Pengertian Data : Definisi dan Jenis

  • Whatsapp
Pengertian Data

Pengertian data menurut bahasa  maknanya “suatu yang dikasih” berasal dari bahasa latin yaitu datum. Namun pengertian datum ini bersifat tunggal. Sedangkan jamaknya adalah data. Dengan demikian, arti data adalah sekumpulan realitas atau fakta yang dicatat pada suatu media. Data tersebut bisa diterima maupun ditransfer. Adapun bentuk data dapat berupa citra, kalimat, kata dan angka.

Keilmuan yang didapatkan hasil wawancara atau observasi penelitian bisa dijadikan suatu kumpulan data. Yang kemudian data tersebut direkam pada sebuah media secara lisan atau tulisan. Selanjutnya, data tersebut disusun rapi hingga menjadi data yang mudah dipahami semua orang yang mengalaminya maupun yang tak mengalami secara langsung.

Read More



Data yang tersedia di muka bumi ini sangat banyak. Untuk mendapatkan data itu dapat dilakukan dengan membaca lingkungan sekitar dan proses wawancara. Data yang diambil secara wawancara dan sumber rujukan terpercaya disebut data deskripsi. Sedangkan data yang diperoleh melalui pengalaman langsung sendiri disebut data otodidak.

Di jaman yang canggih ini penggunaan data sudah sangat biasa. Hampir semua teknologi yang ada menggunakan sistem ada. Hal ini seiring dengan masa atau jaman yang sedang dihadapi adalah revolusi industri 4.0. Yang mengutamakan penggunaan data dalam seluruh sektor kehidupan. Barang siapa yang menguasai data maka ia akan kaya.

Sekarang ini, data menjadi sangat penting bagi manusia untuk kepentingan ekonomi, sosial, budaya, politik dan teknologi. Berbagai perusahaan teknologi dunia seperti Goggle bisa menjadi perusahaan besar dengan menjual data. Misalkan periklanan Google adwords atau google search. Perusahaan ini menguasai data di seluruh dunia yang milyaran data. Data yang tersedia sangat berbeda-beda. Kemudian dipilah-pilah atau diklasifikasi sesuai kebutuhan pencarian.

Arti Data Menurut Para Ahli

Pengertian Data

Arikunto Suharsimi dan Nuzulla Agustina mendefinisikan data sebagai keterangan fakta yang kerap terjadi dalam bentuk situasi, kondisi, objek tertentu, pemikiran, huruf, kata, lambang, gambar, tabel, grafik, angka dan fakta. Data tersebut saling berkaitan dan menyatu menjadi sebuah informasi. Kumpulan data itu kemudian disimpan dalam basis data (data base).



Slamet Riyadi memberi makna data dengan istilah kumpulan keterangan. Keterangan yang didapatkan tidaklah mudah. Melainkan melalui proses pengamatan dan wawancara serta pengalaman. Yang kemudian dikumpulkan pada satu tempat. Data itu bisa dalam wujud angka, tulisan, lambang, gambar dan sifat.

Pengertian Data Base

Data base adalah suatu gabungan data atau informasi yang tersimpan di satu komputer besar dan canggih secara aman. Dan data tersebut bisa dicari dan diperoleh kembali dengan cara memakai aplikasi komputer yang mutakhir. Data base yang disimpan pada sebuah memori komputer merupakan kumpulan fakta yang lengkap.

Pada saat anda membutuhkan suatu data maka anda bisa mencarinya di basis data atau database. Adapun program untuk mendapatkan data tersebut dinamakan system manajemen basis data. Basis data merupakan bagian dari ilmu komputer. Sedangkan contohnya adalah mesin pencari google yang memuat bermilyar informasi di dalamnya.

Basis data (database) mempunyai peranan penting dalam sistem komputerisasi. Berikut ini beberapa bagian atau komponen penting di dalam data base, antara lain:




  1. Hardware yakni perangkat yang terdapat pada memori harddisk sekunder
  2. Operating sistem yaitu sistem operasi yang menjalankan komputer. Seperti MS Windows, MS DOS dan Unix
  3. User yakni pemakai yang menggunakan basis data untuk keperluan tertentu.

Pengertian Data dan Informasi

Seseorang sering menyamakan antara data dan informasi. Kedua istilah itu saling berkaitan namun berbeda pengertian antara satu dengan yang lain. Informasi adalah suatu kumpulan ide dan keterangan yang sudah jadi sehingga dapat dimengerti semua orang. Sedangkan data adalah kumpulan keterangan yang belum dimengerti semua orang atau masih mentah. Diperlukan suatu proses lagi untuk mengubahnya menjadi informasi.

1. Pengertian Data

Pengertian data adalah kumpulan fakta atau keterangan yang bisa dalam bentuk bilangan angka, gambar atau kata yang direkam pada suatu memori komputer yang sangat besar. Yang selanjutnya dinamakan data base.




Data memiliki fungsi sebagai pedoman melakukan riset dan penunjang pengambilan keputusan yang tepat. Dengan data yang dimiliki maka seseorang dapat melakukan penelitian berdasarkan data itu. Kemudian data dapat pula dijadikan penentu kebijakan. Seorang pemimpin tidak bisa langsung mengambil tindakan tanpa disertai data yang lengkap sebagai alasan kebijakannya.

2. Pengertian Informasi

Kata informasi berasal dari bahasa latin yaitu informatinem yang artinya garis besar, kode dan ide. Sehingga bisa diartikan bahwa informasi merupakan kumpulan ide yang tertuang dalam berbagai rupa seperti video, audio, diagram, tabel, gambar, dan tulisan. Kumpulan ide tersebut harus memenuhi syarat yakni mudah dipahami oleh manusia dan bermanfaat baginya.

Untuk pengertian informasi secara umum adalah sekumpulan fakta atau data yang sudah mengalami pengolahan sehingga gampang dicerna dan berguna bagi user.  Jelas, informasi berdiri atas susunan data. Namun bukan data yang sembarangan. Tapi kumpulan data yang bisa memberikan manfaat kepada manusia setelah melalui pengolahan secara sistematis dan praktis.

Jika dilihat secara pengertian tampak ada kaitan kuat antara data dan informasi. Pengertian informasi lebih luas dari data. Informasi adalah kumpulan data yang sudah bisa diterima dan dipahami oleh pemakainya. Sedangkan pengertian data lebih khusus dari informasi. Data adalah kumpulan keterangan yang mentah atau belum diolah sedemikian rupa yang terkadang sulit dipahami oleh sebagian user. Berbanding terbalik dengan informasi yang merupakan kumpulan data yang sudah jadi dan gampang dipahami. Contoh : berita.

Jenis Data dan Contohnya

Data mempunyai berbagai jenis dilihat dari sudut pandang masing-masing, antara lain:




1. Jenis data berdasar sifat terdiri dari :

– data kualitatif

Sebuah data yang berisikan bentuk gambar, simbol dan tulisan atau verbal. Contoh : kuesioner yang diadakan oleh perusahaan untuk mengukur level kepuasan pelanggan terhadap suatu produk.

– data kuantitatif

Suatu data yang mencantumkan bilangan angka. Contoh:nilai penghasilan, harga saham, kenaikan saham, dan kenaikan mata uang.

2. Data berdasarkan sumber terdiri dari dua bagian yakni:

– data eksternal

Suatu data yang didapatkan dari lingkungan luar perusahaan atau organisasi. Contoh : perubahan belanja masyarakat, kemampuan daya beli dan lain sebagainya.

– data internal

Suatu data yang diperoleh dari lingkungan dalam perusahaan atau lembaga sehingga dapat mengetahui situasi perusahaan. Contoh : jumlah karyawan di perusahaan, jumlah produksi, jumlah modal dan lain-lain.

3. Data berdasar cara mendapatkannya terdiri dari dua bagian yakni :




– data primer

Suatu data pokok atau asli yang diperoleh langsung sebagai prosedur awal dalam melakukan penelitian.

– data sekunder

Suatu data yang berasal dari sumber sekunder yang diperoleh dari aneka sumber tambahan. Contoh : buku, kepustakaan, dan karya ilmiah sebelumnya.

Demikianlah pengertian data secara umum dan menurut para ahli serta pengertian database dan sangkut pautnya dengan informasi berikut contohnya. Mudah-mudahan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tambahan yang bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9582

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts