Contoh Pidato Singkat : Cara Membuat Pidato Singkat

  • Whatsapp
contoh pidato singkat

Contoh pidato singkat yang ada di internet terdiri  dari berbagai macam bahasa secara lengkap. Ada contoh pidato yang berbahasa Indonesia, Jawa, bahasa Sunda dan bahasa Inggris. Tentu saja anda bisa memilihnya sesuai dengan audiens anda. Bahkan dalam bahasa asing pun ada. Semisal bahasa Spanyol, Prancis, Portugal dan lain sebagainya.

Orang yang identik dengan orang yang berpidato adalah mereka pejabat atau mendapatkan kedudukan terhormat di masyarakat. Namun apapun profesi anda bisa saja suatu saat anda dimintakan untuk berpidato. Kalau hal ini terjadi maka bagi anda yang sudah terlatih dan belajar pidato akan mudah berpidato secara baik dan benar. Namun bagi mereka yang baru atau tak pernah berpidato akan mengalami kesulitan.

Read More

Hal ini dialami sendiri oleh penulis yang dipercaya sebagai ketua tim catur. Dimana harus memberikan pidato secara singkat. Namun karena belum mengetahui cara pidato dan belum mempersiapkan teksnya sehingga tidak dapat berbicara satu kata pun. Disinilah pentingnya seseorang belajar berorganisasi untuk berpidato.



Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan ada beberapa orang yang belajar langsung pidato secara autodidak maupun belajar dari orator ulung. Namun kebanyakan mereka berpidato dengan melihat teks yang ada. Tidak kreatif dalam menyusun kata dan mengeluarkan ide cemerlang mereka. Hal tersebut tak terlepas dari sumber referensi contoh pidato singkat yang banyak. Seperti melalui buku, situs website, blog dll.

Di dalam masyarakat hanya sebagian kecil orang yang ditunjuk untuk berpidato. Adalah mereka yang mempunyai kedudukan tinggi di masyarakat dan memiliki segi keilmuan yang mumpuni. Mereka itulah yang sering ditunjuk untuk berpidato dalam berbagai kesempatan.

Jika anda bingung dalam menyusun pidato maka tirulah contoh pidato yang telah ada. Ikuti perilaku orator yang telah sukses. Dimana satu hal yang pasti mereka memilih berpidato singkat karena terlalu lama akan memakan waktu lama dan membuat jenuh para pendengar.

Kegiatan berpidato hanya sebagian kecil orang yang bisa melakukannya. Hal ini bukanlah disebabkan oleh bakat. Namun oleh keterampilan pidato yang sering dilatih dan diasah sehingga mampu menyuguhkan pidato dengan gaya menarik, ringkas dan menawan. Salah satu contoh orator yang pandai berpidato adalah Bapak IR Soekarno. Setiap berpidato ia selalu memberikan semangat kepada para pendengarnya.

Cara Membuat Pidato

contoh pidato singkat

Untuk membuat pidato singkat dengan pidato panjang tentu sangat berbeda. Untuk buat pidato singkat sangat mudah. Yang dimulai dari pembukaan, isi sampai penutupan. Adapun isi pembukaan pidato adalah ucapan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kenikmatan kepada kita semua.



Pada bagian isi utama bisa berupa uraian-uraian mengenai apa itu tema yang sedang dibahas dan diperingati. Oleh sebab itu, sebelum membuat contoh pidato singkat terlebih dahulu anda harus mengetahui untuk kegiatan apa pidato tersebut dibuat. Sebab ada macam jenis contoh pidato. Misalkan pidato untuk merayakan kenaikan kelas, pidato menyambut hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus, pidato tahun baru hijriah dan lain sebagainya.

Daripada anda kebingungan dalam menyusun teks pidato maka anda lebih baik membeli buku contoh-contoh pidato singkat. Karena di dalam buku itu disertakan contoh pidato dalam berbagai acara atau kegiatan seperti hari kemerdekaan RI, pidato kenaikan kelas, pidato reuni sekolah, pidato wisuda, pidato tahun baru, pidato hari ibu, dan lain-lain.

Pidato adalah bentuk komunikasi dua orang. Sehingga tidak ada acara sesi dialog atau tanya jawab. Keterampilan pidato merupakan keahlian yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang aktif dalam organisasi baik sebagai pengurus apalagi sebagai ketua. Karena suatu saat nanti ketika ada momen tertentu diwajibkan untuk menyampaikan pidato.

Akibat Tak Terbiasa Berpidato

Pada saat perayaan hari kemerdekaan RI pada tahun 2015, penulis pernah ditunjuk sebagai ketua tim lomba catur di kelurahan. Pertandingan catur antar RW berlangsung tak lancar. Disebabkan sebagai ketua panitia, pada saat dibutuhkan suatu sesi pidato maka penulis tidak berpidato pada saat itu. Dikarenakan grogi dan gugup. Sehingga acara berlangsung tak sempurna.




Sejak saat itulah, penulis mencoba untuk melatih keterampilan berpidato. Pada satu kesempatan diminta untuk berpidato di tengah rekan-rekan mahasiswa sampai masyarakat luas. Sehingga dapat berpidato bahasa Indonesia secara lancar dalam berbagai tema dan kesempatan. Disebabkan karena sudah terbiasa. Misalkan berpidato saat perayaan HUT RI 17 Agustus maupun tahun baru Islam.

Contoh Pidato Singkat

Untuk pidato di hari kemerdekaan RI akan berbeda dengan momentum lain. Berikut ini contoh pidato singkat tentang perayaan hari kemerdekaan RI ke-74 yang baru beberapa hari terjadi.

“Assalamualaikum wr. Wb.

Para hadirin dan tamu undangan yang saya hormati, pertama-tama saya panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia kesehatan kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul di saat ini.

Saat ini tanggal 17 Agustus merupakan hari yang sangat bersejarah dan selalu diingat oleh bangsa Indonesia sebagai hari kemerdekaan. Telah banyak para pahlawan yang berjuang dan berkorban harta dan nyawa untuk kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia. Sehingga tugas generasi selanjutnya adalah mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai karya nyata untuk bersama sama mewujudkan bangsa yang adil dan sejahtera.




Untuk mencapai kemerdekaan sudah kita lalui. Dan sekarang tugas generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan dan terbebas dari penjajahan gaya baru. Kemerdekaan belum sepenuhnya kita raih. Masih ada saudara kita yang terbelilit dengan kesengsaraan ekonomi, kesulitan hidup dan kesenjangan sosial tinggi. Untuk itulah, kita harus hadir untuk memberikan bantuan dalam rangka membantu masyarakat miskin terbebas dari kemiskinan.

Ada banyak bentuk nyata yang bisa kita lakukan untuk membantu saudara yang tidak mampu. Seperti memberikan makanan dan minuman serta memberikan peluang pekerjaan bagi mereka yang tak mampu. Dengan rasa empati yang tinggi mudah-mudahan sesama bangsa dan senegara dapat bebas dari kemiskinan. Dan dapat hidup di negara yang adil dan makmur serta sejahtera sesuai dengan yang dicita-citakan Bapak Pendiri Bangsa ini.

Demikianlah pidato yang ringkas dan padat ini. Wassalamu’alaikum wr wb.

Contoh Pidato Singkat Pelantikan Wisudawan

Assalamualaikum wr wb. Segala puji milik Allah SWT sehingga kita bersuka cita di pagi hari ini dalam rangka pelantikan wisuda para mahasiswa mahasiswi yang lulus. Telah kita laksanakan acara wisuda secara lancar dan khidmat. Dan kita mari-mari menyampaikan hamdalah kepada Allah SWT.




Sebelumnya saya sampaikan hormat kepada Bapak Rektor. Saya sebagai perwakilan dari mahasiswa yang lulus tahun 2019 ini hendak menyampaikan sepatah kata. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para dosen yang telah membimbing kami. Yang dengan ilmunya menerangi jalan kami. Sedangkan kepada para mahasiswa yang lulus, saya berpesan pada menghadapi dunia nyata di lapangan akan jauh lebih sulit ketimbang menyelesaikan perkuliahan di universitas ini. Oleh sebab itu, dengan perjuangan keras maka segala impian dapat tercapai.

Demikianlah contoh pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Akhirul kata wassalamualaikum wr wb.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9860

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts