Laporan Penelitian Ilmiah : Contoh Teks

  • Whatsapp
Laporan Penelitian Ilmiah

Laporan penelitian ilmiah tentang makanan dan minuman serta tumbuhan secara singkat maupun lengkap merupakan suatu ilmu yang akan dipelajari setiap siswa siswi dibangku SMP dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembahasan ini sangat berguna bagi para pelajar dalam melakukan prosedur penelitian sampai dijadikan sebuah materi sistematis.

Penelitian atau percobaan adalah suatu aktifitas yang tak bisa dilepaskan dari kalangan pelajar atau mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika yang berorientasi pada pengabdian di masyarakat. Setiap ilmu yang dimiliki harus dapat dimanfaatkan dan berguna bagi orang lain.

Read More



Percobaan dan percobaan dilakukan untuk mendapatkan teori dan ilmu baru yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satu contohnya adalah penelitian yang dilakukan oleh dua orang siswa dalam menemukan obat kanker. Dengan cara melakukan penelitian terhadap tumbuhan Banjakah.

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan Singkat

Laporan Penelitian Ilmiah

Kegiatan penelitian dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan ilmu baru. Sehingga dalam setiap mata pelajaran sekolah selalu disertai dengan praktikum. Dan kegiatan belajar praktik atau percobaan dapat dilakukan di rumah dengan pengawasan orangtua murid. Dapat juga dilakukan di lingkungan kelas atau sekolah dengan pengawasan guru.



Penting sekali suatu mata pelajaran dijelaskan secara detail sampai ke akar-akarnya. Sehingga siswa dapat memahami secara baik. Bukan hanya teori tapi juga praktek. Bahkan ilmu akan lebih mudah dicerna dan lebih menyenangkan jika belajar dilakukan dengan praktek.

Umumnya mata pelajaran yang disertai praktikum adalah IPA. Lalu ada lagi pelajaran olahraga dan kesenian. Pada dasarnya semua mata pelajaran bisa dilakukan dengan cara praktikum. Dan para siswa umumnya menyukai kegiatan belajar yang bersifat praktek ketimbang teoritis yang disampaikan di dalam kelas.

Percobaan yang dilaksanakan para siswa SD, SMP dan SMA untuk memahami suatu ilmu menjadi tantangan sendiri. Mereka bukan hanya pandai meneliti dan bereksperimen. Namun juga harus mampu menuangkannya menjadi sebuah karya ilmiah yang nilainya tak terhingga, karya ilmiah ini biasanya disebut dengan laporan percobaan Ilmiah

Praktikum yang dilakukan di sekolah dan rumah maka hasilnya harus bisa memberikan ilmu baru bagi siswa. Dimana siswa yang berperan sebagai ilmuwan berusaha untuk menemukan ilmu baru dengan melihat sebab akibat.

Kegagalan dalam bereksperimen bukanlah sebuah upaya yang gagal. Namun sebagai upaya yang belum berhasil dan harus dilanjutkan sampai berhasil. Hal ini telah dilakukan oleh Thomas Alva Edison yang mengalami kegagalan 99 kali dalam menemukan bohlam lampu.




Untuk memudahkan kegiatan penelitian umumnya setiap siswa diberikan LKS atau buku panduan. Sehingga tugas siswa adalah mengisi laporan penelitian tersebut. Namun yang lebih kreatif dan lebih baik adalah membuat teks laporan percobaan ilmiah secara mandiri. Sebab pembuatan laporan penelitian ilmiah melatih siswa untuk berpikir kritis dan analitis serta sistematis.

Selepas tugas penelitian dilakukan secara baik di rumah maupun sekolah maka pekerjaan berikutnya adalah membuat laporan penelitian ilmiah kepada guru masing-masing atas hasil eksperimen tersebut. Hasil rekaman percobaan haruslah dalam bentuk teks atau tulisan yang tersusun rapi dan sistematis yang dinamakan karya tulis laporan penelitian ilmiah.

Ada banyak manfaat bagi para siswa untuk membuat sendiri laporan penelitian ilmiah atas percobaannya. Seperti mampu meningkatkan daya ingat, membentuk pola pikir untuk berjalan secara sistematis dan logis serta tak kalah penting akan meningkatkan nilai prestasi akademik di sekolah. Sedangkan keuntungan materi dapat menambah penghasilan. Sebab karya tulis dan laporan penelitian ilmiah tersebut dapat diikutkan dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat sekolah.

Contoh teks laporan penelitian ilmiah bersifat objektif dan singkat. Uraian yang dijabarkan fokus mengenai jalannya percobaan yang telah dilakukan secara langkah demi langkah. Sampai didapatkan sebuah kesimpulan atau teori baru.




Untuk membuat laporan hasil percobaan ilmiah secara singkat dan lengkap sangat mudah. Langkah utama adalah menyusun kerangka tulisan ilmiah. Yang harus terdiri dari tujuan penulisan karya tulis ilmiah, kerangka masalah dan eksperimen, dan jumlah personil.

Penelitian bisa dilaksanakan secara perorangan maupun kelompok tergantung yang diperintahkan oleh guru praktikum. Selepas percobaan selesai dilakukan maka langkah berikutnya adalah melaporkan hasil penelitian dalam bentuk laporan praktikum.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini cara membuat teks laporan percobaan singkat berdasarkan pengalaman penulis yang pernah menjuarai berbagai lomba karya tulis ilmiah tingkat universitas dan sekolah, antara lain :




  1. Menulis bagian-bagian laporan ilmiah
    Adapun yang menjadi bagian dari laporan atau teks percobaan ilmiah adalah latar belakang, tujuan penulisan, rumusan masalah, dan peralatan dan bahan yang dipakai selama melaksanakan kegiatan penelitian
  2. Selama proses eksperimen dari awal sampai akhir ditulis secara sistematis dalam sebuah kertas kosong
  3. Lengkapi laporan hasil percobaan dengan berbagai macam foto, gambar, bagan, grafik dan tabel untuk menjelaskan semua data yang diberikan secara mudah
  4. Pada bagian penutup, laporkan kesimpulan atas hasil percobaan yang telah dilakukan. Jika anda ingin menambahkan maka anda dapat membuat bagian teks saran bagi pemerintah maupun lingkungan sekolah.

Pembuatan teks laporan percobaan berbeda dengan cara membuat novel atau cerpen. Hal ini dilihat dari jenisnya saja laporan eksperimen bersifat ilmiah. Sehingga bahasa yang dipergunakan adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta baku dan sesuai dengan tata bahasa EYD yang disempurnakan.

Bahasa Ilmiah Laporan Penelitian

Untuk laporan percobaan yang telah dilakukan haruslah mengandung bahasa-bahasa seperti berikut ini, antara lain :




  1. Sinonim
  2. Kata bilangan. Contoh : 1, 2, 3 dst
  3. Unsur kalimat perintah. Misalkan : aduklah, satukan, campurkan, sebaiknya dan lain sebagainya
  4. Kata hubung. Seperti : meskipun, sehingga, apabila, namun dll.

Contoh Teks Laporan Percobaan Ilmiah

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini contoh teks laporan percobaan ilmiah tentang makanan dan minuman secara lengkap, antara lain :




  • Judul Penelitian : Cara pembuatan es krim tanpa susu
  • Tujuan percobaan : Untuk mendapatkan resep pembuatan es krim yang lembut, enak dan murah sehingga terjangkau dan menghemat segi keuangan bagi semua kalangan pelajar
  • Peralatan dan bahan yang diperlukan : baskom ukuran sedang, mixer, gula pasir 125 gram, sendok, pengaduk, pop ice 1 bungkus, air 500 ml, ovalet dan tepung maizena
  • Langkah pembuatan : Siapkan alat dan bahan di atas. Setelah sudah siap maka masukkan air dingin yang matang sebanyak 500 ml pada baskom. Kemudian masukkan gula pasir dan tepung maizena. Lalu aduk-aduk sampai tercampur rata. Setelah itu, nyalakan kompor dengan api sedang sambil mengaduk-aduk sampai mendidih. Langkah berikutnya, matikan kompor.
  • Baskom yang berisi campuran gula pasir, satu bungkus pop ice dan tepung maizena itu diamkan sampai dingin. Kemudian masukkan ke dalam freezer sampai setengah beku. Berikutnya, angkat dan mixer dengan kecepatan rendah. Lalu beri satu sendok makan teh ovalet. Selanjutnya mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan berkembang atau bertambah banyak
  • Setelah adonan berkembang dan lembut maka siapkan wadah cup es krim. Masukkan satu demi satu kemudian tutup menggunakan penutup. Lalu masukkan ke dalam freezer. Dengan modal Rp 5000 anda dapat menghasilkan 50 cup es krim. Jika harga jual sebesar Rp 1000 per cup maka laba bersih anda sebesar Rp 45 ribu
  • Kesimpulan Hasil Eksperimen : Membuat es krim sendiri menggunakan mixer akan lebih meningkatkan keuntungan usaha jualan es krim. Selain itu soal rasa tak kalah enak dengan es krim yang populer lain seperti Diamond, Walls, Campina, Aice Krim, dan lainnya.

Demikianlah contoh teks laporan percobaan ilmiah yang singkat tentang pembuatan es krim murah meriah. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 11928

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts