Pengertian Animasi : Prinsip, Jenis dan Manfaat

  • Whatsapp
Pengertian Animasi

Pengertian animasi akan dibahas dalam artikel ini. Selain pengertian animasi, dalam artikel ini juga akan membahas tentang prinsip animasi, jenis-jenis animasi dan manfaat apa saja dari animasi. Silahkan kalian baca penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Animasi

Pengertian Animasi

Read More

Apa sih animasi itu? Pengertian Animasi ialah gambar yang bergerak berasal dari kumpulan berbagai objek yang telah disusun khusus sehingga dapat bergerak sesuai dengan alur yang telah ditentukan dalam setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud di sini ialah gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, tumbuhan, gedung, serta yang lainnya.

Ada pula sejumlah orang yang memberikan artian animasi ialah hasil dari pengolahan gambar tangan yang dijadikan gambar bergerak dengan menggunakan metode terkomputerisasi. Dulu proses untuk membuat konten animasi perlu gambar tangan yang dibuat sampai berlembar-lembar.




Tetapi, sejalan dengan adanya kemajuan pada bidang teknologi komputer animasi tak perlu lagi dibuat di kertas namun langsung dibuat pada komputer. Istilah animasi pastinya bukan hal asing bagi Kita, terutama pada kalangan anak-anak. Hal tersebut disebabkan konten dari animasi biasanya Kita jumpai di jenis film-film tokoh kartun maupun anime.

Prinsip-Prinsip Animasi

Sesudah paham tentang pengertian animasi, pastinya kita juga untuk mengetahui prinsip-prinsip dari animasi. Sama seperti pengertian animasi, prinsip-prinsip animasi juga perlu diketahui. Terdapat dua belas prinsip animasi, apa saja?




  1. Kemampuan Menggambar (solid drawing) : Solid drawing merupakan kemampuan individu untuk membuat gambar dengan baik serta benar, dan juga kemampuan untuk mengkomposisikan gambar yang bisa nampak secara lebih nyata.
  1. Menekan dan Melentur (Squash and Stretch) : Squash and Stretch ialah kegiatan di mana membuat objek hidup maupun objek mati nampak seperti nyata sehingga akan terlihat bergerak dan lebih hidup.
  1. Antisipasi (Anticipation) : Anticipation merupakan pembuatan gerakan di dalam sebuah objek secara berurutan yang bisa membuat penonton memahami serta menikmati animasi yang ditampilkan.
  1. Tata Gerak (Staging) : Staging merupakaan penataan gerak yakni pembuatan ekspresi dalam karakter atau objek pada animasi yang bisa membuat penonton lebih mudah untuk mengenalinya.
  1. Straight Ahead and Pose to Pose : Ini ialah langkah untuk seorang animator bekerja, yakni terencana pada pembuatan gambar, pembuatan gerakan dan ukuran, yang dikerjakan sejak awal pada pembuatan animasi.
  1. Gerakan Mengikuti : Sewaktu scene berhenti bergerak, karakter tak berhenti secara tiba-tiba. Hal tersebut membuat animasiakan  terlihat jauh lebih realistis.
  1. Slow In and Slow Out : Ini merupakan pengaturan staging serta timing dari satu scene ke scene lain pada sebuah animasi.




  1. Konstruksi Lengkung (Archs) : Membuat gerakan tubuh karakter atau objek animasi akan terlihat lebih halus. Contohnya gerakan dari mahluk hidup maupun gerakan dari benda-benda pada animasi akan terlihat lebih realistis.
  1. Penentuan Waktu (Timing) : Hal Ini merupakan penentuan waktu yang ideal kapan suatu gerakan akan diberikan untuk karakter atau objek di dalam animasi.
  1. Gerakan Pendukung (Secondary Action) : Ini merupakan pembuatan berbagai macam gerakan pendukung guna melengkapi karakter pada ekspresi maupun aksi supaya terlihat lebih real.
  1. Melebihkan (Exaggeration) : Adalah upaya dalam membuat suatu karakter supaya terlihat lebih meyakinkan pada aksinya, contohnya membuat karakter untuk menjadi lebih lucu.
  1. Daya Tarik (Appeal) : Kualitas daripada animasi yang mana penonton mampu menikmati gambar yang memikat, desain bagus, memiliki daya tarik, serta kelebihan lainnya.

Jenis-Jenis Animasi

Setelah mengetahui pengertian animasi dan prinsip-prinsip animasi, selanjutnya akan dibahas tentang jenis-jenis animasi. Selain pengertian animasi, jenis-jenis animasi juga perlu diketahui. Secara umum jenis animasi bisa dibedakan menjadi dua, yakni animasi berdasarkan bentuk karakter dan animasi berdasarkan teknik pembuatannya




1. Animasi Berdasar Bentuk Karakter

Selain pengertian animasi, dalam artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis animasi. Jenis animasi yang pertama adalah animasi berdasarkan bentuk karakter. Dalam jenis animasi berdasar bentuk karakter, terdapat empat poin penting yang perlu kalian tau, diantaranya adalah:

  • Stop Motion Animation/ Claymation : Jenis animasi satu awalnya ditemukan oleh Blakton di tahun 1906. Blakton menggunakan tanah liat (clay) untuk objek animasi. Contoh film yang menggunakan teknik animasi clay ialah film Chicken Run serta Shaun the sheep. Pastinya bahan yang dimanfaatkan tidaklah tanah liat biasa namun palasticin, yakni bahan yang elastis dan lentur.
  • Animasi 2 Dimensi (2D) : Dikenal dengan sebutan kartun (cartoon), yakni kumpulan dari gambar-gambar lucu pada film animasi guna menghibur penonton. Sejumlah contoh film kartun ialah ; Donal Bebek, Tom & Jerry, SpongeBob dan sebagainya.
  • Animasi 3 Dimensi (3D) : Teknologi berperan besar untuk kemajuan animasi, khususnya dalam teknologi komputer. Animasi 3D merupakan perkembangan animasi 2D yang mana objek pada animasi akan terlihat lebih hidup. Film-film animasi yang pernah kita tonton sekarang ini telah memanfaatkan animasi 3D serta CGI (Computer Generated Imagery). Contohnya; Finding Nemo, Toy Story, Frozen dan sebagainya.
  • Animasi Jepang (Anime) : Film animasi Jepang (anime) sangat digemari oleh beragam kalangan di dunia dari segala macam usia. Beberapa anime Jepang yang begitu populer contohnya One Piece, Captain Tsubasa, Naruto, dan sebagainya.




2. Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Selain pengertian animasi, dalam artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis animasi. Jenis animasi yang kedua adalah animasi berdasarkan teknik pembuatannya. Dalam jenis animasi berdasar teknik pembuatannya, terdapat tujuh poin penting yang perlu kalian tau, diantaranya adalah:

  • Animasi Cell : Dari kata “Celluloid”, ini adalah teknik pembuatan film animasi yang ckup populer. Animasi cell biasanya ialah lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Jadi masing-masing cel adalah bagian yang terpisah.
  • Animasi Frame : Animasi yang memanfaatkan rangkaian dari gambar yang diperlihatkan secara bergantian. Contoh simpelnya, seperti ketika kita membuat gambar atau objek yang berbeda dalam lembaran-lembaran buku, lalu membuka buku tersebut secara cepat maka gambar akan terlihat seperti bergerak.
  • Animasi Sprite : Memanfaatkan latar belakang diam kemudian gambar digerakkan pada bagian depan. Teknik satu ini merupakan bagian dari animasi yang bergerak sendiri, misalnya contohnya burung terbang, bola yang memantul, logo yang berputar, dan sebagainya.
  • Animasi Path : Teknik animasi path ialah animasi yang menggerakkan obyek pada sepanjang garis yang sudah ditetapkan sebagai lintasan. Seperti pada pembuatan animasi kereta api, pesawat terbang, dan yang lainnya yang nutuh lintasan gerak tertentu.
  • Animasi Vektor : Teknik animasi vektor hampir sama dengan animasi sprite, hanya saja animasi sprite memanfaatkan bitmap sedang untuk animasi vektor menggunakan rumus dari matematika guna penggambaran sprite-nya.
  • Animasi Spline : Teknik animasi Spline ialah representasi matematis kurva, yang mana gerakan objek akan ikut pada garis berbentuk lurus serta berbentuk kurva.
  • Animasi Karakter : Teknik animasi karakter pada umumnya terdapat dalam film kartun dan di film animasi 3D. Pada animasi karakter, seluruh bagian di animasi bergerak secara bersama tetapi karakter setiap objek memiliki ciri dan gerakan berbeda.

Manfaat Konten Animasi dalam Strategi Marketing Bisnis

Setelah membahas mengenai pengertian animasi, prinsip-prinsip animasi dan jenis animasi, pembahasan selanjutnya adalah menfaat konten animasi dalam strategi marketing bisnis. Bicara mengenai strategi pemasaran bisnis memang saat ini sudah banyak yang memanfaatkan animasi lewat video dengan durasi pendek.




Tujuannya ialah pasti untuk menarik minat dari masyarakat terutama lewat jejaring media sosial, namun tidak jarang pula TV menggunakan iklan dengan gaya animasi. Di bawah ini manfaat konten animasi dalam strategi marketing bisnis Anda:

1. Menciptakan Ketertarikan Masyarakat Pada Produk

Berdasarkan pengertian animasi yang telah dijelaskan, animasi juga memiliki manfaat yang pertama adalah menciptakan ketertarikan masyarakat pada produk. Sasaran utama ketika marketing pastinya menarik minat masyarakat dalam membeli produk Anda. Apabila Anda menggunakan konten animasi yang segar pada video promosi Anda, maka bisa jadi hal tersebut bisa menambah minat masyarakat dalam menontonnya.

2. Menjelaskan Produk Lebih Objektif

Berdasarkan pengertian animasi yang telah dijelaskan, animasi juga memiliki manfaat yang kedua adalah menjelaskan produk lebih objektif. Promosi menggunakan cara video dengan konten animasi serasa lebih objektif dalam mengenalkan produk. Konten video yang dibuat menggunakan runtutan serta alur yang jelas dapat lebih mudah dipahami oleh masyarakat.




3. Meningkatkan Kunjungan Website

Berdasarkan pengertian animasi yang telah dijelaskan, animasi juga memiliki manfaat yang ketiga adalah meningkatkan kunjungan website. Setiap perusahaan profesional pastinya mempunyai website resmi untuk informasi online-nya. Apabila Anda menggunakan konten-konten video animasi kreatif pada website Anda, maka dapat membantu dalam peningkatan kunjungan website, sebab semakin bagus konten dari website maka pengunjung pun akan bertambah banyak serta promosi produk Anda bisa jauh lebih efektif.

4. Meningkatkan Conservation Rate

Berdasarkan pengertian animasi yang telah dijelaskan, animasi juga memiliki manfaat yang keempat adalah meningkatkan conservation rate. Di kasus produk inovasi baru biasanya perusahaan bakal kesulitan dalam menyampaikan pesan tentang produk tersebut bekerja. Oleh karena itu menggunakan animasi mampu membantu untuk menjelaskan detail dari produk terhadap konsumen lewat konten video yang sama dengan tutorial.

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami mengenai Pengertian Animasi. Selain pengertian animasi, dalam artikel ini juga dibahas mengenai prinsip-prinsip animasi, jenis-jenis animasi dan manfaat konten animasi dalam strategi marketing bisnis. Bisa kita ambil sedikit kesimpulan bahwa kartun merupakan gambar bergerak dari kumpulan gambar yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bisa ditonton dan dinikmati.



Terdapat prinsip dan berbagai jenis animasi pun juga serta ada pula manfaat dalam penggunaannya untuk strategi bisnis bagi Anda yang menjalankannya. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel-artikel lainnya dalam web ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 971

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts