Pengertian Demografi : Variabel, Tujuan Dan Manfaat

  • Whatsapp
Pengertian Demografi

Pengertian demografi akan dibahas dalam artikel ini. Pernahkah kamu sewaktu tengah belajar di Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas mendengar kata dari “Demografi”? jika iya apakah kamu sudah paham mengenai arti dan seluk beluknya?

Nah pada kesempatan kali ini, akan kami bahas mengenai demografi secara lengkap, apa apa saja yang perlu diketahui dalam demografi mengenai pengertian sampai dengan manfaat yang bisa di dapatkan. Jika kamu penasaran, simak artikel kami sampai selesai, ya!

Read More

Pengertian Demografi

Pengertian Demografi

Apa sih yang dimaksud dengan demografi? Secara umum, pengertian demografi ialah suatu ilmu yang mempelajari mengenai populasi manusia pada suatu daerah, yang mana di dalamnya mengandung informasi tentang jumlah, persebaran wilayah, kepadatan, struktur usia, angka kelahiran dan kematian, mobilitas sosial, juga semua variabel sosial yang lain.

Untuk etimologisnya, istilah dari “demografi” memiliki asal kata dari bahasa Yunani yakni “demos” yang berarti rakyat atau penduduk, dan “graphein” yang berarti menggambar atau melukis. Sehingga pengertian demografi bisa dipahami sebagai gambaran tentang penduduk yang memberi cakupan sampai jumlah, perkawinan, kelahiran, kematian, dan migrasi.

Demografi pun juga mempelajari tentang berbagai macam perubahan komposisi dan dinamika penduduk pada suatu daerah. Maka dengan demikian, demografi bisa dimanfaatkan untuk alat analisis penduduk pada suatu daerah dengan berdasar beragam kriteria, contohnya saja suku, ras, kewarganegaraan, agama, serta pendidikan.

Pengertian Demografi dari Para Ahli

Supaya kamu lebih paham mengenai pengertian demografi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli di bawah ini:

1. George W. Barclay

Menurut George W. Barclay, pengertian demografi ialah suatu cabang ilmu yang memberikan gambaran mengenai penduduk di suatu daerah dalam bentuk statistika. Selain itu, demografi juga mempelajari tentang bagaimana tingkah laku penduduk secara komprehensif.

2. Johan Sussmilch

Menurut Johan Sussmilch (dalam Iskandar; 1994), pengertian demografi merupakan ilmu yang belajar tentang hukum tuhan yang berkaitan dengan perubahan-perubahan dalam umat manusia yang terlibat mulai dari jumlah kelahiran, kematian, dan pertumbuhannya.

3. Achille Guillard

Menurut Achille Guillard (1855), pengertian demografi ialah ilmu yang mempelajari mengenai keadaan dan sikap manusia yang bisa diukur, yakni tentang perubahan secara umum, fisiknya, peradabannya, intelektualitasnya, serta kondisi moralnya.

4. David V. Glass

Menurut David V. Glass (1953), pengertian demografi merupakan suatu studi penduduk dari akibat pengaruh proses demografi, yakni fertilitas, mortalitas, dan migrasi.

Variabel Demografi

Berdasarkan pengertian demografi yang telah dijelaskan diatas. Pada dasarnya terdapat banyak sekali variabel yang bisa dihubungkan dengan demografi. Akan tetapi, secara umum terdapat sejumlah variabel yang bisa digunakan guna memberikan gambaran mengani dinamika sosial pada suatu wilayah tertentu. Apa saja variabel demografi tersebut? Berikut di bawah ini:

1. Angka Kelahiran (Fertilitas)

Berdasarkan pengertian demografi, variabel demografi pertama adalah angka kelahiran (fertilitas). Angka kelahiran ini berkaitan juga mengenai jumlah kelahiran bayi yang hidup. Tetapi, tidak jarang pula tingkat fertilitas diukur dari jumlah anak dari setiap pasangan

2. Angka Kematian (Mortalitas)

Angka kematian pada setiap daerah pastinya memiliki statistik yang berbeda-beda, tergantung berbagai faktor yang bisa memberikan pengaruh terhadapnya. Tetapi, tidak semua kejadian kematian dicatat di dalam demografi, contohnya keguguran. Melalui tingkat mortalitas, bisa diketahui tentang tingkat kesejahteraan serta kesehatan penduduk pada suatu daerah.

3. Perkawinan

Berdasarkan pengertian demografi, variabel demografi ketiga adalah perkawinan. Jumlah perkawinan ialah faktor yang bisa memberikan pengaruh dalam angka kelahiran dan perubahan dari jumlah penduduk. Atau bisa dikatakan juga bahwa semakin besar angka perkawinan maka akan berefek terhadap kenaikan dari tingkat fertilitas.

4. Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial ialah perubahan atau pergeseran posisi status sosial seseorang di dalam masyarakat. Perubahan status sosial tersebut dapat horizontal ataupun vertikal, contohnya dari seorang yang pengangguran berubah menjadi pengusaha sukses karena buah dari kerja kerasnya.

5. Migrasi

Migrasi ialah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah yang lain, baik untuk hanya tinggal sementara ataupun pada jangka waktu yang lama. Kegiatan dari migrasi bisa dibagi menjadi dua, yakni;

  • Migrasi Internasional, yakni perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara yang lain (imigrasi, emigrasi).
  • Migrasi Nasional; perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah yang lain dengan lingkup satu negara saja(transmigrasi, urbanisasi).

6. Pendidikan

Berdasarkan pengertian demografi, variabel demografi yang terakhir adalah pendidikan. Masyarakat yang ada di masing-masing daerah pastinya mempunyai tingkat pendidikan yang berbeda-beda. Dengan perbedaan dari tingkat pendidikan tersebut mengakibatkan perbedaan pula dalam hal kebutuhan serta konsumsi dari berbagai produk yang dibutuhkan guna menunjang pendidikan. Contonya : suatu daerah dengan penduduk terbesarnya merupakan kalangan mahasiswa naka akan membutuhkan laptop, sedangkan untuk daerah yang lain tidak.

Tujuan Demografi dan Penggunaannya

Penggambaran dari kondisi masyarakat pada suatu daerah pastinya mempunyai tujuan tertentu. Dengan mengacu dari pengertian demografi di atas, adapun sejumlah tujuan demografi ialah sebagai berikut:

  • Untuk menjelaskan tentang perkembangan dari penduduk pada suatu daerah, entah itu mengenai pertumbuhan di masa lalu, tingkat perkembangannya, tingkat persebaran, dan lain sebagainya
  • Supaya mampu mempelajari tentang tingkat kuantitas serta distribusi penduduk pada suatu daerah tertentu.
  • Supaya bisa memberi prediksi mengenai tingkat pertumbuhan penduduk pada suatu daerah di masa depan dan berbagai mcam kemungkinan konsekuensinya.
  • Agar bisa menemukan hubungan tentang sebab-akibat yang ada antara pertumbuhan penduduk dengan aspek-aspek organisasi sosial yang ada pada masyarakat.

Manfaat Demografi

Dengan pengertian demografi yang sudah dijelaskan di atas, tentunya demografi pastinya bakal memberikan beberapa manfaat terhadap banyak pihak. Adapun beberapa manfaat dari demografi ayang bisa diambil ialah sebagai berikut:

  • Membantu pemerintah guna mengevaluasi kinerja dari pembangunan dengan melihat komposisi penduduk yang ada pada masa lalu dan masa sekarang, juga berbagai macam faktor yang mempengaruhinya.
  • Membantu pemerintah di dalam membuat rancangan pembangunan pada berbagai bidang, entah itu bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan bidang yang lainnya.
  • Memberikan informasi tentang tingkat perkembangan ekonomi pada suatu daerah atau negara, yakni dengan meniliki jumlah lapangan pekerjaan, jumlah dari masyarakat yang bekerja, dan yang lain sebagainya.
  • Memberikan informasi tentang tingkat kesejahteraan serta tingkat harapan hidup rata-rata penduduk pada suatu daerah ataupun negara.

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami mengenai Pengertian Demografi. Sedikit bisa kit ambil kesimpulan bahwa demografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang populasi manusia pada suatu daerah. Yang mana banyak digunakan untuk pembangunan dan perencanaan yang lain yang terkait dengan ekonomi dan sosial.

Terima kasih telah membaca artikel “Pengertian Demografi : Variabel, Tujuan Dan Manfaat” . Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel-artikel yang lain dalam web ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 798

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts