Pengertian Investasi : Definisi dan Manfaat

  • Whatsapp
Pengertian Investasi

Pengertian investasi secara umum adalah sesuatu yang berkembang atau bertambah. Dengan kata lain, investasi berkaitan dengan ekonomi dan keuangan. Di jaman modern sekarang ini sangat luas. Ada berbagai macam produk investasi. Seseorang dapat berinvestasi di properti, deposito, apartemen, rumah kost-kostan, rumah kontrakan, emas, saham, reksadana, dan produk investasi lainnya.

Produk investasi selalu dicari dan dibutuhkan banyak orang. Supaya harta benda bisa bertambah besar. Namun tidak semua orang bisa melakukan investasi. Untuk melakukan investasi dibutuhkan uang sebagai modal. Kalau diibaratkan, investasi bagaikan tabungan uang yang terus bertambah banyak setiap waktu.

Read More

Orang yang melakukan investasi disebut investor. Adapun tujuan investor berinvestasi untuk mendapatkan return. Berikut beberapa unsur yang terdapat pada investasi antara lain :

  1. Waktu: untuk mendapatkan keuntungan dari investasi memerlukan waktu. Dari mulai waktu pendek, sedang dan panjang.
  2. Modal uang: berinvestasi memerlukan modal uang. Seperti untuk investasi deposito, reksadana, saham, bisnis dan lain-lain.
  3. Masa depan: investasi dilakukan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Keuntungan investasi diharapkan mampu membiayai ongkos masa tua atau ongkos kesehatan.

Pengertian Investasi Secara Luas

Pengertian Investasi

Secara lebih luas lagi, investasi bukan hanya bisa dilakukan dengan uang. Tapi dapat juga seseorang melakukan investasi waktu, dan tenaga. Bentuk investasi secara umum adalah seseorang menempuh pendidikan tinggi di universitas, mendirikan pabrik, mendirikan rel kereta api, membangun rumah sakit, mendirikan hotel, membangun pusat perbelanjaan, dll.



Investasi yang dilakukan berharap di masa depan mendapatkan keuntungan dua kali lipat atau lebih dari biaya yang dikeluarkan. Dalam bidang bisnis, pembelanjaan investasi bisa termasuk belanja mesin dan bangunan. Dengan membeli mesin maka perusahaan lebih banyak menghasilkan produk. Selanjutnya laba akan semakin besar.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui arti investasi secara umum, selanjutnya kita membahas pengertian investasi menurut para pakar, antara lain:

1. Sadono Sukirno

Investasi adalah suatu penanaman modal, pembelanjaan dan pengeluaran yang dilakukan oleh individu atau lembaga dalam sektor produktif. Pembelian barang-barang produktif. Sehingga mampu meningkatkan produktivitas individu dan perusahaan dalam menghasilkan jasa dan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.



2. Soliha dan Taswan

Investasi adalah sesuatu yang bersifat produktif dan bisa dilaksanakan oleh siapa saja secara perorangan atau lembaga bisnis. Seperti bank yang mempunyai uang berlebih. Untuk melakukan suatu investasi tidak sembarangan. Seseorang atau lembaga hanya dapat melakukan di pasar modal atau pasar uang maupun bank.

3. Sunariyah

Sama seperti pendapat Sadono Sukirno, Sunariyah mengatakan bahwa investasi memiliki makna sebuah penanaman modal yang dilakukan dengan uang. Aktifitas ini dilakukan supaya mendapatkan keuntungan lebih di masa depan. Untuk memperoleh return, biasanya seseorang menunggu waktu beberapa lama. Semakin lama waktu menunggu maka semakin besar return.

4. Jogiyanto

Salah seorang ahli ekonomi Indonesia mengemukakan makna sebenarnya investasi adalah suatu penundaan terhadap pembelian benda konsumtif. Namun pembelian diarahkan pada barang yang produktif yang bisa meningkatkan keuntungan, kinerja dan produktifitas barang dan jasa. Investasi dilakukan sebagai komitmen seorang individu atau lembaga dalam mendapatkan kekayaan yang lebih besar di masa depan.

5. Robert T Kiyosaki

Salah seorang pakar keuangan dunia yang terkenal dengan buku best seller berjudul Rich Dad Poor Dad, Robert T Kiyosaki menjelaskan dalam bukunya tentang arti investasi. Investasi adalah sesuatu yang menghasilkan uang. Misalkan menulis buku yang mampu menghasilkan uang royalti, membeli properti sehingga mendapatkan uang sewa, membeli saham sehingga memperoleh deviden dan lain sebagainya. Lawan dari investasi adalah liabilitas atau sesuatu yang mengeluarkan uang.

6. Husnan

Husnan mendefinisikan arti investasi secara lebih luas. Investasi bukan hanya berupa uang tapi juga bisa dilakukan lewat tenaga dan waktu dengan tujuan di masa depan penghasilan dan kekayaan lebih banyak. Untuk produk investasi sangat beragam. Misalkan bangunan, mesin, tanah, emas, deposito, saham dan lain sebagainya.

Jenis Investasi

Investasi yang ada di muka bumi sangat beragam. Apalagi seiring dengan hadirnya dunia teknologi online. Seseorang bisa melakukan investasi sesuai kemampuan modal dan keinginan. Berikut ini jenis-jenis investasi yang dapat anda lakukan saat ini, antara lain:




a. Deposito

Produk investasi deposito adalah penanaman modal uang untuk dikelola oleh suatu bank pada sektor usaha yang produktif. Keuntungan hasil usaha dibagi secara adil antara nasabah dan bank. Ada berbagai jangka waktu dalam investasi deposito. Dari mulai satu bulan sampai dua tahun. Investasi deposito biasanya terdapat pada layanan bank. Ada dua jenis deposito yakni deposito syariah dan konvensional.

b. Emas

Jenis investasi emas merupakan investasi yang dilakukan oleh orang-orang kaya pada jaman dahulu sampai saat ini. Nilai emas yang stabil dan mengalami kenaikan setiap tahun per gram membuat banyak orang tertarik investasi ini. Ada berbagai badan usaha yang menyediakan investasi emas seperti lembaga pegadaian, Bank Syariah Mandiri, dan lembaga lainnya.




c. Bisnis

Bisnis termasuk ke dalam suatu jenis investasi. Sebab melalui bisnis, uang seseorang dapat bertambah dua kali lipat atau lebih. Misalkan uang sebesar Rp 2 juta dapat digandakan menjadi Rp 4 juta. Hal itu bisa dilakukan dengan cepat melalui bisnis. Ada berbagai macam bisnis yang dapat dilakoni seperti bisnis kuliner, perdagangan, bisnis online dan lainnya.

d. Properti

Investasi dalam sektor properti merupakan investasi yang sangat menjanjikan dan disukai mayoritas orang. Bagaimana tidak menguntungkan karena harga properti yang terus menerus mengalami kenaikan harga setiap tahun. Prosentase kenaikan tergantung wilayah masing-masing. Ada tingkat kenaikan 5 persen, 10 persen, 15 persen sampai 30 persen. Investasi properti sangat luas. Seperti investasi rumah kontrakan, apartemen, tanah, ruko, rumah kost kostan, dll.

e. Saham

Saham adalah surat berharga sebagai bukti penyertaan modal seseorang atau lembaga terhadap suatu perusahaan. Keuntungan investasi saham berupa deviden yang dibagikan per tahun. Untuk melakukan investasi saham maka anda dapat menghubungi perusahaan sekuritas. Modal uang untuk investasi di saham bisa dimulai dari ratusan ribu rupiah. Untuk pemilihan saham bagi pemula umumnya masyarakat memilih saham blue chip seperti saham TELKOM dan Garuda Indonesia.

Manfaat Investasi

Investasi yang dilakukan seseorang dan lembaga sangat bermanfaat bagi perkembangan harta kekayaannya. Berikut ini beberapa manfaat investasi yang perlu sobat ketahui, antara lain:




1. Memperoleh penghasilan pasif

Dengan berinvestasi, seseorang mengharapkan memperoleh penghasilan pasif yang baru secara rutin. Contohnya uang sewa, deviden, royalti, bunga atau bagi hasil, dan lain sebagainya. Investasi sangat tepat dilakukan untuk menciptakan pendapatan baru dalam jangka panjang. Keuntungannya pun melebihi kenaikan laju inflasi.

2. Memperluas sektor keuangan

Setelah mempunyai pendapatan baru maka individu atau lembaga tersebut bisa membentuk jenis keuangan baru yang disokong oleh dana hasil investasi. Seperti dana keperluan sosial, dana ekspansi usaha dan lain-lain.

3. Memperbesar kekayaan

Tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan inilah yang dapat dipergunakan untuk memperluas kekayaan. Misalkan membeli perusahaan atau mendirikan bisnis terbaru.

4. Tersedia bahan baku

Pembelian bahan baku termasuk upaya investasi. Karena nilainya akan naik setelah pengolahan. Dengan investasi akan membuat pembelian bahan baku bertambah besar. Laba hasil investasiĀ  dapat dibelikan bahan baku.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9872

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts