Pengertian Budaya: Definisi dan Unsur

  • Whatsapp
Pengertian Budaya

Pengertian budaya belum dipahami seutuhnya oleh banyak orang. Padahal dalam keseharian hidup manusia tak dapat dipisahkan dengan adat istiadat dan budaya. Dalam artikel ini, penulis akan membahas pengertian budaya secara umum dan menurut para ahli beserta macam-macam budaya Indonesia. Supaya para pembaca dapat mengetahui arti budaya sesungguhnya beserta contoh dan wujudnya.

Kehadiran budaya atau sering disebut kebudayaan memegang peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Kebudayaan merupakan ciri khas sekaligus identitas dari suatu masyarakat dan individu. Dengan perbedaan budaya membuat keragaman semakin banyak dan banyak orang tertarik untuk mengenal budaya masing-masing.

Read More



Pengertian budaya sangat penting dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia. Kebudayaan yang ada di Indonesia sangat besar dan beragam jumlahnya. Hal ini merupakan kekayaan nusantara yang sebagiannya menjadi warisan kebudayaan dunia. Setiap suku bangsa di tanah air mempunyai kebudayaan masing-masing. Perbedaan itu bukanlah menjadi suatu biang perpecahan. Namun sebagai kekuatan bangsa yang mempersatukan. Sebagaimana yang tercantum dalam Pancasila yang terdapat motto Bhinneka Tunggal Ika.

Pengertian Budaya Secara Bahasa

Pengertian Budaya

Pengertian budaya dapat dilihat secara istilah dan bahasa. Budaya berasal dari bahasa Sansekerta India dengan kata Buddhayah yang berarti sesuatu aspek yang berkaitan dengan akal manusia dan arti budi. Jadi, budaya adalah sesuatu yang lahir atas akal budi yang luhur manusia. Dengan budaya ini manusia berkembang dan menjalani hidup.



Pengertian Budaya Secara Umum

Pengertian budaya secara umum yaitu cara hidup yang ditempuh sekumpulan manusia dalam menempuh kehidupan berdasarkan akal budi. Budaya ini diwariskan secara turun temurun yang kemudian menjadi identitas suatu golongan. Kebudayaan terus berkembang sampai bisa merambah ke daerah sekitarnya.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa budaya merupakan pola sikap dan hidup masyarakat secara natural dalam menjalani kehidupan. Budaya pada suatu masyarakat akan mengalami perkembangan, perubahan bahkan percampuran dengan budaya lain.

Budaya Menurut Para Ahli

Koentjaraningrat dan Edward Burnett Tylor mengatakan budaya adalah suatu sikap manusia yang menjadi identitas dalam rangka belajar. Budaya adalah segala sesuatu yang rumit dan rumit. Di dalam budaya mengandung unsur adat istiadat, kebiasaan, moral, hukum, kesenian, kepercayaan, pembelajaran, pengetahuan, dan agama.

Ki Hajar Dewantara sebagai seorang tokoh pendidikan di Indonesia berpendapat budaya adalah hasil perjuangan sekumpulan manusia dalam mendapatkan pola hidup yang baik untuk mencapai kemakmuran. Hal ini sebagai wujud kesejahteraan manusia dalam mengembangkan kebudayaan baik menurut akal budi.

Linton mendefinisikan budaya adalah suatu pola hidup masyarakat yang teratur berdasarkan pengetahuan untuk menjalankan kehidupan yang baik. Budaya ini akan menjadi sebuah kebiasaan. Dan kebiasaan ini didapatkan dari nenek moyang yang kemudian diteruskan kepada generasi sesudahnya.

Macam Macam Kebudayaan Dunia

Kebudayaan yang ada di dunia terbagi ke dalam 5 kategori, antara lain :




  1. Kebudayaan Afrika
  2. Kebudayaan orang berkulit hitam Amerika
  3. Kebudayaan Barat orang Eropa dan Amerika
  4. Kebudayaan Timur Hindu dan Budha
  5. Kebudayaan Islam

Ciri Ciri Budaya Indonesia

Sesuatu dapat dinamakan budaya berdasarkan ciri-ciri demikian, antara lain :




  1. Dapat dipelajari
    Kebudayaan bukanlah hasil bawaan alami. Tapi suatu proses yang dibuat oleh manusia
  2. Dinamis
    Kebudayaan bersifat dinamis. Dalam arti mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Budaya akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik menurut pada jaman itu. Contohnya : Perkembangan gaya rumah. Pada saat ini, orang lebih menyukai gaya rumah minimalis ketimbang gaya bangunan rumah tradisional seiring perkembangan jaman
  3. Dapat diwariskan
    Budaya bisa diberitahukan kepada orang lain. Yang kemudian menjadi warisan berharga.

Fungsi Budaya Indonesia

Kehadiran budaya di tengah manusia memiliki fungsi. Yang paling utama adalah untuk bisa dipelajari oleh manusia sendiri warisan budaya mana saja dari leluhur yang harus dilestarikan karena mengandung unsur baik dan mana saja budaya leluhur yang harus dihentikan karena mengandung nilai yang berlawanan dengan agama.

Untuk lebih lengkap, berikut ini apa saja yang menjadi fungsi budaya, antara lain :




  1. Sarana belajar
    Budaya masyarakat dapat dipelajari dari awal kemunculan sampai saat ini. Yang menjadikan suatu disiplin ilmu khusus bernama ilmu budaya
  2. Menjalin interaksi dan sosialisasi
    Dengan adanya budaya akan menjalin interaksi yang kuat antara sesama anggota masyarakat. Mereka mempunyai identitas sama
  3. Saling menghargai
  4. Menimbulkan rasa empati dan toleransi
  5. Mempertinggi rasa nasionalisme

Unsur Unsur Budaya Indonesia

Adapun yang menjadi unsur-unsur budaya, antara lain :




1. Keagamaan

Keagamaan mempengaruhi budaya yang berkembang di masyarakat. Contohnya pada jaman dulu berkembang budaya Hindu di masyarakat di Indonesia yang bertentangan dengan agama Islam. Semenjak kedatangan agama Islam budaya itu mulai ditinggalkan orang.

2. Bahasa

Bahasa menjadi unsur budaya lainnya yang mengalami perubahan dari jaman ke jaman. Baik dalam bentuk bahasa tulisan maupun lisan. Pengertian bahasa itu sendiri adalah suatu pengucapan kata yang sangat indah untuk menyampaikan ide dan gagasan. Gaya bahasa kawula muda saat ini sering menggunakan kata alay seperti galau, nyokap, bokap, dll.

3. Kesenian

Kesenian yang berkembang di masyarakat lahir dari jiwa manusia yang menyukai keindahan. Ada tiga kategori kesenian di dalam masyarakat yakni seni tari, seni suara dan seni rupa.

4. Mata pencaharian

Suatu budaya masyarakat yang berkaitan dengan cara menghasilkan uang seperti berburu, cara berdagang, beternak, bercocok tanam dll.

5. Kemasyarakatan

Dalam sistem kemasyarakatan akan timbul perasaan satu anggota masyarakat dengan anggota masyarakat  lain saling bersatu. Mereka akan bekerjasama dalam mempertahankan warisan budaya leluhur.

6. Teknologi

Kebudayaan yang berkaitan dengan teknik dan alat yang dipergunakan dalam pengolahan bahan mentah menjadi barang siap pakai. Misalkan : Pengolahan padi dan makanan, alat transportasi, pakaian dan alat kerja.

7. Sistem pengetahuan

Pengetahuan yang sekarang semakin terbuka lebar seiring dengan adanya teknologi internet membuat mata setiap orang terbuka lebar. Setiap manusia dapat mempelajari ilmu pengetahuan alam di sekitarnya beserta peralatan yang dipergunakan.

Selain itu, ia dapat mempelajari sifat dan watak manusia, psikologi manusia, gerak tubuh manusia dan flora fauna. Dengan pengetahuan baru yang didapatkan akan bisa menciptakan sebuah kebudayaan baru yang sesuai dengan pengetahuannya.

Macam Macam Budaya Indonesia

Negara Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat besar. Berikut ini macam-macam budaya Indonesia yang tersebar luas dari Sabang sampai Merauke, antara lain :




  1. Ngaben
  2. Musik keroncong
  3. Musik dangdut
  4. Rumah adat khas setiap daerah dan suku. Seperti rumah adat Papua, rumah Gadang khas Minangkabau, rumah Joglo khas Yogya dan lainnya
  5. Alat musik. Yang meliputi kecapi, kendang dari sunda, ukulele dll
  6. Seni tari. Seperti tari kecak, tari pendet yang berasal dari Bali, tari jaipong berasal dari tanah sunda, tari piring, dan jenis tari lainnya yang setiap daerah memiliki tarian khusus.

Budaya yang ada di tengah masyarakat pedesaan dan perkotaan mengalami perubahan seiring perkembangan jaman. Ada yang budaya masyarakat dari leluhur mulai ditinggalkan orang. Ada budaya yang dilestarikan dan ada budaya yang diperbaharui sesuai kehendak masyarakat. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti teknologi, perkembangan jaman, kesadaran keagamaan yang tinggi dan lainnya.

Demikian pengertian budaya, fungsi, ciri-ciri, unsur dan macam macam budaya Indonesia. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan bagi anda semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 16023

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts