Pengertian Organisasi : Definisi dan Manfaat

  • Whatsapp
Pengertian Organisasi

Pengertian organisasi bisa diuraikan secara mudah sebagai sebuah kumpulan orang yang di dalamnya melakukan aktifitas bersama dalam rangka mendapatkan tujuan satu yang sama. Sesuatu disebut organisasi jika orang yang terlibat di dalamnya lebih dari satu orang seperti dua orang, tiga orang dan lebih dari itu. Dan terciptanya organisasi ada kepentingan dan tujuan yang sama.

Dari pengertian organisasi secara umum di atas dapatlah kita mengetahui bahwa aktifitas yang dilaksanakan oleh 1 orang tidak bisa disebut organsisasi. Minimal sesuatu aktifitas disebut organisasi mempunyai dua orang anggota dengan tujuan yang sama. Dengan pengertian inilah, terbentuknya suatu organisasi begitu mudah.

Read More

Pengertian Organisasi Secara Bahasa

Pengertian Organisasi

Menurut bahasa, istilah organisasi berasal dari kata organon bahasa Yunani yang bermakna alat. Dengan demikian, makna organisasi adalah suatu alat untuk mencapai tujuan bersama dalam satu kepentingan yang sama. Baik dalam bakat, bidang dan keterampilan tertentu.

Pengertian Organisasi Menurut Ahli

Beberapa pakar menuturkan pandangannya mengenai arti organisasi, antara lain :

1. W.J.S Poerwadarminta

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), W.J.S Poerwadarminta memaknai organisasi sebagai sebuah aturan dan susunan sistematis yang terdiri dari dua orang atau lebih yang menyatukan diri untuk mencapai kepentingan bersama.

2. Schein

Organisasi adalah sebuah koordinasi yang bersifat rasional. Di dalamnya terdapat aktifitas dua orang atau lebih yang bersepakat dalam meraih tujuan yang sama. Untuk mencapai tujuan bersama tersebut dilakukan pembagian fungsi dan kerja yang disusun secara hirarki.

3. Kochler

Organisasi merupakan suatu sistem yang sangat terstruktur dengan menempatkan orang pada tugas dan pekerjaan masing-masing. Organisasi juga disamakan dengan satu kelompok yang sama dengan anggota dua orang dan lebih.

Tujuan Organisasi

Organisasi terbentuk dengan sengaja maupun tak sengaja. Untuk organisasi terkecil dalam kehidupan masyarakat adalah keluarga yang terdiri dari suami dan isteri. Dan kehadiran organisasi itu sendiri mesti dibentuk di dalam kehidupan masyarakat karena manfaat yang sangat besar di dalamnya. Supaya dapat tercipta suatu keteraturan dan mempersatukan setiap individu.

Untuk organisasi yang pertama kali lahir di Indonesia adalah Budi Utomo. Organisasi ini bergerak dalam bidang politik dengan tujuan sama untuk kepentingan kemerdekaan Indonesia. Dengan berdirinya Budi Utomo membuat banyak orang mendirikan organisasi lain dalam kesatuan kepentingan yang sama.

Pada waktu era kepemimpinan Soeharto terjadinya sebuah kerusuhan yang diakibatkan ulah organisasi tanpa bentuk. Organisasi ini adalah bersifat bayaran yang tak dikelola secara baik dan hanya sementara. Pada masa selanjutnya organisasi yang tanpa dikelola secara baik akan membuat organisasi mati sendiri dan bangkrut. Padahal keberadaan organisasi sangat penting. Misalkan dalam membantu masyarakat dari musibah bencana alam atau mengelola permasalahan di masyarakat.

Setiap organisasi yang dibentuk memerlukan dukungan dan sokongan kuat dari pemerintah. Karena keterbatasan yang mungkin dialami organisasi tersebut. Baik dari segi dana, dan sumber daya manusia. Hal ini agar tujuan organisasi yang mulia dapat tercapai secara baik dan terarah. Untuk mencapai itu bantuan berbagai pihak terutama pemerintah diperlukan di samping manajemen organisasi yang baik, efektif dan efisien.

Unsur Unsur Organisasi

Penguasaan ilmu organisasi penting sekali dikuasai oleh setiap manusia. Sebab manusia dalam keseharian kehidupannya tak bisa lepas dari organisasi. Misalkan dalam lingkup terkecil adalah keluarga. Sebuah organisasi dibentuk atas dasar unsur-unsur berikut ini:

  1. Adanya koordinasi yang jelas tentang wewenang dan tugas masing anggota
  2. Tampaknya kerjasama sesama anggota
  3. Memiliki peraturan tata tertib yang mesti dipatuhi
  4. Adanya sasaran dan tujuan yang sama

Macam Macam Organisasi

Organisasi terdiri dari berbagai macam. Berikut ini macam-macam organisasi, antara lain:

1. Organisasi tanpa manajemen yang baik

2. Organisasi dengan manajemen yang baik

Bentuk Bentuk Organisasi

Untuk bentuk-bentuk organisasi terdiri dari tiga macam. Berikut ini bentuk-bentuk organisasi, antara lain:

1.Organisasi pola lini

Sering disebut lini organization.Organisasi pola lini biasanya diterapkan dalam sistem komando. Yang mana diagram terbentuk dari atas sampai ke bawah dengan masing-masing mempunyai wewenang dan tugas. Pada diagram paling atas adalah atasan dan paling bawah adalah bawahan. Setiap komando dari atasan harus dilaksanakan setiap bawahan dari atas, menengah dan bawah.

2.Organisasi pola staf

Organisasi ini terbentuk atas pembagian tugas dan wewenang masing-masing. Pola yang diterapkan bukan hanya lurus ke bawah tapi juga ke samping. Pembagian tugas dan pekerjaan dilakukan secara merata dan masing-masing bagian bertanggung jawab kepada kepala bagiannya. Sedangkan kepala bagian bertanggungjawab kepada pimpinan tertinggi. Pada organisasi ini terbentuk beberapa unit kerja yang bekerja di bawah kendali atasannya.

3.Organisasi Pola lini dan staf

Organisasi ini adalah kombinasi dari organisasi pola lini dan pola staf. Sebagian wewenang dan tugas pekerjaan diberikan pada unit kerja dan sebagiannya lagi tidak.

Manfaat Organisasi

Dalam keseharian hidup manusia tak bisa lepas dari yang namanya organisasi. Anda seorang anak maka ikut terlibat sebagai anggota organisasi bernama keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak sebagai keluarga inti. Untuk ruang lingkup yang lebih besar lagi, anda sebagai anggota organisasi lingkup RT, RW, desa, kecamatan, kabupaten, propinsi sampai negara.

Namun yang mengkhawatirkan saat ini masih banyaknya kawula muda yang kurang pandai dalam berorganisasi dan memimpin organisasi. Yang membuat pergantian kepemimpinan di lembaga birokrasi negara terasa sulit. Padahal dalam ruang lingkup yang kecil, seseorang bisa belajar untuk berorganisasi yang baik dan benar seperti keluarga atau ruang lingkup RT dan RW.

Tujuan dibentuknya organisasi disebabkan adanya tujuan bersama dalam komunitas yang sama. Misalkan lingkup keluarga, RT, RW dan lain sebagainya. Perlu diapresiasi saat ini, seiring dengan kebijakan reformasi membuat masyarakat lebih bebas dalam mendirikan organisasi. Banyak berdiri organisasi-organisasi di tanah air. Misalkan organisasi atas dasar minat yang sama atau kepentingan yang sama.

Kita bisa melihat menjamurnya organisasi di tengah masyarakat. Seperti Pemuda Pancasila, Persis, Muhammadiyah, NU, Kadin, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Organisasi Pengusaha Muda Indonesia, PGRI, Organisasi Veteran Indonesia, Ikatan Advokat Indonesia dan organisasi lain sebagainya. Sangat mungkin saat ini setiap orang mengikuti dua organisasi atau lebih.

Salah satu yang menjadi tujuan organisasi adalah mencapai sasaran dan tujuan yang sama. Dengan berorganisasi diharapkan tujuan dapat dicapai dengan cepat dan ringan. Karena semua saling berkoordinasi dan bekerja sama dengan kekuatan masing-masing.

Manusia tidak bisa dilepaskan dari organisasi. Kalau ia melepaskan diri dari organisasi maka ia telah berbuat salah. Ajaran Islam menyuruh kepada para pemeluknya untuk berorganisasi yang baik. Dari mulai pelaksanaan sholat. Dimana ada pembagian tugas masing-masing seperti imam, makmum, penjaga keamanan jika situasi genting dll.

Ketika ada suatu masalah maka peranan organisasi sangat penting untuk memecahkan masalah tersebut bersama-sama. Sebuah petuah bijak mengatakan ringan sama dijinjing dan berat sama dipikul. Berat dan kecilnya suatu masalah dalam organisasi harus dipikul bersama-sama dengan mencari jalan keluar secara kompak.

Organisasi yang dikelola secara baik akan menumbuhkan sikap bertanggungjawab bagi setiap pekerjaan dan tugas yang dibebankan kepadanya. Munculnya sikap saling menghormati, saling menjaga dan menolong sesama anggota layaknya sebuah keluarga besar. Keutuhan anggota dijaga dengan baik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 35612

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts