Pengertian BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

  • Whatsapp
Pengertian BUMN
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Pengertian BUMN (Badan usaha milik negara) adalah suatu badan yang menyelenggarakan usaha yang modalnya mayoritas atau semuanya dipunyai oleh negara. Itulah pengertian BUMN berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2003.

Negara mempunyai kepentingan tertentu untuk mendirikan BUMN. Yang paling utama adalah memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, dengan penyertaan modal yang dimilikinya kemudian mendirikan badan usaha milik negara.

Read More

Setelah mengetahui pengertian BUMN, secara lebih mudahnya adalah badan usaha milik negara merupakan aset bagi negara. Yang dikuasai sepenuhnya oleh negara. Sedangkan badan usaha milik swasta dimiliki oleh kalangan perseorangan atau lembaga swasta.

Badan usaha milik negara memiliki keistimewaan tersendiri yaitu sahamnya dimiliki oleh pemerintah. Sehingga kinerja dan manajemen BUMN seringkali dicampuri dengan kepentingan pemerintah saat ini.

Negara Indonesia mempunyai potensi kekayaan yang sangat besar. Baik berupa kekayaan di laut, udara maupun darat. Semua itu memerlukan pengelolaan yang baik dan benar. Oleh sebab itu, dibentuklah berbagai Badan Usaha Milik Negara untuk mengelola potensi kekayaan alam yang besar itu untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Seiring dengan kemajuan jaman, badan usaha milik negara dikelola secara profesional dan profitable. Gaji para karyawan dan pimpinannya lumayan besar. Bahkan melebihi standar UMR yang ada. Inilah yang membuat kebanggaan tersendiri bagi orang yang bekerja di sebuah perusahaan BUMN. Selain mengetahui pengertian BUMN, artikel ini menjelaskan tentang ciri-ciri BUMN.

Ciri Ciri Badan Usaha Milik Negara

Pengertian BUMN

Namun dapatkah anda membedakan antara perusahaan BUMN dan mana yang bukan? Berikut ini ciri-ciri badan usaha milik negara, antara lain :

1.Memberikan pendapatan kepada negara. Inilah yang disebut BUMN merupakan aset negara yang harus dijaga dengan baik.

2.Dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah

3.Non profit atau tidak berorientasi pada keuntungan semata. Tapi semata-mata berorientasi untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat secara luas. Mencari profit diperbolehkan semata-mata dengan memperhatikan kesejahteraan masyarakat

4.Karena dimiliki oleh negara maka negara mempunyai kekuasaan mutlak untuk mengelola BUMN berdasarkan kebijakannya

5.Segala resiko kerugian maupun prospek di masa depan menjadi tanggungjawab pemerintah

6.Modal usaha yang dimiliki oleh BUMN berasal dari pemerintah yang sudah dipisahkan. Baik itu berasal dari bantuan modal asing maupun kekayaan negara

7.Mayoritas saham dikuasai oleh pemerintah minimal 51 persen.

Peranan dan Contoh BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

Peranan badan usaha milik negara sangat penting bagi bangsa dan negara Indonesia. Salah satu contohnya adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam melayani kebutuhan listrik secara nasional. Kemudian ada perusahaan Bio Farma yang melayani kebutuhan vaksin secara nasional dan internasional.

Pada dasarnya bentuk atau jenis badan usaha milik negara terdiri dari dua kategori, yaitu :

Badan Usaha Milik Negara Bentuk Perseroan Terbatas

1.PT Jamsostek,

2.PT Kimia Farma,

3.PT Pertamina

4.PT Garuda Indonesia

5.PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

6.PT Adhi Karya tbk

7.PT Krakatau Steel tbk

8.PT Pindad

9.PT Kereta Api Indonesia (KAI)

10.PT Garam

11.PT Balai Pustaka

12.Dan lain sebagainya.

Badan Usaha Milik Negara Bentuk Perusahaan Umum

Untuk badan usaha milik negara dalam bentuk Perusahaan Umum (Perum), antara lain :

1.Perum Percetakan Uang Republik Indonesia,

2.Perum Bulog,

3.Perum Balai Pustaka,

4.Perum Pegadaian,

5.Perum Pos Indonesia,

6.Perum Dinas Angkutan Motor Republik Indonesia (Damri),

7.Perum Perumahan Umum Nasional (Perumnas)

8.Perum Antara

9.Perum Jasatirta

10.Dan lain-lain.

Dengan demikian sangat jelas, peranan BUMN bagi negara sebagai penyumbang pemasukan uang negara. Sedangkan bagi masyarakat Indonesia sebagai perusahaan yang melayani kebutuhan rakyat terhadap berbagai jasa dan barang. Dan orientasinya untukkemakmuran rakyat bukan hanya orientasi keuntungan.

Pada tahun 2001, badan usaha milik negara yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dibawah kendali Kementerian BUMN. Pemerintah membentuk Kementerian BUMN secara mandiri mengingat betapa pentingnya badan usaha ini untuk dikelola secara baik dan profesional dalam rangka menopang ekonomi bangsa dan negara Indonesia.

Pada jaman Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, Menteri BUMN dijabat oleh Bapak Dahlan Iskan. Sedangkan pada jaman Joko Widodo, Menteri BUMN ditempati oleh Rini Soemarno.

Pemasukan kas negara yang didapatkan dari BUMN dipergunakan untuk berbagai kepentingan. Seperti untuk membiayai penyelenggaraan negara, membayar administrasi dan membayar utang pemerintah.

Kelebihan Badan Usaha Milik Negara

Yang menjadi keunggulan atau kelebihan BUMN dibandingkan perusahaan swasta jelas sangat nyata, antara lain :

1.Perusahaan BUMN umumnya menguasai semua bidang yang sangat penting bagi kehidupan rakyat Indonesia. Seperti kebutuhan listrik dilayani oleh PT PLN. Untuk kebutuhan obat-obatan dilayani oleh PT Kimia Farma

2.Support langsung dari pemerintah

Keberlangsungan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan BUMN mendapatkan sokongan pemerintah. Sehingga dapat berkembang lebih besar dalam segi pasar maupun bantuan keuangan yang sangat besar

3.Pemerintah akan sangat memperhatikan keberadaan badan usaha milik negara. Karena badan usaha ini merupakan penyumbang pemasukan negara selain dari hasil ekspor minyak dan gas serta pajak.

Kekurangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kelebihan badan usaha milik negara tak terlepas dari sedikit kekurangannya yang perlu diketahui. Berikut ini beberapa kekurangan perusahaan BUMN, antara lain :

1.Terkadang manajemen BUMN dikelola secara tak profesional dan ketinggalan jaman. Hal ini dikarenakan orientasinya bukan untuk kepentingan profit. Tapi kemakmuran rakyat. Bahkan pimpinan direksinya mungkin saja tak ahli dalam bidangnya. Karena ditunjuk langsung oleh pemerintah.

2.Monopoli. Seringkali sektor usaha yang digeluti oleh BUMN membuat terjadinya monopoli pasar. Misalkan PT PLN yang bergerak dalam pelayanan listrik nasional

3.Merugi. Sebagian perusahaan BUMN mengalami kerugian disebabkan manajemen yang kurang profesional.

Fungsi Perusahaan BUMN

Dalam tatanan kehidupan bangsa dan negara Indonesia, fungsi badan usaha milik negara sangat banyak, antara lain :

1.Memproduksi barang-barang fisik dan jasa yang mempunyai nilai ekonomi tinggi yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia

Seringkali perusahaan swasta tidak masuk dalam sektor usaha yang sangat vital. Di sinilah peran perusahaan BUMN untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap suatu produk barang dan jasa yang vital. Misalkan kebutuhan air dan listrik maupun gas.

2.Penopang perekonomian bangsa dan negara

Fungsi perusahaan BUMN juga untuk menopang perekonomian masyarakat Indonesia. Dengan diciptakannya lapangan kerja baru bagi para karyawannya dan mendukung perkembangan usaha mikro, kecil dan koperasi di tanah air dengan program CSR. Selain itu penopang ekonomi negara. Pemerintahan dapat berjalan baik dengan sokongan bantuan pemasukan dari perusahaan badan usaha milik negara.

3.Perintis

Terkadang perusahaan BUMN menjadi pelopor perusahaan yang bergerak dalam bidang yang tak disukai banyak perusahaan swasta. Namun terkadang itu justeru sangat menguntungkan.

Manfaat Perusahaan BUMN

Kehadiran BUMN di tanah air sangatlah besar bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. Seperti menciptakan lapangan kerja baru, melayani kebutuhan vital bagi masyarakat, mencegah terjadinya monopoli oleh perusahaan swasta, dan meningkatkan penghasilan negara.

Dengan adanya perusahaan BUMN yang tersebar di berbagai wilayah tanah air menjadikan keuntungan tersendiri bagi bangsa dan negara Indonesia. Terutama bagi masyarakat untuk bisa hidup lebih sejahtera dan makmur.

Related posts