Pengertian Manajemen : Definisi dan Macamnya

  • Whatsapp
Pengertian Manajemen

Pengertian manajemen sudah banyak orang yang tahu. Khususnya kalangan akademisi dan masyarakat umum. Manajemen berkaitan dengan pengelolaan suatu bidang. Seperti politik, budaya, sosial, ekonomi, keuangan, usaha, sumber daya manusia dan strategis. Bahkan tanpa anda sadari, anda telah melakukan pengelolaan waktu atau keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Itu juga termasuk bagian dari manajemen.

Arti Manajemen Menurut Bahasa

Pengertian Manajemen

Read More

Secara bahasa, manajemen merupakan serapan kata dari bahasa inggris yakni manage yang berarti memimpin, mengontrol, mengusahakan, mengendalikan, mengatur, mengurus atau mengelola. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, manajemen padanan kata dari mengusahakan. Dengan kata lain, manajemen terdiri dari beberapa langkah untuk mengusahakan.



Para pakar sumber daya manusia sering menyebut manajemen merupakan suatu proses mengatur yang dilakukan oleh manusia. Seperti merencanakan liburan maka dengan sendirinya diatur dengan baik. Dimulai menentukan tanggal keberangkatan, mendata siapa saja yang ikut, menentukan besaran keuangan yang dipersiapkan, sarana transportasi menuju tujuan dan rencana lainnya. Dan itu termasuk proses manajemen.

Seiring dengan semakin kompleksnya jaman, ilmu manajemen berkembang pesat. Manajemen menjadi disiplin ilmu yang sangat luas. Misalkan manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen belanja, manajemen strategi, manajemen politik, manajemen negara, ilmu manajemen modern, ilmu manajemen perusahaan, dll.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini sejumlah pengertian manajemen menurut para ahli, antara lain :




1. Mary Parker F

Manajemen adalah suatu sistem seni yang dijalankan oleh manusia secara terstruktur untuk mencapai tujuan organisasi. Setiap orang bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut dengan tugas masing-masing.

2. George R Terry

Manajemen merupakan suatu seni sekaligus ilmu yang dipergunakan untuk mengelola segala sesuatu bidang. Dengan dilakukan manajemen atas suatu pekerjaan maka pekerjaan itu akan berlangsung efektif dan dapat terbukti kebenaran.

3. Koontz dan Stoner

Pengertian manajemen bukan semata sebuah seni. Tapi lebih dari itu. Ia merupakan suatu seni produktif. Dalam arti, ada kebenaran di dalamnya. Perencanaan dilakukan secara matang untuk pencapaian tujuan organisasi.

Macam Macam Manajemen

Manajemen yang ada di dunia ini sangat luas. Ada berbagai macam manajemen yang diterapkan orang dalam mengelola suatu bidang. Seperti manajemen perusahaan. Dalam hal ini, seseorang mengelola usaha dengan baik harus berdasarkan ilmu dan kebenaran. Sedangkan manajemen dalam perusahaan sangat rumit. Ia bisa berupa manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran, dan manajemen operasional.




Kebutuhan perusahaan terhadap manajemen berlainan. Ada perusahaan yang membutuhkan manajemen keuangan. Dan ada yang tidak. Ada perusahaan yang memerlukan manajemen sumber daya manusia dan ada yang tidak. Adapun orang yang mengelola perusahaan dinamakan manajer. Dalam setiap perusahaan sangat mungkin terdapat beberapa orang manajer. Seperti manajer produksi, manajer keuangan, manajer sumber daya manusia, manajer pemasaran dan lain sebagainya.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah semua aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan dalam mendapatkan, mengeluarkan dan mengelola keuangan. Tujuan manajemen keuangan tak lain lain untuk mengembangkan keuntungan dan meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Setiap usaha sangat memperhatikan aspek ini. Karena pengelolaan keuangan menentukan perusahaan berkembang tidaknya. Sehingga diperlukan karyawan yang fokus pada bagian ini yang dipimpin oleh seorang manajer keuangan.




Ruang lingkup manajemen keuangan sangat luas. Yang meliputi pemasukan keuangan yang dilakukan perusahaan. Misalkan suatu perusahaan memperoleh pemasukan atas setiap penjualan per item produk atau penerbitan surat berharga seperti saham dan obligasi.

Selanjutnya, ruang lingkup manajemen keuangan mencakup cara perusahaan membelanjakan dana. Seperti dana perusahaan dipergunakan untuk membeli aset. Misalkan dibelikan mesin, tanah, gedung, deposito, emas, reksadana, saham, obligasi, dan lain sebagainya.

Dengan investasi yang dilakukan oleh perusahaan diharapkan keuntungan dapat lebih ditingkatkan dan arus kas berjalan lancar.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Salah satu elemen penting dalam kesuksesan sebuah bisnis adalah pemasaran. Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan. Sehingga perusahaan sangat perhatian terhadap bidang ini dan membentuk divisi khusus yakni divisi pemasaran yang dipimpin manajer pemasaran. Banyak orang yang belum mengerti makna manajemen pemasaran.

Manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan merencanakan, menganalisis, melakukan dan mengawasi dalam seluruh aktivitas pemasaran. Tujuan manajemen pemasaran adalah mencapai target penjualan sesuai yang ditentukan oleh perusahaan dan mencapai kepuasan konsumen atau pelanggan.




Untuk mendapatkan kepuasan konsumen, manajer pemasaran harus menerapkan konsep pemasaran yakni produk yang baik, harga yang terjangkau, tempat penjualan produk yang mudah dijangkau dan perkenalan produk yang tepat dan efisien. Untuk mutu produk dilakukan perbaikan secara berkala. Supaya meningkatkan kepuasan konsumen.

Manajemen pemasaran berfokus pada kepuasan konsumen mengandung arti bahwa perusahaan menempatkan pelanggan dan konsumen bak raja. Ia diberikan barang kualitas terbaik, pelayanan yang memuaskan dan harga yang terjangkau. Untuk mengetahui kemauan pasar, manajer pemasaran melakukan analisis pasar.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk kemajuan suatu perusahaan. Sehingga tak segan-segan perusahaan mengeuarkan biaya tinggi dan menetapkan kriteria tinggi untuk penerimaan karyawannya. Untuk memaksimalkan peranan sumber daya manusia pada organisasi, lembaga dan perusahaan diperlukan manajemen sumber daya manusia yang baik, efektif dan efisien.

Dalam menempatkan suatu jabatan, perusahaan ataupun organisasi menempatkan sumber daya manusia berdasarkan kemampuan dan keahliannya. Hal ini supaya perusahaan dan organisasi dapat berkembang lebih maju.



Pengertian manajemen sumber daya manusia secara umum adalah suatu sistem yang dibuat dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia untuk lebih berkembang dan berkontribusi positif bagi perusahaan dan organisasi. Manajemen SDM menjadi disiplin ilmu khusus yang diperuntukan bagi manajer SDM.

Dengan berkembangnya keahlian dan pengetahuan para karyawan maka yang diuntungkan bukan hanya karyawan. Namun perusahaan juga dapat untung sebab karyawan bisa mengatasi kebosanan kerja, menjalin hubungan baik dengan sesama pekerja, dapat memecahkan solusi secara mandiri dan lainnya.  Dengan demikian target dan tujuan perusahaan dapat dicapai dengan baik, efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen Strategi

Manajemen strategi adalah suatu seni atau tata cara untuk menetapkan tujuan dengan tepat, dan meraih tujuan organisasi dengan dimulai dari perencanaan dan dilanjutkan dengan pelaksanaan dan peraturan. Dalam menetapkan strategi dilakukan oleh direksi dan dilakukan oleh CEO perusahaan atau organisasi.

Ruang lingkup manajemen strategi meliputi pengelolaan tindakan dan keputusan perusahaan yang harus diambil supaya perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan menurunkan kelemahan. Manajemen strategi sering disebut visi misi sebuah perusahaan maupun organisasi yang sangat penting dalam jangka panjang.



Manajemen strategi menjelaskan berbagai tindakan yang mesti dilaksanakan perusahaan dan organisasi untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Sehingga dapat meraih tujuan dengan cepat. Adapun skala manajemen strategi adalah skala besar yang berdampak sangat besar dan harus dilakukan semua direksi dan semua karyawan.

Secara berkala keputusan strategis yang dilakukan perusahaan diawasi dampak positif dan negatif. Sehingga jika keputusan dianggap salah dapat langsung diperbaiki dengan cepat. Dengan demikian, strategi yang dijalankan pada suatu perusahaan dapat berubah sesuai perkembangan yang ada.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 10238

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts