IP Address : Definisi, Jenis, dan Cara Mengetahuinya

  • Whatsapp
IP Address waptrick tubidy bagas31

IP address atau sering disebut sebagai alamat dari Internet Protocol bisa diibaratkan dengan manusia. Manusia adalah makhluk hidup yang diberikan akal dan pikiran. Tampak manusia sama. Namun demikian dari balik semua itu berbeda. Manusia memiliki sidik jari  untuk membedakannya dengan orang lain maka komputer pun demikian. Tampak sama sebuah komputer atau laptop dari segi merk dan spesifikasi. Namun komputer mempunyai IPaddress untuk membedakan dengan perangkat lain.

Tak ada perangkat komputer yang memiliki alamat Internet Protocol yang sama. Sama halnya tak ada sidik jari yang sama pada setiap orang. Inilah yang perlu disadari setiap pengguna laptop dan komputer. Lalu apa yang dimaksud dengan alamat IP? Inilah yang akan menjadi pembahasan kali ini mengenai apa itu ip address, alamat Internet Protocol, manfaat, fungsi dan ip address indihome.

Read More

IP Address

IP Address waptrick tubidy bagas31

Secara bahasa IP merupakan singkatan dari internet protocol. Sedangkan address berasal dari bahasa inggris pula yang artinya alamat. Sehingga jika digabungkan secara etimologi, definisi ip address adalah alamat protocol internet yang dimiliki suatu perangkat komputer untuk bisa mengakses internet secara aman dan tanpa adanya duplikasi alamat ip. Dan IP juga yang memberikan data kepada server apakah anda diijinkan untuk melihat konten tertentu dari suatu website atau tidak, contohnya adalah konten konten dewasa atau konten yang berisi pembajakan atau software gratis dari bagas31, maupun konten download video dan lagu gratis dari waptrick dan tubidy.



Menurut istilah secara umum, pengertian alamat dari internet protocol adalah salah satu wujud produk terbaru berkat kehadiran teknologi perangkat komputer yang kian canggih. Dengan memanfaatkan teknologi ini sebuah komputer dapat berinteraksi dengan perangkat komputer yang lain lewat jaringan internet. Anda bisa menyaksikan milyaran komputer saat ini terhubung ke jaringan internet di seluruh dunia dan masing-masing perangkat komputer dapat dibedakan hanya melalui ip address.

Baca Juga : Cara Membuka Blokir Waptrick

Seperti halnya seseorang akan mengirimkan surat maka ia memerlukan alamat sang penerima. Begitulah sistem yang dijalankan oleh ipaddress yang sangat canggih ini. Dimana untuk saling berkomunikasi sesama komputer memerlukan ipaddress yang berbentuk nominal angka-angka khusus dan panjang.

Jenis Jenis IP Address

Ip address pada perangkat laptop, netbook, komputer dan smartphone terbagi dua yakni :




1. IP Address Statis

Suatu alamat dari Internet Protocol yang tak akan berubah sampai kapanpun jua. Karena melekat pada perangkat laptop dan komputer desktop secara permanen. Dengan alamat dari Internet Protocol statis maka dapat diketahui alamat pengguna perangkat yang meliputi letak negara, kota, wilayah hingga benua.

2. IP Address Dinamis

Suatu alamat dari Internet Protocol yang dapat berubah-ubah sewaktu-waktu atau sementara. Pengggunaan ip address dinamis seringkali untuk game online, bisnis online dan Voice Over Internet Protocol.

Cara Mengetahui Alamat IP

Untuk mengetahui ip address hp android, komputer, laptop atau netbook anda dapat dilakukan dengan menggunakan situs pelacak IPaddress untuk smartphone, komputer dan laptop. Seperti ipsaya.com, intip.net, dan localhost.com.

Sedangkan cara cek IPaddress di komputer dapat dilakukan dengan cara menggunakan command prompt. Klik tombol start di layar sebelah kiri bawah. Lalu pilih program RUN. Kemudian masukkan kata “cmd” maka akan tampil halaman command prompt. Selanjutnya, ketikan ip config. Dan tekan enter.



Cara kedua jika cara pertama tak berhasil adalah dengan menekan tombol Start di sebelah kiri bawah. Lalu pilih menu control panel.  Kemudian pilih menu Network and Internet. Dilanjutkan dengan memilih menu Network and Sharing Center. Lalu tekan Profil Koneksi dan pilih Status.

Untuk melacak alamat dari internet protocol di ponsel dan laptop atau komputer pastikan perangkat tersebut tersambung jaringan internet.

IP Address Indihome

Salah satu penyedia jaringan koneksi internet rumah adalah Indihome. Layanan Indihome mempunyai beberapa paket, manfaat dan keuntungan yang beragam. Harga layanan paket internet Indihome  pun ditawarkan dengan cukup murah. Untuk memulai akses internet menggunakan layanan Indihome, anda akan mendapatkan alamat dari Internet Protocol indihome. Kerahasiaan alamat Internet Protocol indihome harus dijaga dengan baik.

Baca Juga : Tubidy – Pengertian dan Manfaatnya

Namun jika anda merasa sudah ada orang yang mulai jahil untuk mengetahui ip address indihome maka anda bisa mengganti ip address indihome dengan yang lain. Hal ini untuk meningkatkan keamanan dari orang jahil dan menghindarkan pembobolan wifi indihome.

Alamat IP

Penggunaan komputer, laptop dan ponsel sudah biasa dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Mereka memakai internet untuk mencari informasi, menjual barang secara daring, belanja online, berinteraksi sesama teman di dunia maya, bermain game online, mencari aneka hiburan dalam bentuk video, mendengarkan lagu dan lain sebagainya.




Aktifitas di internet pastinya meninggalkan jejak atau rekaman. Inilah yang perlu diwaspadai mengingat kejahatan cyber di dunia maya saat ini sekarang meningkat. Salah satu celahnya lewat rekaman jejak internet dan utak atik alamat Internet Protocol. Oleh karena itu, bagi anda yang paham akan bahaya dunia internet perlu menyembunyikan alamat Internet Protocol laptop anda untuk tujuan keamanan.

Berikut ini salah satu alasan untuk anda menyembunyikan alamat ip address perangkat komputer anda yaitu untuk menyamarkan letak geografis. Sebab seorang pengguna  internet dapat diketahui lokasinya lewat alamat ip address plus keterangan ISP. Dengan demikian, untuk orang yang tak bertanggungjawab bisa memanfaatkan informasi ini untuk berbuat kejahatan.

Penjelasan Alamat IP

Bagi orang awam akan kurang mengenal dengan alamat IP. Alamat IP adalah pelabelan numerik yang dilakukan oleh teknologi internet terbaru pada perangkat komputer untuk mengidentifikasi halaman antara muka sehingga dapat terkoneksi satu sama lain.

Bentuk alamat IP adalah serangkaian angka biner yang rumit terdiri dari jumlah bilangan 32 bit hingga 128 bit. Identifikasi perangkat melalui alamat IP akan berguna melacak suatu perangkat dari mana wilayah asal perangkat itu digunakan.

Setiap angka ip address pada setiap komputer tak sama. Sama halnya alamat rumah setiap orang berbeda-beda. Yang membuat pengiriman data dan penerimaan data berlangsung lancar di internet. Apalagi adanya dukungan internet protocol yang memudahkan menerima dan mengirim data. Yang membuat interaksi antara perangkat komputer satu dengan perangkat komputer lain bisa saling terkoneksi.

Untuk alamat IP terdiri dari dua jenis, yaitu :




1. Alamat IP versi 4

Untuk alamat IP versi 4 mempunyai jumlah bilangan angka  sebanyak 32 bit. Alamat ip versi 4 terdapat tiga kategori yakni :

  • Alamat Unicast
    Alamat ip yang dipakai dalam interaksi satu perangkat dengan satu perangkat lain.
  • Alamat Broadcast
    Alamat ip yang yang dipergunakan dalam interaksi satu perangkat dengan setiap perangkat berlainan.
  • Alamat Multicast
    Ip yang dipakai dalam satu perangkat untuk beberapa perangkat komputer.

2. Alamat IP versi 6

Jumlah angka yang terdapat pada alamat ip versi 6 sebanyak 128 bit.

Kelas IP Address

Berdasarkan kelasnya, Alamat dari Internet Protocol mempunyai lima tingkatan yakni :




  1. Kelas A yang diperuntukan untuk koneksi jaringan yang besar sekali
  2. Kelas B yang diperuntukan untuk koneksi jaringan kelas menengah
  3. Kelas C yang dikhususkan untuk jaringan skala kecil
  4. Kelas D yang ip address diperuntukan untuk jaringan ip multicasting
  5. Kelas E yang diperuntukan bagi penelitian

Fungsi IP Address

Untuk alamat IP terdiri-dari susunan angka. Walaupun tampak sepele dan tak dimengerti, bilangan angka yang disebut ip address ini mempunyai manfaat. Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi IP address, antara lain :




1. Identifikasi host

Dengan alamat dari Internet Protocol yang dimiliki setiap perangkat komputer dan laptop berbeda-beda akan mudah melakukan identifikasi host.

2. Cek lokasi alamat jaringan

Alamat dari Internet Protocol juga dapat memberikan keterangan lokasi jaringan host berada. Misalkan asal negara.

Cara Menyembunyikan IP Anda

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan IP anda agar tidak terdeteksi oleh pemilik website. Cara menyembunyikan IP ini sebenarnya dilakukan untuk dapat membuka beberapa situs yang diblokir oleh pemerintahan seperti situs – situs yang mengandung konten dewasa, dan situs – situs yang menampilkan konten pembajakan suatu karya. Salah satunya adalah situs download lagu gratis seperti waptrick, tubidy, dan situs download aplikasi gratis dari Bagas31.

Cara termudah dari membuka blokir situs adalah dengan menggunakan VPN, sehingga anda bisa membuka situs situs seperti waptrick, tubidy, dan situs download tools gratis dari website bagas31 tanpa menemukan kendala sedikitpun.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts