Pengertian Brainware : Jenis, Komponen Dan Contoh

  • Whatsapp
Pengertian Brainware

Pengertian brainware akan dibahas dalam artikel ini. Pada saat membaca atau mendengar “brainware“, kamu pasti berpikir jika istilah tersebut berkaitan dengan komputer. Kamu memang tidak salah. Namun sebenarnya, apa sih pengertian dari brainware tersebut, lalu apa hubungannya dengan software dan hardware?

Pada artikel kali ini akan kami bahas secara komplit mengenai apa itu brainware. Selain itu apa hubungannya brainware dengan software dan hardware. Jika kamu penasaran, baca sampai selesai, ya.

Read More

Pengertian Brainware

Pengertian Brainware

Secara sederhana, pengertian brainware ialah orang yang mengoperasikan perangkat komputer. Atau biasa disebut, pengertian brainware merupakan seorang manusia yang mempunyai keahlian dalam mengoperasikan komputer. Pengertian brainware pun juga sering disebut sebagai perangkat intelektual yang menggunakan dan mengeksplorasi kemampuan hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak).

Pada sistem komputer, pengertian brainware adalah hal yang sangat penting serta tidak bisa dipisahkan daripada hardware dan software.  Hardware yang ada dalam komputer tak dapat dioperasikan tanpa adanya software, dan juga tanpa adanya brainware maka software juga hadware tak dapat berjalan. Jadi, ketiga untuk komponen tersebut (brainware, software, dan hardware) bisa diambil kesimpulan bahwa saling melengkapi satu sama lain.

Pada dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, brainware merupakan seseorang ataupun sekelompok orang yang mempunyai keahlian intelektual guna menjelajah jaringan tentang sistem informasi manajemen.

Secara umum, pengertian brainware di dalam sistem informasi manajemen bisnis diperlukan guna mengakses informasi yang berguna guna kelangsungan dari organisasi atau perusahaan pada hal kompetisi. Hal tersebut disebabkan sistem informasi memberikan peran yang sangat penting ketika menghadapi persaingan bebas.

Fungsi Brainware Secara Umum

Dari penjelasan mengenai pengertian brainware di atas, kita bisa tahu sejumlah fungsi dari brainware. Secara umum, fungsi dari brainware adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Programer : Tugas utama daripada programer ialah untuk merancang program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi. Selain itu, programer pun juga berperan sebagai pihak untuk menjaga keamanan dalam sebuah sistem komputer.
  • Sebagai Administrator : Seseorang yang mempunyai tugas serta keahlian dalam mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang dioperasikan di sebuah komputer ataupun jaringan pada perusahaan. Ada pula yang disebut database administrator yang bertanggung jawab langsung kepada sistem database perusahaan yang bertugas untuk mengatur, mengelola dan menyimpan sebagai arsip perusahaan yang tentunya tak boleh hilang.
  • Sebagai Operator : Operator merupakan orang yang mengoperasikan sistem operasi juga program pada perangkat komputer, contohnya merawat sistem operasi dari komputer, mempersiapkan data untuk diakses, dan yang lainnya.

Jenis-Jenis Brainware

Setelah mengetahui pengertian brainware dan fungsi brainware secara umum, pembahasan selanjutnya mengenai jenis-jenis brainware. Pengguna dari komputer (brainware) atau yang juga disebut juga dengan user, mereka dibagi dalam beberapa jenis. Untuk jenis-jenis dari brainware, bisa disimak di bawah ini:

1. Programer

Berdasarkan pengertian brainware, programer merupakan jenis brainware yang pertama. Seseorang yang mempunyai skill dan kemampuan untuk menguasai salah satu atau lebih dalam bahasa pemograman di dunia komputerisasi. Progammer memiliki tugas guna membuat dan menyiapkan program-program yang bisa mensupport sistem komputer yang akan atau sudah dirancang. Progammer penting bila saja terjadi peretasan (hack) pada database perusahaan.

2. Operator Komputer

Berdasarkan pengertian brainware, operator komputer merupakan jenis brainware yang kedua. Operator komputer merupakan seseorang yang mempunyai keahlian dalam mengoperasikan suatu sistem operasi maupun program yang terdapat di komputer. Contohnya membuat dokumen pada aplikasi Word, mengedit, menyimpan, serta yang lainnya.

3. Teknisi

Berdasarkan pengertian brainware, teknisi merupakan jenis brainware yang ketiga. Teknisi komputer merupakan seseorang yang mempunyai keah;ian dan keahlian guna merawat atau memperbaiki beragam jenis masalah yang sering dialami pada komputer. Biasanya teknisi komputer mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas mengenai trouble shooting serta yang lainnya dalam mengatasi masalah pada perangkat komputer.

4. Konsultan

Berdasarkan pengertian brainware, konsultan merupakan jenis brainware yang keempat. Seorang brainware yang mempunyai pengetahuan luas pada bidang komputerisasi tetapi biasanya tak berperan dalam menangani secara langsung, hanya berperan sebbagai penasehat yang handal. Bisnis ataupun perusahaan memerlukan komponen tersebut guna mencari solusi yang berhubungan dengan cara manajemen sistem informasi yang ideal dan meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola secara benar

5. Trainer

Berdasarkan pengertian brainware, trainer merupakan jenis brainware yang kelima. Trainer merupakan seseorang yang memiliki pengetahuan ilmu serta keahlian dan bertanggungjawab dalam memberikan pendidikan atau penagajaran untuk orang lain sesuai pada bidangnya.

6. Project Manager

Berdasarkan pengertian brainware, project manager merupakan jenis brainware yang keenam. Yakni komando atau bisa disebut pemimpin dari suatu project. Atau juga biasa disebut mandor. Di dalam sebuah bisnis pastinya terdapat sejumlah project yang dipimpin seorang project manajer. Komponen demikian sangat penting dalam bentuk pengendalian serta pengawasan.

Braiware mempunyai peranan langsung kepada keoptimalan pada hal manajemen informasi suatu bisnis yang tengah berkembang. sejumlah peran dari brainware pada bisnis antara lain:

  • Sebagai unit manajemen dalam segala hal yang berhubungan dengan database pada komputer.
  • Sebagai pengendali serta pengawasan dalam jaringan komputerisasi yang ada di perusahaan.
  • Seorang pemimpin perusahaan juga merupakan brainware, yakni sebagai otak atau CPU-nya perusahaan guna mengarahkan ke mana perusahaan akan dibawa.

7. Graphic Designer

Berdasarkan pengertian brainware, graphic designer merupakan jenis brainware yang ketujuh. Graphic designer merupakan seseorang yang mempunyai pengetahuan dan keahlian pada bidang desain grafis atau membuat objek animasi.

8. Sistem Analis

Berdasarkan pengertian brainware, sistem analis merupakan jenis brainware yang kedelapan. Seseorang yang bertanggung jawab pada perencanaan dan penelitian untuk memilih perangkat lunak juga dengan kebutuhan yang tepat di dalam organisasi bisnis atau pun perusahaan. Seorang analis perlu mempunyai keahlian semacam manajerial, teknis, analisis serta interpersonal.

9. Spesialis Jaringan

Berdasarkan pengertian brainware, spesialis jaringan merupakan jenis brainware yang kesembilan. Spesialis jaringan merupakan seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai pengetahuan dan ketrmpilan pada bidang jaringan komputer. Brainware yang satu ini bertanggungjawab kepada semua hal yang berkaitan dengan jaringan komputer.

10. Database Administrator

Berdasarkan pengertian brainware, database administrator merupakan jenis brainware yang terakhir. Database Administrator merupakan seseorang yang mempunyai pengetahuan dalam pengoperasian perangkat komputer serta bertanggungjawab kepada database dari suatu aplikasi, organisasi, dan yang lainnya.

Komponen Brainware

Didasarkan pada pengertian brainware yang telah dijelaskan pada awal pembahasan, maka bisa diambil kesimpulan bahwa pengertian brainware ialah seseorang yang mempunyai pengetahuan dan mengmengetahuienal hardware dan software dalam perangkat komputer.

Tetapi pastinya masing-masing orang mempunyai keterbatasan dalam memahami software dan hardware secara mendetail. Secara umum, brainware bisa dibagi menjadi dua komponen yang memiliki tugas untuk mengoperasikan serta mengelola setiap elemen yang ada id komputer. Beberapa komponen dari brainware adalah sebagai berikut:

1. Hardware Engineer

Berdasarkan pengertian brainware, komponen dari brainware yang pertama adalah hardware engineer. Hardware engineer ialah seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan pada bidang perangkat keras komputer. Mereka memiliki tanggungjawab pada pengembangan metode atau teknik baru untuk pembuatan hardware yang mana nantinya dapat membuat produk baru yang lebih baik daripada sebelumnya.

2. Software Enginer

Berdasarkan pengertian brainware, komponen dari brainware yang kedua adalah software engineer. Software enginer merupakan seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan pada bidang jaringan komputer. Mereka memiliki tanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan teknik-teknik baru pada bidang jaringan komputer.

Selain komponen brainware yang telah disebutkan diatas, komponen brainware juga bisa dibedakan dari platformnya, yakni sebagai berikut:

1. Berdasarkan Network Platform

Berdasarkan pengertian brainware, komponen brainware berdasarkan network platform terdiri dari 10 poin, yakni:

  • Administrator
  • Backup Operator
  • Network Config Operator
  • Replicator
  • Remote Desktop User
  • User
  • Guest
  • Power User
  • Debugger User
  • Help Service Group.

2. Berdasarkan Web Platform

Berdasarkan pengertian brainware, komponen brainware berdasarkan web platform terdiri dari 3 poin, yakni:

  • Analisis Sistem
  • Programer
  • Operator

Di dalam setiap perusahaan, komponen dari brainware mesti selalu ada untuk upaya dalam menuju keteraturan sistem informasi manajemen. Sistem informasi yang baik akan mebmberikan hasil mengenai informasi-informasi yang bermanfaat kepada perkembangan perusahaan dan keamanannya.

Contoh Brainware

Berdasarkan pengertian brainware yang sudah dijelaskan diatas. Kalian pasti penasaran seperti apa contoh dari brainware itu sendiri. Contoh dari Brainware dapat kamu ketahui di bawah ini:

1. Netter

Berdasarkan pengertian brainware, netter termasuk contoh dari brainware. Netter merupakan para pengguna internet yang mengeksplorasi web guna mencari informasi. Netter dapat merupakan seorang individiu, sekelompok orang, maupun organisasi tertentu. Contohnya, yakni kegiatan browsing yang dioperasikan seseorang pada Google guna mencari informasi yang dengan memanfaatkan kata kunci tertentu.

2. EDP Department

Berdasarkan pengertian brainware, EDP Department termasuk contoh dari brainware. Banyak perusahaan yang menyebut dengan Departemen IT (Informasi Teknologi). EDP Department atau Pengolah Data yakni yaitu penggunaan suatu metode otomatis dalam mengolah data komersial di suatu perusahaan.

3. Network System

Berdasarkan pengertian brainware, network system termasuk contoh dari brainware. Ini adalah sebuah jenis sistem operasi yang bertujuan guna menangani suatu jaringan komputer. Biasanya sistem operasi ini memiliki banyak layanan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan untuk pengguna komputer, semacam;

  • DNS service
  • HTTP service
  • Layanan berbagai berkas
  • Layanan alat pencetak (printer)

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami mengenai Pengertian Brainware. Bisa sedikit kita ambil kesimpulan bahwa Brainware merupakan seseorang yang memiliki pengetahuan dan keahlian pada bidang komputerisasi. Untuk hubungannya dengan software dan hardware, tanpa adanya brainware maka kedua komponen tersebut tidak dapat dijalankan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel-artikel lainnya dalam web ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 764

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts