Pengertian Afiliasi : Arti dan Cara kerja

  • Whatsapp
Pengertian Afiliasi

Pengertian afiliasi akan dibahas dalam artikel ini. Pernahkah kalian dengar kata afiliasi? Apa sih afiliasi itu? Dalam artikel ini akan dibahas pengertian afiliasi dalam beberapa aspek, seperti afiliasi dalam pemasaran, afiliasi dalam pasar modal, afiliasi dalam psikologi dan afiliasi dalam organisasi. Sebelum membahas mengenai pengertian afiliasi dalam beberapa aspek, kalian perlu tau apa itu arti afiliasi.

Arti Afiliasi

Pengertian Afiliasi

Read More

Sebelum pengetahui pengertian afiliasi, kalian perlu tau arti dari afiliasi. Istilah “afiliasi” adalah kata yang lumayan sering digunakan pada berbagai bidang, entah itu pada pemasaran, organisasi, akuntansi, pendidikan, hukum, dan lain-lain. Lantas, sebetulnya apa sih yang dimaksud afiliasi?



Secara umum, arti dari afiliasi ialah suatu bentuk perhubungan, pertalian, atau kerjasama antar dua belah pihak yang mana salah satu pihak memiliki peran sebagai anggota atau cabang daripada pihak lainnya. Pada hal ini, hubungan atau kerjasama tersebut berdasarkan adanya kepentingan bersama dalam mencapai suatu tujuan.

Pada umumnya, di afiliasi ada satu pihak yang lebih besar dari yang lainnya, dimana masing-masing pihak mempunyai hubungan satu sama lainnya walaupun saling berdiri sendiri. Kata “afiliasi” sering digunakan pada berbagai bidang juga dapat memiliki arti yang berbeda, tergantung bidang apa istilah tersebut digunakan. Tetapi, secara umum afiliasi merujuk terhadap suatu hubungan yang erat antar individu, organisasi, bisnis, perusahaan tertentu, dan lainnya.

Pengertian Afiliasi Dalam Pemasaran

Secara sederhana, pengertian afiliasi pada pemasaran ialah suatu sistem kerjasama antar pemilik barang/ produk (affiliate merchant) dengan pihak pemasar (affiliate marketers), yang mana tenaga pemasar bakal memperoleh komisi dari setiap penjualannya yang sukes dilakoni.

Secara prinsip, cara kerja pemasaran dengan afiliasi ini sama dengan makelar atau calo yang mana tenaga pemasarannya menjual produk orang lain serta hanya memproleh komisi apabila ada penjualan. Tetapi, pemasaran afiliasi dilaksanakan secara online via media internet juga website.




Sehingga pada hal ini, pengertian afiliasi untuk tenaga pemasar ialah cara dalam memperoleh keuntungan dari internet dengan menjual produk milik orang lain. atau bisa dikatakan, tujuan dari afiliasi untuk tenaga pemasar ialah untuk mendapatkan keuntungan secara online.

Sedangkan pengertian afiliasi untuk perusahaan atau pihak dari pemilik produk ialah salah satu langkah dalam memasarkan produk lewat internet. Dengan kata lain, tujuan afiliasi untuk pemilik produk ialah guna memasarkan produk yang dibuat dengan biaya yang murah atau juga bisa tanpa biaya.

Cara Kerja Afiliasi dalam Pemasaran

Setelah mengetahui pengertian afilian dalam pemasaran, selanjutnya kan dijelaskan cara kerja afiliasi dalam pemasaran. Sebenarnya cara kerja dari afiliasi ini sangat simpel, yakni ada dua pihak yang bekerjasama secara langsung, yakni pemilik produk  (affiliate merchant) dan pemasar internet (affiliate marketers). Cara kerja bisnis afiliasi ini tidak sama lho dengan sistem seperti dropship, walaupun sama-sama menjual produk dari orang lain lewat internet. Afiliasi merupakan salah satu strategi marketing.

Dalam pelaksanaannya, pihak pemasar (affiliate marketers) perlu mendaftarkan diri pada website pemilik produk (affiliate merchant). Kemudian, dari pihak pemasar bakal memperoleh sebuah URL atau link khusus yang digunakan sebagai sarana promosi, bisa lewat website ataupun media sosial.




Pada saat calon pembeli membuka link khusus tersebut serta melakukan pembelian, maka affiliate marketer bakal memperoleh komisi dengan besaran yang sudah disepakati sebelumnya. Tetapi, bila tak ada penjualan maka affiliate marketer tidak memproleh komisi apapun.

Dari penjelasan di atas maka bisa dipahami jika link khusus yang dipromosikan bisa memberikan data, baik dalam jumlah klik iklan yang terjadi ataupun jumlah dari penjualan yang dihasilkan oleh affiliate marketer.

Sistem dari pemasaran ini sangat menguntungkan, khusunya untuk pemilik produk sebab tak perlu mengeluarkan uang tambahan guna melakukan promosi sebab sudah dilakukan oleh affiliate marketer. Sedangkan untuk sisi tenaga pemasar, mereka tak perlu bingung lagi dalam hal pengadaan produk yang hendak dijual, packing, dan delivery, sebab sluruhnya telah dilakukan pemilik produk.

Pengertian Afiliasi Dalam Pasar Modal

Pengertian afiliasi pada pasar modal merupakan hubungan antara berbagai pihak yang terdapat pada suatu pasar modal. Sejumlah contoh afiliasi pada pasar modal, yakni:

  • Hubungan antara pemegang saham utama dengan perusahaan
  • Hubungan antara perusahaan dengan seluruh pihak yang mengontrol perusahaan tersebut, entah secara langsung ataupun tidak.
  • Dua perusahaan yang dikontrol oleh pihak yang sama, baik secara langsung ataupun tidak.
  • Dua perusahaan yang di dalamnya ada dewan komisaris atau anggota direksi yang sama (satu atau lebih).
  • Hubungan antara komisaris direktur, pegawai, serta pihak-pihak yang lain yang mempunyai hubungan keluarga ebab perkawinan, keturunan, baik horizontal ataupun vertikal.




Berikut ini beberapa pengertian dari afiliasi menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 Pasal 1 Angka 1, Tentang Pasar Modal, afiliasi adalah:

  • Hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua, baik secara horizontal maupun vertikal;
  • Hubungan antara Pihak dengan pegawai, direktur, atau komisaris dari Pihak tersebut;
  • Hubungan antara 2 (dua) perusahaan di mana terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama;
  • Hubungan antara perusahaan dengan Pihak, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut;
  • Hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung, oleh pihak yang sama; atau
  • Hubungan antara perusahaan dan pemegang saham utama.

Pengertian Afiliasi Dalam Psikologi

Manusia merupakan mahluk sosial, yakni mahluk yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Atau juga bisa dikatakan bahwa, manusia secara naluri membutuhkan suatu hubungan dengan orang lain.

Di dalam psikologi, pengertian afiliasi adalah kebutuhan manusia guna membentuk suatu hubungan dan kerjasama dengan orang lain, menyenangkan dan memperoleh afeksi dari orang lain, kesetiaan kepada teman, juga kebutuhan supaya diterima dan diakui oleh lingkungannya.




Dari penjelasan di atas bisa dipahami jika kata afiliasi merujuk terhadap suatu interaksi, pertemanan, bersosialisasi, berkomunikasi, serta bekerjasama dengan orang lain secara bersahabat.

Dalam suatu kebutuhan akan afiliasi terdapat unsur kepercayaan, kemauan baik, afeksi, empati, kasih, yang dimanifestasikan dalam sikap sosial, persahabatan, penuh kasih dan kepercayaan, serta bersifat baik” (Martinah, 1984).

Pengertian Afiliasi Dalam Organisasi

Secara singkat, pengertian afiliasi pada organisasi yakni hubungan antara suatu organisasi dengan organisasi lainnya yang terdapat pada sistem organisasi induk, contohnya perusahaan induk dan cabang. Pada hal ini, perusahaan afiliasi (affiliated company) mampu berdiri sendiri walaupun tetap ada pada sistem perusahaan induk.




Dua atau lebih perusahaan bisa disebut sebagai perusahaan afiliasi jika:

  • Jika di dalam perusahaan ada seorang pejabat atau lebih yang setingkat direktur, komisaris, atau bisa di bawahnya, juga menjabat sebagai direktur, komisaris, atau di bawahnya, di perusahaan lain.
  • Jika salah satu direktur, komisaris, atau di bawahnya, mempunyai hubungan keluarga dengan direktur, komisaris, atau pejabat setingkat, pada perusahaan lain.
  • Jika salah satu pihak perusahaan bisa memberhentikan direktur, komisaris, atau pejabat di bawahnya, maka kedua perusahaan tersebut berafiliasi.
  • Jika salah satu pihak perusahaan mampu mengontrol perusahaan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami mengenai Pengertian Afiliasi. Dalam artikel ini telah dibahas arti dari afiliasi, pengertian afiliasi dalam bidang pemasaran, cara kerja afiliasi dalam bidang pemasaran, pengertian afiliasi dalam bidang pasar modal, pengertian afiliasi dalam bidang psikologi dan pengertian afiliasi dalam bidang organisasi.



Dari penjelasan di atas bisa dipahami diambil sedikit kesimpulan bahwa perusahaan afiliasi merupakan perusahaan yang secara efektif dikontrol oleh perusahaan lain, atau terintegrasi dengan perusahaan, atau sejumlah perusahaan lain sebab adanya kepentingan atau pemilikan atau pengurus yang sama.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel-artikel lain yang tidak kalah menarik dalam web ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 891

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts