Pengertian Dana Bebas : Arti dan Manfaat

  • Whatsapp
Pengertian Dana Bebas - Arti dan Manfaat 1
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Pengertian dana bebas adalah dana yang bebas dipergunakan untuk apa saja. Dana ini dapat dipakai oleh individu maupun lembaga. Untuk lembaga pemerintahan, dana bebas disebut juga dengan dana hibah yang diperuntukan untuk kegiatan sosial. Sedangkan dana bebas untuk kalangan perorangan biasanya dipergunakan untuk kebutuhan investasi. Seperti saham, reksadana, emas, deposito, dan bentuk investasi lainnya.

Dana bebas disebut juga uang dingin. Ia sebagai uang sisa dari penghasilan bulanan. Biasanya gaji bulanan dianggarkan dalam beberapa pos keuangan. Seperti kebutuhan rumahtangga bulanan, biaya pendidikan, investasi, dana rekreasi dan kebutuhan lainnya. Sedangkan setelah semua dapat terpenuhi maka tersisa dana bebas. Biasanya dana bebas dipergunakan untuk sarana investasi.

Read More

Pengertian Dana Bebas

Pengertian Dana Bebas - Arti dan Manfaat 1

Investasi merupakan penyaluran dari dana bebas. Yang sifatnya menanamkan sejumlah uang untuk diambil keuntungan di masa depan. Ada banyak bentuk investasi yang bisa dilakukan dari dana bebas. Namun pilihlah jenis investasi yang aman dan bebas resiko.

Penyaluran dana bebas untuk kepentingan investasi sangat bermanfaat. Supaya ia cepat bebas finansial. Salah satu bentuk investasi yang baik adalah pendidikan. Dengan pendidikan yang tinggi diharapkan seseorang di masa datang akan mendapatkan pekerjaan bergaji besar dan penghasilan tinggi.

Untuk mendapatkan dana bebas pastikan anda sudah dapat memenuhi kebutuhan utama sehari-hari. Dan memastikan pendapatan lebih besar ketimbang pengeluaran. Untuk mengetahui dana bebas yang anda miliki maka anda bisa mengecek sendiri kondisi keuangan anda.

Dana bebas yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan individu sangat berlainan. Untuk dana bebas yang dimiliki kalangan perusahaan atau lembaga nominalnya sangat besar bisa mencapai milyaran rupiah. Sedangkan bagi kalangan individu bisa kurang dari itu.

Penggunaan dana bebas untuk kepentingan investasi tak lain adalah untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Pemakaian dana bebas untuk konsumsi hanyalah akan menghabiskan uang dalam waktu singkat dan tak produktif.

Dana bebas yang dipergunakan untuk hal produktif atau investasi dengan cara membeli suatu aset. Dan aset tersebut akan menghasilkan keuntungan secara rutin dan terus menerus. Keuntungan lainnya dari penggunaan dana bebas untuk membeli aset atau investasi adalah nilai investasi akan semakin meningkat.

Misalkan anda mempunyai dana bebas sejumlah Rp 250 juta. Kemudian anda belanjakan untuk membeli satu unit rumah di lokasi strategis seharga Rp 250 juta. Satu tahun kemudian rumah itu dijual kembali dan harganya naik menjadi Rp 300 juta. Berarti anda memperoleh keuntungan sebesar Rp 50 juta pertahun.

Dana bebas pun bisa disalurkan dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN). Dimana sobat meminjamkan uang kepada negara. Dan negara akan mengembalikan dana bebas yang telah disimpan dalam SUN dalam bentuk pengembalian beserta bunga.

Berikutnya saham dapat menjadi saluran dalam penggunaan dana bebas. Sebuah perusahaan membutuhkan dana yang lebih banyak untuk mengembangkan perusahaannya. Dengan menanamkan uang anda pada usaha tersebut berarti anda membantu mengembangkan perusahaan sambil mendapatkan laba. Keuntungannya berupa deviden.

Penggunaan dana bebas untuk keperluan investasi memiliki resiko tersendiri. Sebab yang namanya investasi mempunyai tingkat resiko tersendiri. Dari resiko kerugian sangat tinggi, sedang dan kecil. Jika anda memilih investasi resiko rendah seperti deposito maka imbal hasilnya akan lebih kecil. Sebaliknya jika anda memilih investasi resiko tinggi maka kemungkinan terjadinya resiko kerugian sangat besar. Bahkan anda bisa kehilangan uang anda dalam waktu singkat.

Semakin anda mempunyai dana bebas yang besar maka semakin besar dan cepat anda untuk meraih kebebasan finansial. Begitu sebaliknya, jika anda mempunyai dana bebas yang sangat kecil maka anda bisa meraih kebebasan finansial dalam waktu lama.

Manfaat Dana Bebas

Pengertian Dana Bebas - Arti dan Manfaat 2

Hidup adalah pilihan. Anda bisa menghabiskan dana bebas yang anda miliki untuk kepentingan konsumtif maupun produktif. Namun orang kaya berfokus pada penggunaan dana bebas untuk keperluan investasi jangka pendek, menengah dan panjang.

Dalam sebuah investasi pastinya memiliki resiko tersendiri. Resiko rugi dan untung adalah dua sisi yang berbeda. Yang kemungkinan bisa terjadi pada setiap investasi. Jika anda ingin merasakan kenyamanan maka anda bisa memilih investasi yang aman walaupun dengan return kecil. Seperti deposito, emas, dan lain-lain.

Untuk anda yang menempatkan dana bebas pada sektor investasi emas maka keuntungan akan didapatkan pertahun. Seiring dengan kenaikan harga emas dari tahun ke tahun. Bagi anda yang memilih investasi deposito maka laba bulanan akan anda peroleh secara rutin.

Dana bebas pun dapat diinvestasikan dalam sektor bisnis. Anda mendirikan suatu bisnis atas modal dana bebas yang tersedia. Dengan keuntungan bisnis tersebut akan membuat dana bebas semakin besar.

Resiko kerugian investasi dari dana bebas bisa dikelola secara baik dengan manajemen resiko yang tepat. Salah satu caranya dengan melakukan garansi atau jaminan berupa asuransi. Selain itu, anda dapat melakukan diversifikasi investasi.

Pemakaian dana bebas dalam dunia investasi haruslah mempunyai target tertentu.Misalkan penggunaan dana bebas akan mampu menghasilkan pasif income rutin sebesar 100 juta rupiah perbulan dalam masa dua tahun dari sekarang. Sehingga penghasilan pasif semakin bertambah dari hari ke hari. Dan jumlah dana bebas yang anda miliki terus bertambah besar.

Bagi anda yang memiliki dana bebas sangat bagus untuk menginvestasikan dana tersebut sedini mungkin. Supaya hidup anda sejahtera sedini mungkin. Ketimbang menyimpannya dalam rekening tabungan yang bagi hasil sangat kecil.

Cara Penggunaan nya

Pengertian Dana Bebas - Arti dan Manfaat 3

Selain pengertian dana bebas, kami juga akan membahas cara penggunaan dana bebas untuk investasi sangat mudah. Ada banyak sumber informasi yang bisa anda dapatkan melalui internet maupun buku atau pengalaman para investor yang sukses. Di tengah jaman yang canggih ini sangat mudah bagi anda untuk menempatkan dana bebas dalam sektor investasi. Seperti properti, saham dan emas.

Berapa besar pun nominal dana bebas yang anda miliki maka anda bisa tetap melakukan investasi. Sebab investasi ada yang bisa dimulai dari modal kecil hingga besar.

Selain untuk keperluan investasi, dana bebas dapat digunakan untuk kepentingan amal atau sosial. Seperti memberikannya kepada kalangan tak mampu, anak yatim piatu, modal usaha bagi masyarakat miskin dan lain sebagainya.

Salah satu dana bebas yang dimiliki oleh pemerintah adalah dana hibah. Dana hibah yaitu suatu pemberian dari pemerintah kepada masyarakat luas dalam bentuk materi uang maupun barang. Berbagai kementerian dan dinas mengalokasikan dana bebas hibah untuk masyarakat luas.Seperti dinas tenaga kerja, dinas sosial dan lain-lain.

Penerima dana bebas dari pemerintah tidaklah mengikat. Semua adalah bersifat bebas. Sang penerima dana hibah gratis bebas membelanjakan uang tersebut. Namun untuk menerima dana bebas dari pemerintah biasanya diikuti syarat-syarat tertentu. Misalkan telah mengikuti program pelatihan usaha dari pemerintah atau dinas terkait.

Pemberian dana bebas pun dapat juga dilakukan oleh BUMN sebagai bagian dari kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Seperti pembiayaan dana bebas untuk memajukan perekonomian masyarakat sekitar.

Demikian pengertian dana bebas berdasarkan pemahaman penulis. Mudah-mudahan dapat bermanfaat  sebagai sumber referensi berharga bagi anda sekalian.

Related posts