Pengertian Dana Akumulasi Secara Garis Besar

  • Whatsapp
Pengertian Dana Akumulasi 2
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Di pagi hari yang dingin ini, penulis akan menulis artikel pengertian dana akumulasi. Tema ini sangat jarang dibahas di dalam situs nasional maupun internasional. Padahal topik ini begitu penting. Mengingat banyak sekali usaha mikro, kecil dan usaha menengah di Indonesia yang membutuhkan suntikan modal usaha untuk mengembangkan perusahaannya.

Untuk memahami dana akumulasi harus dimulai dari hal paling dasar yaitu pengertian dana akumulasi secara bahasa dan istilah. Secara bahasa, dana akumulasi terdiri dari dua kata yakni dana berarti uang. Dan akumulasi yang artinya gabungan. Sehingga arti dana akumulasi adalah dana yang telah terkumpul dari berbagai sumber pembiayaan.

Read More

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata akumulasi adalah penghimpunan, penimbunan atau pengumpulan. Dari kata akumulasi muncul kata turunan mengakumulasi yang berarti menghimpun atau mengumpulkan uang, dana modal dan laba.

Dana akumulasi tak terlepas dari kegiatan crowdfunding. Sebab dengan kegiatan inilah dana akumulasi dapat diperoleh. Bagi orang yang belum mengenalnya, crowdfunding adalah suatu aktifitas yang dilakukan dalam rangka menggalang dana bagi suatu pembiayaan proyek, bisnis dan usaha yang berguna bagi masyarakat luas.

Pengertian Dana Akumulasi 1

Seiring dengan kemajuan teknologi yang ada membuat berbagai perubahan dalam kehidupan manusia. Perubahan ke arah yang lebih baik dan sangat berguna bagi negara berkembang seperti Indonesia. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan kesejahteraan manusia secara menyeluruh.

Pemanfaatan teknologi digunakan dalam suatu perusahaan untuk memajukan perusahaan. Hal ini menjadi lumrah diterapkan di seluruh perusahaan. Namun terkadang penerapan teknologi dalam suatu bisnis memerlukan modal keuangan yang sangat besar. Hl inilah yang terkadang membuat suatu usaha sulit berkembang dikarenakan ketiadaan dana untuk membeli peralatan canggih.

Dana menjadi bagian yang sangat penting dalam keberadaan suatu bisnis. Tanpa adanya dana yang mencukupi rasanya sulit untuk membuka suatu usaha. Oleh sebab itulah, banyak calon pengusaha sebelum memulai usaha bertindak untuk mendapatkan modal usaha yang memadai.

Ketiadaan dana dalam memulai suatu usaha adalah masalah yang kerap dialami oleh calon pengusaha pemula. Namun hal tersebut bisa disikapi secara bijak dengan mengumpulkan modal usaha dari berbagai sumber. Sehingga mempunyai dana akumulasi yang mencukupi untuk membuka suatu bisnis.

Pengumpulan dana usaha akan semakin mudah jika dilakukan dengan teknik crowndfunding atau penghimpunan dana bersama. Inilah jalan keluar terbaik bagi anda yang tidak memiliki uang namun ingin membuka suatu usaha atau ingin mengembangkan bisnis ke arah yang lebih luas lagi.

Pengertian Dana Akumulasi Secara Garis Besar

Makna dan pengertian dana akumulasi adalah dana yang terkumpul dari banyak orang. Arti banyak orang adalah lebih dari satu. Bisa berupa perorangan maupun lembaga dan kelompok. Di tengah jaman modern saat ini, penghimpunan dana bagi proyek atau usaha dapat dilakukan secara online yaitu menggunakan crowdfund.

Sebuah penggalangan dana akumulasi yang disebut crowdfund mempunyai ciri berikut ini, antara lain:

  1. Penentuan jumlah dana akumulasi yang dibutuhkan. Sehingga jelaslah berapa uang yang harus dikumpulkan sampai batas waktu yang ditentukan
  2. Penentuan sumber dana bisa dari perorangan ataupun lembaga yang jumlahnya lebih dari satu orang atau organisasi di dalam negeri ataupun luarnegeri
  3. Penentuan jangka waktu. Penggalangan dana umumnya ditentukan dalam masa tertentu. Misalkan 60 hari atau 4 bulan. Hal tersebut bisa diperpanjang sampai dana akumulasi terkumpul dalam jumlah yang diperlukan.
  4. Crowdfund umumnya dilakukan secara online. Hingga dapat diakses oleh semua kalangan dari dalam negeri dan luarnegeri. Mereka semua bisa menyumbang uang mereka
  5. Menggambarkan secara detail kegiatan projek yang akan dilakukan. Yang tentu saja bermanfaat bagi masyarakat luas. Yang mencakup : manfaat dan tujuan projek serta pemanfaatan dana secara detail. Sehingga masyarakat dunia tertarik untuk menyumbangkan sebagian uangnya untuk kegiatan amal dan komersil tersebut.

Teknik pembiayaan sebuah usaha atau proyek menggunakan crowdfunding sangat tepat. Karena sistem ini membebankan kepada banyak orang untuk memberikan sumbangan uang. Sehingga perorang bisa menyumbangkan uang dalam jumlah kecil. Akumulasi uang nominal kecil akan menjadi besar jika dalam jumlah banyak.

Cara mendapatkan dana akumulasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain :

Pengertian Dana Akumulasi 2

Pre Order

Penghimpunan dana bersama dapat dilakukan memakai sistem pre order. Dengan menawarkan sejumlah paket untuk dibeli konsumen. Pembayaran dapat dilakukan lewat sistem transfer. Sehingga dari penjualan paket dapat memenuhi angka nominal uang yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek atau usaha.

Donasi

Untuk menghimpun dana untuk pembiayaan proyek dan usaha dapat dilakukan dengan sistem donasi. Dimulai dari penjelasan projek yang akan dilakukan, tujuan, manfaat dan anggaran keuangan yang dibutuhkan. Hal tersebut harus dibuat semenarik mungkin. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian informasi yang lengkap mengenai menerima donasi melalui berbagai cara yang mudah.

Penggalangan dana dengan pinjaman

Untuk penggalangan dana untuk modal usaha dapat dilakukan dengan meminjam kepada anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, sahabat, teman, rekan kerja sampai kenalan. Sehingga dana bersama dapat diperoleh dalam jumlah besar atas dasar patungan.

Dana hibah atau investasi

Pengumpulan dana bersama dapat dilakukan dengan cara mendapatkan bantuan hibah modal usaha dari lembaga pemerintah. Seperti dinas tenaga kerja, dinas sosial, kementerian Pendidikan dan Dinas Pertanian.

Sesuai pribahasa : “Ringan sama dijinjing.Berat sama ditanggung”. Dalam arti, pekerjaan berat jika dilakukan bersama-sama akan terasa ringan. Di tengah semakin banyaknya jumlah pengangguran maka membuka usaha layak jadi pertimbangan. Namun ketiadaan modal uang seringkali jadi hambatan.

Dalam bahasa Indonesia belum ada padanan kata yang tepat untuk menggambarkan crowdfunding. Hanyalah sebatas pendanaan projek secara bersama-sama atau patungan.

Dalam arti sebuah projek bisnis atau sosial yang dibiayai oleh masyarakat umum, organisasi maupun lembaga. Sekarang dengan adanya crowdfund maka usaha apapun dapat dijalankan dengan modal usaha patungan.

Pengertian Dana Akumulasi 3

Penggunaan dana akumulasi diperlukan ketika seseorang hendak membangun bisnis modal besar. Misalkan seseorang hendak membuka usaha minimarket Indomaret. Pastinya diperlukan biaya investasi yang lumayan besar. Yang meliputi : penyediaan lokasi usaha yang strategis di pinggir jalan, membayar biaya investasi keanggotaan, dan lain-lain.

Untuk biaya investasi membuka minimarket dikenakan biaya Rp 900 juta. Jika anda hanya mempunyai modal uang sebesar Rp 100 juta maka dana anda tidak mencukupi untuk membuka bisnis minimarket ini.

Jalan keluar terbaik adalah melakukan patungan dana modal bersama sanak kerabat tercinta. Misalkan anda mempunyai 10 orang kerabat maka satu orang diminta dana sebesar Rp 100 juta sehingga tercapai dana sebesar Rp 1 milyar.

Manfaat pengumpulan dana bersama sangat bermanfaat bagi kalangan karyawan kreatif, pengusaha pemula, pebisnis muda, pebisnis start up dan wirausaha kecil serta kalangan yang mempunyai modal usaha minim. Masalah mereka yang selama ini selalu menjerat yakni ketiadaan modal uang dapat terselesaikan secara baik.

Demikianlah pengertian dana akumulasi yang menarik untuk dibahas selanjutnya. Istilah ini begitu populer di luar negeri dan sangat cocok di terapkan di Indonesia ditengah banyak UMKM yang kesulitan dalam segi pendanaan dan keuangan.

Related posts