Pengertian Akutansi Manajemen Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Akutansi Manajemen Menurut Para Ahli - suaradunia.com - cover
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Masih banyak orang yang belum mengenal pengertian akutansi manajemen secara singkat. Padahal ilmu ini sangat penting dikuasai dalam dunia perniagaan atau bisnis. Bahkan dalam kehidupan rumahtangga sehari-hari pun, ilmu manajamen keuangan sangatlah penting. Karena ia merupakan penggerak dalam sistem operasional usaha atau lembaga. Tanpa adanya manajemen akuntansi maka sebuah organisasi bisa kehilangan kendali secara mudah.

Secara bahasa pengertian akuntansi manajemen terdiri dua kata yakni akutansi dan manajemen. Untuk arti dari akutansi sendiri secara umum adalah suatu peroses pencatatan data, mengklasifikasi dan mengolah data. Sehingga menjadi sebuah laporan keuangan yang objektif dan sistematis. Walaupun pengertian akuntansi menurut para ahli berbeda-beda. Tapi pada dasanya sama yang intinya melakukan pencatatan dan pengolahan hingga menjadi sebuah ringkasan laporan keuangan.

Read More

Sedangkan pengertian manajemen adalah sebuah upaya pengelolaan dan mengatur. Dengan demikian, pengertian akutansi manajemen adalah suatu pengelolaan dalam melakukan pencatatan dan pengolahan data keuangan. Sehingga didapatkan hasil laporan keuangan yang benar-benar sistematis dan objektif.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Akutansi Manajemen Menurut Para Ahli - suaradunia.com - cover

Membahas pengertian akutansi manajemen terasa sangat berat. Karena ilmu ini sangat asing di sebagian besar masyarakat Indonesia. Apalagi sebagian orang di Indonesia tidak terbiasa dalam melakukan pencatatan keuangan dalam setiap transaksinya.

Namun ilmu akuntansi manajemen bisa menjadi sederhana bagi pemula. Yang dimulai dari mengenal istilah-istilah dalam akuntansi. Dan hal ini sebagai langkah bagus dalam memahami akuntansi manajemen.

Akutansi manjemen berusaha memberikan data yang valid dan akurat yang berkaitan dengan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan yang dikelola secara baik akan memudahkan bagi sebuah perusahaan dan organisasi untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari lembaga perbankan.

Dengan melakukan akutansi manajemen secara baik maka pihak pengelola perusahaan atau lembaga akandengan mudah mengetahui informasi yang berkenaan dengan kondisi keuangan perusahaan secara detail dan seksama. Hal ini akan menjadi acuan dalam menentukan kebijakannya di masa mendatang di kalangan internal.

Analisis data keuangan akan dilakukan oleh pihak manajer yang kemudian melakukan beberapa langkah penting untuk memajukan perusahaan dan lembaga. Sehingga semua kegiatan bisa berjalan lebih efektif dan efisien lewat pemanfaatan sumber daya yang ada.

Menurut Supomo dan Halim, akuntansi manajemen adalah suatu aktifitas yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang objektif mengenai keuangan sebuah perusahaan. Yang selanjutnya dianalisis dan sebagai pijakan awal untuk menentukan kebijakan di masa depan.

Mulyadi melihat akuntansi manajemen sebagai sebuah kegiatan untuk memperoleh jenis informasi yang bersifat keuangan yang diolah sedemikian rupa secara sistematis, baik dan benar. Yang dapat dipakai oleh kalangan internal perusahaan untuk mengembangkan usahanya.

Perbedaan Akuntansi Manajemen Dan Akuntansi Keuangan

Sangat mudah bagi anda untuk menemukan perbedaan antara akutansi manajemen dan akutansi keuangan. Perbedaan terletak pada tujuannya. Akutansi manajemen bertujuan untuk kepentingan internal perusahaan. Seperti untuk menganalisis kemajuan maupun kerugian perusahaan. Sedangkan akutansi keuangan diperuntukan untuk keperluan eksternal. Misalkan untuk syarat mendapatkan pinjaman modal uang dari bank, investor, kreditur dan pemegang saham.

Pendek kata, akuntansi manajemen mempunyai sifat yang sangat rinci dan lengkap. Sedangkan akutansi keuangan hanya berupa garis besar keuangan yang disajikan. Sehingga lebih mudah dimengerti oleh para investor, kreditur dan para pemegang saham.

Pengertian Akutansi Manajemen Secara Singkat

Jika dilihat secara sekilas akan tampak perbedaan antara akuntansi dan akuntansi manajemen. Akutansi adalah proses pencatatan dan pengolahan data keuangan. Sedangkan akutansi manajemen lebih dari itu, ia juga berperan dalam mengatur manajemen akuntansi agar berjalan secara otomatis, baik dan benar sesuai standarisasi.

Akutansi manajemen masih berkaitan erat dengan akuntansi keuangan maupun dengan buku akutansi manajemen. Akutansi manajemen lebih condong kepada cara pengolahan data keuangan yang baik dan benar. Sedangkan akutansi keuangan lebih kepada cara penyajian laporan keuangan.

Tujuan Akutansi Manajemen

Adapun yang menjadi tujuan akuntansi manajemen yaitu untuk mendapatkan informasi yang sangat akurat dan detail mengenai segala keuangan. Yang kemudian dijadikan acuan dalam menentukan kebijakan oleh seorang manajer di masa datang.

Dengan adanya laporan akuntansi manajemen akan memudahkan pihak pengelola perusahaan untuk memantau dan mengawai perkembangan perusahaan. Selain itu, dapat memantau terus performa perusahaan dan prediksi analisa prospek di masa datang.

Kemunduran ataupun kemajuan suatu perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan yang ada. Sehingga akutansi manajemen haruslah dibuat benar-benar secara akurat dan profesional. Jika kondisi keuangan perusahaan sudah sangat mengkhawatirkan maka sebagai pengelola bisnis dapat melakukan upaya untuk mencegah kerugian lebih dalam.

Berikut ini sejumlah tujuan akuntansi manajemen secara lengkap, antara lain :

1. Melakukan evaluasi dan merencanakan langkah ke depannya

Sebuah laporan keuangan hasil akutansi manajemen adalah hal segalanya. Walaupun ia berupa data yang sangat singkat dan ringkas. Tapi didalamnya mengandung banyak hal mengenai kondisi perusahaan. Apakah sedang maju atau tidak.

Dengan mengetahui kondisi perusahaan yang sedang merugi dari segi keuangan maka seorang manajer dapat melakukan berbagai upaya untuk merubah menjadi keuntungan. Misalkan melakukan penambahan modal usaha.

2. Mengendalikan usaha anda

Dengan mengadakan akuntansi manajemen yang baik dan benar pada perusahaan anda berarti anda melakukan upaya untuk memajukan perusahaan. Dengan demikian anda akan bisa melihat laporan keuangan usaha yang dijadikan langkah awal untuk memajukan perusahaan.

Dengan melakukan akuntansi manajemen maka anda melaksanakan pengendalian perusahaan secara baik dan mudah. Segala penyimpangan keuangan dapat teratasi dengan baik. Misalkan kekeliruan dalam melaksanakan SOP, pemborosan keuangan, dan operasional yang tidak berdasarkan aturan.

Pendek kata, ada banyak keuntungan dari tujuan pembuatan akutansi manajemen. Terutama bagi perusahaan itu sendiri agar dalam sistem operasionalnya dapat berjalan secara lancar, lebih efektif dan efisien. Yang membuat kehadiran akutansi manajemen tak kalah penting dengan akutansi keuangan pada perusahaan.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Untuk fungsi akuntansi manajemen berguna untuk banyak pihak, antara lain :

  1. Manajer keuangan untuk melihat sejauhmana perkembangan keuangan perusahaan yang meliputi biaya pengeluaran, arus kas pemasukan, biaya produksi, biaya modal kerja, total gaji karyawan, biaya bahan baku, rasio utang, return investasi, dan lain sebagainya
  2. Manajer marketing pun membutuhkan akuntansi manajamen untuk menyaksikan sejauhmana efektifitas diskon harga yang diberikan, volume penjualan barang, bonus marketing, jumlah penjualan tunai maupun kredit dan lain-lain
  3. Pihak Manajer produksi pun membutuhkan akutansi manajemen untuk melihat sejauhmana harga pokok produksi, biaya produksi perunit barang, biaya tenaga kerja, dll
  4. Kalangan pemilik perusahaan pun memerlukan akuntansi manajemen untuk memantau perkembangan perusahaan. Yang dijadikan sebagai pedoman dalam menenetukan kebijakan investasi, diversifikasi barang, perluasan pangsa pasar, dan penyusunan anggaran keuangan di masa datang.

Apabila anda ingin memahami lebih lanjut mengenai akutansi manajemen maka anda bisa belajar materi akuntansi manajemen di sumber-sumber yang dapat dipercaya. Seperti dosen ataupun mahasiswa program studi akutansi manajemen.

Demikianlah pengertian akutansi manajamen secara singkat. Walaupun cukup ringkas, mudah-mudahan dapat memberikan tambahan keilmuan bagi anda semua.

Related posts