Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang

  • Whatsapp
Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang

Faktor yang mempengaruhi penawaran barang banyak aspek dan ini menjadi salah satu ilmu ekonomi yang paling dasar yang perlu anda ketahui. Penawaran merupakan suatu kondisi yang barang atau jasa hendak dijual dalam jumlah tertentu pada masyarakat dengan harga yang ditentukan.

Sebagai tugas seorang penjual adalah menawarkan barang atau jasa. Sedangkan dilihat dari segi konsumen maka adalah permintaan. Sehingga penawaran dan permintaan adalah dua hal yang saling berkaitan dan tak bisa dipisahkan satu sama lain.

Read More

Adapun yang menjadi konsep penawaran adalah menawarkan sesuatu barang atau jasa kepada konsumen untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin. Semakin banyak penawaran maka akan semakin besar laba yang diperoleh.

Bunyi Hukum dan Jenis Penawaran

Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang

Bunyi hukum penawaran menegaskan bahwa “kian tinggi harga barang maka jumlah penawaran akan semakin banyak. Lalu kian murah harga produk maka jumlah penawaran kian sedikit.” Dari hukum penawaran itu dapat diketahui bahwasanya jumlah penawaran  berkaitan dengan harga barang.



Contoh hukum permintaan dan penawaran adalah sebagai berikut :

Pada waktu musim kemarau atau paceklik banyak petani cabai merah yang mengalami gagal panen. Sehingga harga cabai keriting merah kering mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Yang pada akhirnya permintaan masyarakat terhadap cabai merah semakin rendah. Masyarakat lebih memilih menggunakan alternatif cabai serbuk yang dijual sachet.

Pada waktu pasokan gas elpiji 3 kg ke berbagai daerah dibatasi oleh pihak Pertamina maka terjadinya kelangkaan gas elpiji melon. Hal itu berdampak pada permintaan yang tinggi sedangkan barang yang tersedia sangat minim. Sehingga memicu kenaikan harga gas elpiji 3 kg pertamina. Seiring dengan naiknya harga gas elpiji itu membuat para penjual berbondong-bondong melakukan penawaran gas elpiji ke masyarakat luas supaya memperoleh untung yang sangat besar.

Popularitas smartphone android sangat tinggi. Sehingga penjualan ponsel ini selalu laris manis di pasaran. Yang membuat harga jualnya kian mahal. Para produsen berlomba-lomba menawarkan smartphone android secara gencar melalui berbagai promo dan diskon untuk meningkatkan keuntungan.

Adapun jenis-jenis penawaran sangat beragam, antara lain :




  • Penawaran pasar adalah penawaran yang dilakukan oleh sekelompok produsen dalam kondisi atau situasi tertentu
  • Penawaran perorangan yaitu suatu penawaran yang dilakukan oleh produsen pada calon konsumen dengan harga satuan dan lokasi tertentu

Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang

Seorang produsen tidaklah membuat suatu produk melainkan atas dasar adanya permintaan. Namun faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang, antara lain :

1. Harga produk atau jasa

Berdasarkan pengalaman penulis antara menjual barang mahal dengan barang harga murah maka yang paling laku adalah barang yang harganya lebih murah. Permintaan tinggi dengan patokan barang harga yang lebih murah.

Sedangkan jika harga suatu produk di pasaran sedang naik. Misalkan harga beras naik maka keuntungan besar akan diperoleh petani dan penjual beras. Harga barang naik biasanya disebabkan oleh stok yang sedikit sedangkan permintaan sangat tinggi.

2. Teknologi yang dipakai

Seiring dengan kemajuan di bidang teknologi pertanian memudahkan seorang petani dalam memproduksi suatu barang atau jasa dalam jumlah banyak dalam waktu singkat. Hal ini akan berdampak pada hasil panen melimpah. Sehingga penawaran lebih banyak.

3. Biaya produksi

Dalam menghasilkan suatu produk atau barang pastinya mengeluarkan biaya produksi. Inilah yang perlu dihitung sehingga harga jual produk dapat dihitung berdasarkan keuntungan yang ingin diperoleh. Setiap perusahaan saat ini berusaha seketat mungkin mengurangi biaya produksi untuk meningkatkan keuntungan.




Jika biaya produksi barang di suatu negara sangat besar maka tak jarang perusahaan memindahkan pabriknya ke negara lain yang memberikan jaminan biaya produksi lebih rendah.

Selain itu, suatu jenis usaha yang biaya produksinya tinggi akan mengurangi tingkat keuntungan sehingga jika keuntungan sudah sangat kecil maka banyak perusahaan yang beralih ke jenis usaha lain yang memberikan laba lebih besar dan menjanjikan.

4. Harga produk pesaing

Aspek yang mempengaruhi penawaran adalah harga produk pesaing. Dengan adanya pesaing maka konsumen lebih banyak pilihan. Ia bisa memilih produk alternatif. Contoh : Apabila harga beras sedang turun maka akan lebih banyak penawaran jagung.

5. Harga barang di masa mendatang

Jumlah penawaran pun dipengaruhi oleh harga barang di masa depan. Jika barang tersebut diperkirakan akan naik di masa mendatang maka produsen akan lebih memilih untuk menjual di masa mendatang. Keuntungan akan lebih besar. Sehingga jumlah penawawan sangat sedikit dilakukan.

6. Subsidi

Dengan adanya subsidi maka biaya produksi akan semakin rendah. Hal ini akan menimbulkan naiknya penawaran barang dan jasa.

7. Pajak

Pajak yang tinggi akan membuat biaya produksi tinggi. Sehingga berakibat pada penawaran yang rendah.

8. Bencana alam

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran adalah bencana alam. Apabila suatu wlayah terkena musibah atau bencana alam maka permintaan terhadap barang akan sangat tinggi. Yang berakibat pada harga barang naik drastis.




Dari penjelasan singkat di atas, kita dapat memahami bahwa penawaran adalah jumlah barang yang ada dan siap dipasarkan. Jika dalam kondisi tertentu suatu produk mengalami penurunan harga maka jumlah penawaran akan turut berkurang.

Sekarang yang jadi pertanyaan bagaimana jika jumlah produsen atau penjual bertambah banyak di suatu wilayah? Dampak terhadap jumlah penawaran dan permintaan akan sangat besar. Apabila jumlah penjual produk tersebut bertambah banyak maka akan membuat jumlah penawaran bertambah banyak.

Contohnya : Di wilayah Sumedang terdapat dua orang penjual mesin cukur rambut listrik. Kemudian bertambah banyak dengan hadirnya beberapa produsen baru. Dengan sendirinya penawaran mesin cukur rambut elektrik akan semakin bertambah banyak.

Dengan terjadinya suatu bencana alam di satu daerah. Misalkan longsor, gunung meletus, banjir bandang, tsunami dan lain sebagainya akan membuat jumlah penawaran turun drastis. Sedangkan jumlah permintaan barang sangat tinggi. Sedangkan jumlah barang sangat terbatas dikarenakan dihentikannya kegiatan produksi barang tersebut.




Salah satu aspek yang mempengaruhi jumlah penawaran adalah teknologi modern. Saat ini dengan hadirnya teknologi modern dalam berbagai bidang membuat biaya produksi lebih rendah. Tenaga manusia dapat digantikan oleh teknologi robot yang berbiaya murah. Sehingga pemutusan hubungan kerja sudah biasa kita saksikan bersama-sama di layar televisi.

Pemakaian teknologi modern dalam proses produksi akan menurunkan biaya produksi dan meningkatkan jumlah produksi. Dalam satu detik bisa dihasilkan ribuan barang dengan sangat rapi dan menarik. Inilah dampak baik penggunaan teknologi dalam proses produksi yang mampu meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Dengan teknologi modern yang mampu menghasilkan produk barang dan jasa dalam waktu singkat dalam jumlah banyak akan membuat produsen akan gencar melakukan penawaran tanpa takut kehabisan barang.

Itulah faktor yang mempengaruhi penawaran barang. Semoga apa yang penulis sampaikan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi para pembaca semuanya. Terimakasih telah berkunjung ke website ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 19024

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts