Pengertian Arus Kas Secara Lengkap : Perbedaan dan Manfaat

  • Whatsapp
Pengertian Arus Kas Secara Lengkap - suaradunia.com - cover
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Pengertian arus kas secara lengkap sangat menarik untuk dibahas. Karena ini merupakan bagian yang sangat penting bagi perusahaan itu sendiri. Untuk melihat sejauhmana kinerja keuangan suatu perusahaan. Apakah usaha tersebut menguntungkan atau tidak? Dan bagaimana prospeknya di masa mendatang.

Jika ditelaah arus kas adalah ilmu dasar dalam ilmu ekonomi maupun manajemen teknik industri. Umumnya ilmu ini dipelajari dibangku sekolah menengah atas secara umum. Dan di universitas, ilmu ini dipelajari dalam perkuliahan secara khusus di fakultas ekonomi.Dan tak asing lagi bagi mereka mahasiswa jurusan ekonomi mengenal istilah laporan arus kas. Namun masih adanya sebagian orang yang masih belum memahami apa itu arus kas. Sehingga menginspirasi penulis untuk menulis artikel mengenai hal ini.

Read More

Arus kas adalah sesuatu yang terdapat pada suatu perusahaan komersil. Dimana suatu perusahaan yang bergerak dalam apapun seperti penjualan barang atau jasa pastinya akan mendapatkan laba atau keuntungan dan pengeluaran. Inilah yang disebut dengan arus kas.

Sebagai perusahaaan yang dikelola secara baik pastinya harus memiliki catatan pendapatan dan pengeluaran. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang karyawan bagian administrasi. Pencatatan penjualan, laba dan pengeluaran berguna sekali untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan. Selain itu, berguna untuk memudahkan mendapatkan pinjaman dari lembaga perbankan.

Pengertian Arus Kas Secara Lengkap

Pengertian Arus Kas Secara Lengkap - suaradunia.com - cover

Arus kas terbagi ke dalam dua bagian yaitu arus kas positif dan arus kas negatif. Arus kas positif adalah cashflow yang pendapatan lebih besar ketimbang pengeluaran. Sedangkan arus kas negatif adalah penghasilan lebih rendah ketimbang pengeluaran.

Kalau dalam bahasa inggris, arus kas disebut juga cashflow. Yang merupakan salah satu permainan orang-orang kaya. Semakin baik atau positif arus kas suatu perusahaan atau perorangan maka semakin kayalah dia. Tugas seseorang atau perusahaan adalah meningkatkan arus kas pemasukan dan meminimalkan pengeluaran.

Untuk meningkatkan arus kas pendapatan dapat dilakukan dengan cara memperbanyak aset. Seperti deposito, investasi emas, saham, reksadana, bisnis, obligasi, royalti dan lain sebagainya.

Pengertian arus kas di dalam hidup seseorang pun mempunyai peran yang sangat penting. Begitupula dalam sebuah perusahaan besar, kecil maupun menengah. Namun arus kas di suatu perusahaan ditulis secara baik, detail dan lengkap dalam bentuk laporan harian, mingguan, bulanan maupun tahunan yang merupakan bagian dari ilmu akuntansi dan administrasi.

Laporan arus kas perusahaan dibuat secara faktual, kronologis dan sistematis. Umumnya dibuat berurutan berdasarkan tanggal dan jam proses transaksi dilakukan. Yang berguna untuk memaparkan informasi keuangan sejelas mungkin. Sehingga dapat diketahui kondisi finansial perusahaan. Apakah untung atau rugi. Dan seberapa besar tingkat kerugian dan keuntungan perusahaan tersebut.

Bagi para investor, laporan keuangan perusahaan termasuk arus kas merupakan bagian yang sangat penting untuk dipelajari sebelum menanamkan uangnya pada perusahaan tersebut. Perusahaan yang memiliki arus kas yang baik tentunya akan sangat menguntungkan. Apalagi bisa ditingkatkan lebih lanjut lagi.

Untuk laporan arus kas setiap perusahaan berbeda-beda. Bahkan laporan arus kas akan berbeda di setiap tahunnya. Laporan arus kas sebuah perusahaan pertahun atau perbulan menjadi ciri bagaimana kinerja perusahaan tersebut dalam masa tertentu.

Laporan keuangan pada dasarnya bentuk sama. Yang membedakan adalah jenis usaha atau kegiatan yang dilakukan. Laporan keuangan yang disebut juga financial statement menurut Standar Akuntansi Keuangan terbagi ke dalam berbagai jenis, antara lain : Laporan cashflow atau arus kas,  Laporan ekuitas atau modal, Laporan neraca dan Laporan laba rugi.

Menurut istilah arus kas adalah laporan keuangan yang menampilkan informasi secara akurat mengenai pemasukan dan pengeluaran uang pada suatu perusahaan dalam masa tertentu. Informasi yang diberikan mencakup jumlah uang yang diperoleh saat itu, nominal investasi uang yang dilakukan,pembayaran utang, dan uang atau biaya yang dikeluarkan.

Tujuan Pembuatan Laporan Cashflow

Adapun yang menjadi tujuan dalam membuat laporan arus kas adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Seringkali laporan keuangan perusahaan menjadi pedoman bagi seorang investor menilai sehat tidaknya kondisi perusahaan. Naamun terkadang untuk keperluan keuangan, sebuah perusahaan membuat laporan arus kas secara palsu. Untuk menarik semakin banyak investor.

Pada prinsipnya laporan arus kas bermanfaat bagi internal perusahaan itu sendiri. Misalkan kalangan manager untuk melihat sejauhmana perkembangan perusahaan. Apakah kinerjanya semakin baik atau menurun. Hal itu bisa dilihat dari perputaran arus kas keuangan dari masa lalu dengan masa sekarang yang terbaru.

Setelah mengetahui kinerja suatu perusahaan maka anda bisa meningkatkan kinerja usaha dengan melihat kenyataan itu. Supaya arus kas bertambah besar dalam segi pemasukan ketimbang pengeluaran. Sedangkan nilai investasi bisa ditingkatkan di masa depan.

Arus kas dalam suatu perusahaan terbilang unik. Sebuah perusahaan komersil yang skala sangat besar dengan omset besar pula belum tentu memiliki arus kas yang baik. Ia mungkin saja tidak dapat membeli peralatan usaha yang lengkap dan tak sanggup membayar gaji karyawan. Dan seringkali perusahaan kecil yang mempunyai omset kecil mampu memiliki arus kas positif yang baik. Di sinilah peran seorang manager dalam mengatur keuangan perusahaan secara baik.

Manfaat Laporan Arus Kas

Berikut ini beberapa manfaat dari adanya laporan arus kas perusahaan, antara lain:

  1. Dengan melihat laporan arus kas perusahaan maka kita akan dengan mudah memprediksi laporan keuangan arus kas pada masa mendatang atau di tahun selanjutnya
  2. Menilai sehat tidaknya kondisi perusahaan. Jika lebih banyak pemasukan ketimbang pengeluaran maka kondisi perusahaan sehat. Sebaliknya jika perusahaan mempunyai lebih banyak pengeluaran ketimbang pemasukan maka perusahaan itu dalam kondisi merugi. Sehingga harus dilakukan perbaikan sampai arus kas berjalan positif
  3. Laporan arus kas yang baik akan membuat investor tertarik untuk menanamkan uang mereka pada perusahaan tersebut.

Jika dilihat dari segi bahasa, arus kas terdiri  dari dua kata yaitu arus yang berarti aliran. Sedangkan kas adalah keuangan. Dengan demikian, arus kas adalah aliran keuangan. Yaitu sebuah uang yang berputar dalam suatu perusahaan berupa pemasukan uang dari kegiatan bisnis yang dilakukan dan pengeluaran keuangan yang dilakukan . Seperti membayar gaji karyawan.

Laporan keuangan arus kas haruslah dibuat secara kronologis dan faktual. Hal ini bukanlah rekayasa melainkan benar-benar terjadi dan dilakukan secara objektif. Laporan arus kas bagi perusahaan yang tersaji secara apa adanya. Bisa arus kas positif atau negatif.

Terkadang sebuah perusahaan kecil yang tidak membuat laporan arus kas akan membuat seorang manager tidak mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan. Suatu usaha menguntungkan tidaknya ditentukan bukan oleh besaran pendapatan. Tapi ditentukan oleh seberapa besar arus kas yang terjadi dalam perusahaan.

Laporan arus kas bagi usaha akan memberikan gambaran singkat mengenai ensitas dan modal perusahaan. Selain itu, memberikan gambaran jumlah pemasukan yang dapat diperoleh pada masa selanjutnya. Yang pastinya tak jauh beda dengan masa sekarang.

Arus kas perusahaan di masa mendatang sangat mungkin terjadi perubahan ke arah lebih baik atau lebih buruk. Hal itu disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal perusahaan. Arus kas perusahaan menurun secara internal bisa disebabkan oleh kinerja karyawan yang menurun atau banyaknya karyawan yang mengundurkan diri. Sedangkan arus kas perusahaan yang menurun disebabkan faktor eksternal bisa karena trend belanja masyafkat yang berubah.

Jangan biarkan laporan uang kas dibiarkan begitu saja. Ia haruslah menjadi pedoman dalam menentukan kebijakan perusahaan itu dalam masa depan. Suoaya kinerja arus kas bisa lebih baik di masa mendatang. Demikianlah pengertian arus kas secara lengkap.

Related posts