Pengertian Akutansi Dana : Keunggulan dan Perbedaan

  • Whatsapp
Pengertian Akutansi Dana - Keunggulan dan Perbedaan - suaradunia.com - cover
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Menurut Wikipedia Indonesia, pengertian akutansi dana adalah suatu sistem akutansi yang kerapkali dipakai oleh kalangan instansi publik dan organisasi nirlaba untuk kegiatan mencatat keuangan atau dana. Sehingga diketahui oleh publik laporan-laporan mengenai aset dan entitasnya serta kewajiban organisasi yang harus dipenuhi.

Akutansi dana merupakan suatu metoda pelaporan keuangan dan neraca akhir yang sangat jelas yang diperlukan sekali oleh kalangan organisasi. Yang berguna untuk mengetahui arus kas keuangan baik pengeluaran dan penerimaan organisasi. Hal ini berbeda dengan laporan neraca pada perusahaan bisnis yang umumnya menimbang untung rugi.

Read More

Sebuah organisasi haruslah bersifat transparan dan terbuka. Hal inilah yang ingin dilakukan dengan adanya akuntansi dana. Sedangkan untuk perusahaan yang berorientasi bisnis mempunyai metode tersendiri dalam mencatat laporan keuangan yang tergabung dalam Buku Besar.

Ada banyak kerugian bagi suatu organisasi dan lembaga nirlaba yang tidak menggunakan akutansi dana. Lembaga nirlaba tersebut akan terlihat kurang profesional dalam pengelolaannya. Sehingga akan kurang mendapatkan kepercayaan yang baik dari masyarakat dan bawahan serta akan mendapatkan kesulitan dalam pengembangan usaha ke depannya.

Untuk organisasi nirlaba mempunyai sejumlah laporan keuangan yang sangat beragam berdasarkan atas keperluan melebihi laporan perusahaan. Laporan dana organisasi nirlaba akan menggambarkan secara jujur mengenai penerimaan dan pengeluaran keuangan selama periode tertentu, jumlah dana yang terkumpul, pemanfaatan keuangan dan lain-lain.

Pencatatan laporan arus kas berdasarkan nomor rekening yang ada. Selain itu, menggunakan aplikasi perangkat lunak yang bernama akuntansi dana. Pemanfaatan teknologi informasi pun diupayakan dalam mengetahui neraca keuangan dan apa-apa yang diperlukan oleh organisasi.

Pengertian Akutansi Dana

Pengertian Akutansi Dana - Keunggulan dan Perbedaan - suaradunia.com - cover

Pemakaian akutansi dana menjadi sesuatu yang yang sangat berguna bagi sebuah organisasi. Sehingga beberapa organisasi nirlaba di sejumlah daerah di Indonesia sudah biasa menerapkan akutansi dana pada organisasi nirlaba. Supaya laporan dana dapat terlihat jelas dan transparan serta diketahui kebutuhan organisasi. Untuk penggunaan akuntansi dana, sebuah organisasi nirlaba seringkali menggunakan jasa akuntan publik yang terpercaya dan handal.

Akutansi dana merupakan sebuah aplikasi yang akan memudahkan dalam penghitungan dana beserta pencatatan secara lengkap. Bagi anda yang terjun dalam profesi sebagai seorang akunting pastinya sudah mengenal dengan istilah ini.

Akutansi dana memiliki banyak macam jenis dan ragam. Istilah ini merupakan bagian dari ilmu akuntansi yang dipelajari dibangku kuliah jurusan akutansi. Dan penggunaan akutansi dana dapat diterapkan pada badan umum, organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintahan untuk pencatatan keuangan. Yang mencakup pencatatan kewajiban dan aset yang dimiliki organisasi.

Penggunaan akuntansi dana merupakan bagian dari proses administrasi yang dilakukan oleh suatu lembaga atau perusahaan. Yang dapat memantau pengawasan dana masuk dan keluar serta pemanfaatannya. Sehingga seseorang dapat mengetahui kondisi dana yang dimiliki organisasi bersangkutan.

Banyak manfaat dari akuntansi dana bagi perusahaan dan organisasi itu sendiri. Adapun pembuatan akutansi dana disusun secara sistematis sehingga berbentuk laporan keuangan yang menampilkan arus uang masuk dan keluar secara rinci selama masa tertentu dari organisasi tersebut. Umumnya pelaporan akutansi dana selama jangka waktu satu tahun.

Sebuah lembaga pada dasarnya mempunyai metoda dalam mencatat semua aktifitas keuangan di dalam rekening. Dan semua terangkum dalam sistem akutansi dana. Laporan keuangan akan bersifat objektif, dan berdasarkan transaksi dana sebelumnya yang telah terjadi. Yang tersimpan dalam bentuk Buku Besar.

Pengelola perusahaan atau lembaga bisnis atau nirlaba sangat dimudahkan dengan adanya akuntansi dana. Ia akan mengetahui dengan pasti semua pengeluaran dan pemasukan dari organisasi yang dipimpinnya. Umumnya laporan akutansi dana bersifat ringkas, singkat dan padat.

Pemanfaatan dana bisa ditinjau lebih lanjut dengan akutansi dana. Apakah pemanfaatan dana sudah efektif atau belum. Selain itu, penggunaan dana bisa dilihat secara urutan kategori. Di tengah sistem teknologi canggih dan keterbukaan ini membuat akuntansi dana hampir dilakukan oleh lembaga pemerintah ataupun organisasi nirlaba.

Keunggulan Akutansi Dana

Akutansi dana yang dalam bahasa Inggrisnya yaitu Fund Accounting yang merupakan sebuah pelaporan atas hasil penghitungan dana. Hal ini menjadi mutlak diperlukan dalam sebuah organisasi nirlaba, bisnis dan pemerintah sebagai proses menuju lembaga yang bersih dan transparan.

Bagi anda yang belum mengetahui kelebihan akuntansi dana, berikut ini sejumlah kelebihan akuntansi dana secara lengkap, antara lain :

1. Mempunyai persamaan yang mendasar

Akutansi dana pada organsisasi nirlaba dan perusahaan komersial akan sangat berbeda. Akan tetapi, akutansi dana merupakan bagian dari ilmu akuntansi yang sama-sama mencatat keuangan sesuai kaidah keilmuan yang baik dan benar

2. Memuat laporan aktiva dalam keuangan

Akutansi dana akan memuat secara singkat beberapa aktiva maupun arus kas yang dimiliki oleh perusahaan, organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintah. Sehingga sang manager dapat mengetahui situasi kewajban dan aktiva lembaga yang dipimpinnya.

Dana merupakan sesuatu hal yang penting dalam sebuah organisasi, lembaga dan perusahaan. Tanpa adanya dana akan sulit bagi sebuah organisasi dan perusahaan untuk menjalankan kegiatannya. Oleh karena itu, berbagai pihak berusaha mengelola dana secara baik. Salah satunya dengan menerapkan akuntansi dana. Disamping mengenal akutansi dana, sebuah perusahaan atau organisasi akan menerapkan akuntansi anggaran dan komitmen.

Lembaga pemerintah dan swasta ataupun nirlaba akan selalu menggunakan akutansi dana untuk melihat keuangan organisasinya. Kegiatan ini penting sekali untuk dilakukan oleh sebuah lembaga pemerintah. Sehingga banyak orang yang menyebutnya akutansi dana adalah sama dengan akutansi pemerintah.

Di tengah penyalahgunaan wewenang maka penggunaan akutansi dana sangat berguna. Untuk melihat sejauh mana keuangan organisasi secara real. Yang akan menghindarkan dari penyelewengan dana secara besar-besaran.Organisasi publik dan swasta seringkali menggunakan akuntansi dana untuk melihat perkembangan dana yang ada dalam organisasiĀ  beserta pemanfaatannya.

Persamaan dan Perbedaan Akutansi Dana dengan Akuntansi Komersial

Sudah dijelaskan sebelumnya mengenai pengertian akutansi dana, antara akuntansi dana dan akuntansi komersial mempunyai persamaan dan perbedaan masing-masing. Berikut ini sejumlah persamaan akuntansi dana dengan akuntansi komersial, antara lain :

  • Keduanya mengusung konsep pemberian informasi secara akurat dan jelas berdasarkan transaksi keuangan yang telah terjadi
  • Penerapan standarisasi akunting diterapkan secara baik dan benar. Yang meliputi penerapan prinsip pengungkapan fakta, prinsip materialisasi, prinsip objektifitas dan konsistensi
  • Berpatokan pada prinsip pengukuran mata uang, periodisasi akunting, dan kesinambungan

Adapun yang menjadi perbedaan antara akuntansi dana dengan akuntansi komersial terletak pada tujuannya. Akuntansi dana bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dari dana yang digunakan. Sedangkan akuntansi komersial hanyalah untuk mengukur sejauhmana keuntungan dan kerugian yang didapatkan oleh perusahaan dalam periode tertentu.

Perbedaan lainnya, akuntansi dana mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak. Mengingat ada banyak kategori dana yang harus dilaporkan. Sedangkan akuntansi komersial umumnya hanya mempunyai satu laporan keuangan perusahaan yang tergabung dalam buku besar.

Selain itu, dalam akuntansi dana pembuatan laporan keuangan berdasarkan aturan yang berlaku. Yang membuat bersifat kaku. Sedangkan akuntansi komersial sangat fleksibel.

Demikianlah pengertian akutansi dana secara lengkap. Yang mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

Related posts