Facebook : Sejarah, Cara, Manfaat, dan FB Ads

  • Whatsapp
FB

Facebook adalah media sosial online yang terkenal di dunia. Aplikasi ini juga memiliki versi ringan biasa disebut sebagai Facebook Lite yang memiliki jumlah penggunanya tersebar luas di berbagai negara di seluruh dunia. Masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengguna Facebook terbanyak di dunia. Dikarenakan aplikasi ini sangat mudah digunakan, fitur yang disematkan canggih dan tidak pernah terjadi error. Sehingga tak aneh jika di setiap smartphone orang Indonesia, aplikasi Fesbuk selalu ada. Baik dalam Facebook Lite atau Facebook biasa.

Semua Tentang Facebook ( FB )

FB

Read More

Kemunculan Facebook mampu mengalahkan beberapa perusahaan teknologi yang sudah mapan. Dari tahun ke tahun jumlah pendapatan semakin bertambah besar. Nilai saham FB di bursa saham melonjak naik. Dan di tahun sekarang, Facebook termasuk dari perusahaan  teknologi terbesar di dunia setelah Google, Apple dan Amazon.



Sejarah dan Definisi

Sejarah Facebook dimulai dari bakat programming komputer seorang anak kecil bernama Mark Zuckenberg. Hal ini tak terlepas dari ayahanda tercinta yang memperkenalkan coding software dasar kepadanya. Kemudian ayahandanya pula yang mendatangkan seorang guru privat khusus bidang studi pengembangan software. Yang membuat Mack Zuckenberg semakin lihai membuat software. Salah satunya ia membuat aplikasi pesan singkat Zucknet.

Pada waktu menuntut ilmu di Phillips Exeter Academy, Mark Zuckenberg terus bergelut dengan coding software sebagai bagian dari keterampilan, bakat dan minatnya. Hingga menghasilkan software populer bernama Synapse. Aplikasi ini dilengkapi kecerdasan buatan (AI) yang berguna untuk mengetahui selera musik pemakainya.

Mengetahui ada seorang remaja yang berbakat dan pandai dalam membuat aplikasi software yang potensial, membuat beberapa perusahaan teknologi dan komputer besar di dunia seperti Microsoft dan AOL menawarinya untuk bekerja di perusahaan tersebut dengan gaji tinggi. Namun semua penawaran yang menggiurkan itu ditolak dengan alasan ia masih sekolah dan hendak melanjutkan studi di Harvard.




Pada tahun 2003, di Harvard Mack Zuckenberg berhasil membuat aplikasi media sosial bernama Face Mash. Yang kemudian diperbaiki lagi hingga menjadi aplikasi yang lebih baik lagi. Pada awalnya, aplikasi ini mampu membuat menarik banyak orang sehingga 450 orang menjadi anggotanya. Adapun bentuk aplikasi Face Mash pada mulanya berisi direktori data siswa Harvard yang mencantumkan informasi dasar dan foto.

Kemudian pada bulan Januari tahun 2004, Mark Zuckenberg lebih fokus lagi mengembangkan aplikasi jejaring sosial yang telah dibuat sebelumnya. Ia melakukan coding komputer yang menghasilkan aplikasi pengembangan dari Face Mash yakni Thefacebook. Dalam software ini lebih banyak fitur baru yakni para pengguna dapat tersambung dengan orang lain, berbagi bakat dan minat serta upload foto.

Para pengguna aplikasi ini adalah kalangan mahasiswa Harvard. Sudah ada 50 persen mahasiswa Harvard yang menjadi anggotanya. Kemudian untuk memperluas penggunanya, Thefacebook membuka keanggotaan secara umum. Yang membuat ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat berbondong-bondong menjadi pengguna Thefacebook.

Untuk mengembangkan aplikasi sosial media ini menjadi lebih mutakhir dan lengkap, Mark Zuckenberg membutuhkan biaya sampai milyaran dollar. Secara perlahan, satu persatu investor berdatangan untuk menyimpan uang mereka pada saham Thefacebook. Seperti Jim Breyer yang memberikan dana 1 juta dollar US, Accel menginvestasikan 12,7 juta dolar dan Peter Thiel memberikan dana 500 ribu dolar.




Dengan tambahan modal ini, Mark Zuckenberg lebih leluasa mengembangkan perusahaan Thefacebook. Yang pada bulan Agustus 2004 berubah nama menjadi Facebook. Untuk lebih fokus dalam bekerja, Mark Zuckenberg memilih keluar dari Harvard University. Ia lebih fokus sebagai CEO sekaligus Programmer PB. Selanjutnya, dari tahun ke tahun pesbuk melakukan penambahan fitur. Salah satunya yang fenomenal adalah fitur Marketplace sebagai sarana jual beli online.

 Aplikasi Facebook menjadi aplikasi yang sangat populer saat ini. Hal ini tak terlepas dari manfaat yang sangat besar menggunakan media sosial tersebut. Misalkan untuk saling berbagi informasi, menjalin hubungan pertemanan, menemukan sahabat dan teman lama, maupun sarana berbisnis online lewat marketplace.

Dengan tingkat popularitas yang sangat tinggi itulah membuat setiap orang mengenal apa itu FB. Yang kemudian, untuk memudahkan dalam pengucapan sering disingkat FB. Yang maksudnya adalah Facebok. Beberapa menu dan fitur inovasi terus bermunculan seperti menyediakan aplikasi chat, facebook ads, marketplace, Fesbuk Connect, dan FB Wall.

Cara Menggunakan dan Memanfaatkannya untuk Bisnis

Untuk menggunakan aplikasi fesbuk sangat gampang. Aplikasi ini bisa dipergunakan di komputer desktop maupun ponsel pintar. Untuk menggunakan pesbuk di komputer, netbook atau laptop maka anda bisa mengunjungi langsung ke situs resminya di Facebook.com. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pendaftaran atau sign up menggunakan alamat email dan password.




Adapun cara menggunakan fesbook di hp android juga tak kalah mudah. Anda dapat mendownload aplikasi FB di Google Playstore secara gratis. Yang dilanjutkan dengan menekan tombol sign up. Lalu mengisi formulir yang ada. Untuk cara pendaftaran bisa menggunakan email. Setelah anda resmi menjadi anggota fesbuk maka anda bisa mengupload foto, mencari teman, membuat catatan maupun berbisnis online.

Untuk kalangan para pengusaha atau pelaku usaha kecil-kecilan bisa memanfaatkan aplikasi Facebook untuk memasarkan produknya. Sehingga dikenal Facebook marketing. Untuk cara paling mudah adalah memposting jualan barang di marketplace. Terbukti penjualan di marketplace FB dapat meningkatkan penjualan setiap hari.

Manfaat facebook bagi usaha lainnya, antara lain :

  1. Menjalin hubungan baik dengan konsumen dan pelanggan
  2. Menciptakan brand atau merek yang melekat kuat di hati masyarakat
  3. Membuat toko online

Dengan kelebihan fesbook inilah yang membuat sangat sayang untuk tak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Apalagi jumlah pengguna Facebook semakin besar setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna Facebook lebih dari 60 juta pengguna.

Facebook Ads

FB ADS adalah salah satu layanan periklanan. Seseorang bisa membuat iklan yang kemudian iklan itu ditampilkan di aplikasi fcbook dengan target konsumen sangat spesifik sesuai keinginan pengiklan. Misalkan berdasarkan jenis kelamin, usia tertentu, pendidikan tertentu, geografis di wilayah tertentu dan pendapatan tertentu.




Dengan beriklan di Facebook ads ada banyak kelebihan. Salah satunya jangkauan pasar ke seluruh dunia. Pengguna FB di dunia saat ini sangat besar jumlahnya mencapai satu milyar pengguna lebih. Tak aneh jika banyak orang lebih memilih beriklan di Facebook ads ketimbang media sosial yang lain. Untuk bisa menggunakan fitur Iklan FB maka seseorang harus terlebih dahulu membuat FanPage atau halaman FB.

FB Lite

FB Lite

Untuk memudahkan dan memanjakan para penggunanya, Fesbuk menyediakan layanan FB Lite. Pada awalnya tak banyak orang mengenal apa itu Facebook Lite. Namun seiring dengan promosi yang gencar dilakukan membuat masyarakat mulai mengenal FB Lite. Salah satu kelebihannya adalah penggunaan kouta internet lebih hemat dalam pemakaian Facebook Lite.




Bagi anda yang ingin lebih menghemat kuota internet selama menggunakan aplikasi Facebook maka anda bisa memilih FB Lite. Untuk caranya, anda terlebih dahulu mendownload secara gratis aplikasi Facebook Lite di Google Playstore. Setelah proses download dan instalasi pemasangan selesai maka anda bisa menggunakannya di hp android sama seperti Facebook asli.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 61406

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts