bisa mempersingkat waktu dalam satu minggu. Bayangkan dalam satu minggu anda sudah dapat bermain alat musin gitar secara mahir. Hal ini seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi yang memudahkan seseorang dalam menguasai alat musik ini.

Read More

Karakteristik Gitar

Belajar Gitar Bagi Pemula

Bagi kalangan kawula muda menguasai alat musik gitar mempunyai nilai lebih tersendiri. Ia akan terlihat tampan, keren dan romantis. Para gadis umumnya sangat menyukai pria yang terampil dalam bermain gitar sambil bernyanyi berdua. Selain itu, anda dapat menghasilkan uang dari keterampilan bermain alat musik gitar.



Popularitas gitar yang sangat tinggi membuat berbagai band dunia senantiasa melengkapi alat musiknya dengan gitar. Bahkan banyak yang menjadikan gitar sebagai alat musik utama. Personil yang bermain gitar selalu mendapatkan sorotan dari publik. Misalkan Ariel Noah, Iwan Fals, Rhoma Irama, Fildan, dan lain sebagainya.

Pada berbagai aliran musik seperti pop, rock, dangdut, blues, koplo, country, jas, metal, indie dan genre musik lainnya maka gitar selalu digunakan sebagai pelembut musik. Sebuah alunan melodi dan musik akan terasa hambar tanpa adanya alunan musik gitar.

Untuk keberadaan di masyarakat maka alat musik gitar memainkan peranan sangat penting. Alat musik ini seringkali dimainkan ketika sedang nongkrong atau berkumpul bersama teman untuk menciptakan suasana riang gembira. Bahkan sebagian orang menjadikannya sebagai hiburan untuk melepas rasa lelah dan lesu setelah sehari bekerja di kantor.

Bermain alat musik gitar merupakan bagian dari ekspresi rasa seni yang bernilai positif. Dalam segi kesehatan akan lebih menjamin kesehatan jiwa. Dan dari segi keuangan bisa menambah pundi-pundi uang. Misalkan bermain gitar di youtube maupun tampil dari panggung ke panggung hiburan.

Jika anda sekarang ini tidak menguasai gitar maka sangat bagus untuk belajar bermain gitar. Mudah dan tak menghabiskan banyak waktu untuk belajar alat musik ini. Anda bisa belajar di saat waktu luang kepada teman yang mahir main musik gitar maupun kursus online ataupun privat.



Untuk bermain gitar ada dua cara yang bisa anda lakukan. Cara pertama adalah berguru atau belajar langsung kepada orang yang sudah mahir bermain gitar. Langkah ini bisa bersifat gratis maupun berbayar. Untuk yang berbayar biasanya dengan sistem les privat atau bimbingan belajar bermain gitar secara sistematis dan profesional.

Sedangkan cara kedua, anda bisa belajar bermain gitar secara otodidak. Tentu cara ini bersifat gratis. Namun anda tetap dapat menguasai alat musik gitar secara cepat menggunakan teknik ini jika anda rajin dan telaten. Sobat dapat membeli buku pedoman bermain gitar bagi pemula secara mudah di toko buku terdekat untuk memudahkan menguasai alat musik ini secara cepat.

Tingkat kecepatan seseorang dalam belajar menguasai gitar berbeda-beda. Ada orang yang cepat terampil bermain gitar disebabkan bakat dan ketelatenan yang dimilikinya. Dan adapula yang kurang berbakat menguasai alat musik ini sehingga lambat terampil bermain gitar. Namun anda jangan kuatir. Selama anda rajin bermain gitar maka semain cepat menguasai gitar.

Ada banyak cara belajar gitar bagi pemula. Yang meliputi : menguasai cara memegang gitar yang baik dan benar, mengetahui kunci dasar gitar, cara memetik dan menyetem gitar, posisi kunci gitar, memahami kunci gitar lagu mudah dan mulai memainkan musik atau lagu menggunakan gitar.

Gitar terdiri dari dua jenis yaitu :

  1. Gitar elektrik
  2. Guitar akustik.

Gitar adalah alat musik yang cara memainkan dengan dipetik. Ada enam dawai atau senar yang terdapat pada gitar. Yang masing-masing mengeluarkan bunyi suara berbeda jika dipetik atau dibunyikan. Ukuran senar berbeda-beda. Ada yang berukuran terbesar yang berada di teratas. Hingga yang ukuran terkecil yang berada di paling bawah.

Berikut ini rincian senar dan bunyi yang dihasilkannya, antara lain :

  • Untuk senar 1 yang berada di posisi teratas memiliki nada E
  • Senar 2 mempunyai nada A
  • Senar 3 memiliki nada D
  • Senar 4 mempunyai nada G
  • Senar 5 memiliki nada B
  • Senar 6 terbawah bernada E’

Cara Belajar Gitar Bagi Pemula Terlengkap

Langkah pertama untuk cara belajar gitar bagi pemula terlengkap dan termudah adalah mengetahui kunci-kunci dasar gitar. Misalkan kunci gitar A, B, C, D, E, F, G dan kunci dasar lainnya. Dan semua itu sangat sulit dipahami jika dilakukan tanpa gambar. Oleh sebab itu, berikut ini kunci dasar gitar beserta gambarnya, antara lain :




  1. Kunci dasar A
  2. Kunci dasar B
  3. Kunci dasar C
  4. Kunci gitar D
  5. Kunci guitar E
  6. Kunci dasar F
  7. Kunci guitar G

Kemudian anda mempraktekannya pada posisi dawai gitar secara baik dan benar. Dan coba petik pastinya akan menimbulkan nada yang berbeda dari setiap kunci dasar gitar tersebut. Lakukan secara otodidak sampai anda hafal betul kunci dasar itu di luar kepala tanpa melihat senar gitar itu sendiri.

Tips Belajar Kunci Gitar Lengkap

Selama belajar bermain gitar maka anda mesti melibatkan perasaan atau emosi. Karena bermain musik gitar berkenaan dengan seni dan keindahan yang dimiliki setiap manusia. Berikut ini tips belajar kunci gitar lengkap, antara lain :

1. Menentukan sumber referensi dari internet atau buku

Anda dapat belajar main gitar di internet maupun buku secara otodidak dengan mengikuti langkah demi langkah. Ada banyak website dan situs yang membahas cara memegang kunci dasar gitar, cara memetik gitar, dan bagaimana posisi kunci gitar.




2. Rajin belajar

Salah satu kunci sukses bermain gitar adalah sering latihan dan konsistensi. Dengan demikian, akan semakin cepat anda menguasai alat musik petik ini. Untuk pintar bermain gitar tidak bisa hanya melalui teori tapi yang lebih penting adalah praktek dan praktek.

3. Berguru pada orang yang mahir main gitar

Cara paling mudah dan cepat untuk menguasai cara bermain gitar secara baik dan benar adalah berguru langsung pada ahlinya. Mungkin ada sanak kerabat, anggota keluarga, sahabat maupun teman anda yang pandai bermain gitar. Anda bisa memintanya untuk mengajarkannya pada anda pada waktu luang.

4. Nyanyikan satu buah lagu

Jika anda sudah hafal betul posisi kunci dasar gitar maka anda bisa menyanyikan sebuah lagu. Rasakan alunan keindahannya sampai benar-benar enak layaknya musisi profesional.

Berdasarkan pengalaman penulis selama cara belajar gitar bagi pemula terlengkap maka pada awalnya kulit pada tangan yang digunakan untuk menekan senar terasa sakit. Kulit akan mengelupas dan digantikan dengan kulit baru yang lebih kuat atau kulit menebal. Itu adalah hal biasa atau lumrah dalam seni belajar gitar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 18203

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts