Pengertian Demokrasi: Definisi dan Fungsinya

  • Whatsapp
Pengertian Demokrasi

Pengertian demokrasi adalah satu satu pokok bahasan yang diberikan pada mata pelajaran IPS pada bangku SMP. Dan dipelajari lebih lanjut pada bangku SMA dan universitas. Bagi anda yang membutuhkan referensi tentang demokrasi maka anda dapat mencarinya di google search maupun membaca artikel ini. Karena pada tulisan ini akan dijelaskan pengertian demokrasi secara istilah dan bahasa.

Pengertian Demokrasi Menurut Bahasa

Pengertian Demokrasi

Read More

Menurut bahasa, kata demokrasi berasal dari dua akar kata yang berasal dari Bahasa Yunani yaitu demos dan kratos. Pengertian demos adalah rakyat. Sedangkan kratos adalah kekuasaan atau wewenang. Dengan demikian, demokrasi adalah kekuasaan dari rakyat dan untuk rakyat. Dalam hal ini kekuasaan rakyat yang sangat luas meliputi aspek ekonomi, politik, budaya dan sosial.



Pengertian Demokrasi Secara Umum Istilah

Sementara itu, pengertian demokrasi secara istilah adalah suatu sistem pemerintahan yang dijalankan melalui partisipasi rakyat. Sesuai tujuan politik negara untuk menciptakan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya maka pemerintah mengikutsertakan rakyat. Rakyat diberikan kebebasan dalam berpolitik dan mengambil keputusan.




Setiap warga negara berhak menentukan kebijakan pemerintahan. Rakyat dilibatkan dalam proses penentuan kebijakan negara dan pemerintahan. Sehingga pemerintah bersama rakyat bahu membahu secara aktif dalam membangun bangsa dan negara. Dalam proses ini, rakyat mempunyai kekuasaan paling tinggi.

Dalam menyuarakan aspirasi rakyat itu dibentuklah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dipilih langsung oleh rakyat secara berkala. Bukan hanya itu, penentuan calon presiden dan wakil presiden serta kepala daerah juga dipilih langsung oleh rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Charles Costello menyampaikan pengertian demokrasi adalah sistem politik dan sosial yang berkembang di suatu masyarakat dan negara. Yang meliputi penyerahan kekuasaan dalam periode tertentu dan pembatasan kekuasaan tersebut. Sehingga terbagi beberapa kekuasaan yakni kekuasaan eksekutif, Yudikatif dan legislatif.




Salah seorang Presiden Amerika Serikat ternama, Abraham Lincoln mendefinisikan demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang bertujuan untuk melindungi segenap tumpah darah rakyatnya tanpa kecuali. Sesuai dengan pengertian demokrasi yang kekuasaan paling tinggi berada di tangan rakyat dan untuk kepentingan rakyat.

Fungsi Demokrasi Dalam Suatu Negara

Sejarah demokrasi menarik untuk dibahas. Mengingat sistem pemerintahan ini telah banyak memberikan sumbangsih baik pada banyak negara di dunia yang menganutnya. Negara yang menganut sistem demokrasi lebih stabil dan maju dalam bidang ekonomi, budaya, sosial, politik, keamanan dan pertahanan negara.

Berdasarkan literatur kuno, sejarah awal demokrasi dimulai dari masa Yunani kuno. Pada masa itu, diterapkan sistem demokrasi dalam pemerintahan secara sederhana. Dimana rakyat berpartisipasi aktif dalam menentukan kebijakan pemerintah dalam upaya menciptakan kondisi rakyat sejahtera secara lahir dan batin.

Fungsi demokrasi adalah segala permasalahan pemerintah dimusyawarahkan bersama rakyat. Rakyat merasakan terlibat dalam sistem pemerintahan. Seiring berjalan waktu, demokrasi mengalami perkembangan. Terdapat dua macam demokrasi di dunia yaitu demokrasi langsung atau murni dan demokrasi tidak langsung. Pada jaman Yunani kuno yang dijalankan adalah demokrasi langsung.




Untuk tahun selanjutnya seperti sekarang ini di periode modern dengan semakin banyak jumlah rakyat sampai jutaan maka demokrasi yang dijalankan adalah demokrasi tak langsung. Sebuah sistem demokrasi melalui perwakilan rakyat yang ditunjuk oleh rakyat dalam suatu pemilihan umum anggota DPR yang bebas, adil dan rahasia.

Sistem demokrasi langsung sudah tidak sesuai dengan jaman sekarang. Sehingga diterapkan demokrasi tak langsung. Pada penerapan di setiap negara, sistem demokrasi mengalami modifikasi. Seperti di Indonesia pernah mengalami demokrasi terpimpin pada era kekuasaan Presiden RI Soekarno. Kemudian demokrasi Pancasila pada jaman kekuasaan Presiden Soeharto.

Pada era reformasi, demokrasi yang dijalankan tetap berpacu pada demokrasi Pancasila. Namun dengan sedikit perubahan ke arah yang lebih bagus. Sehingga demokrasi yang dijalankan sesuai arti demokrasi sesungguhnya yang ideal. Pemilihan Kepala Daerah, Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR dipilih langsung oleh rakyat dalam pemilihan umum secara berkala.

Berbagai kemauan masyarakat terus dipenuhi. Semisal pemekaran wilayah, pembentukan otonomi daerah dan pembagian kekuasaan pusat dan daerah. Hal itu semata-mata untuk memenuhi aspirasi masyarakat dalam mencapai tujuan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat secara merata dan adil tanpa pandang bulu. Kesejahteraan yang selama ini dinikmati oleh sebagian kalangan. Pada akhirnya dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Kelemahan Demokrasi

Seolah-olah demokrasi adalah sistem pemerintahan terbaik dan tak pernah ada cela. Padahal sistem demokrasi mempunyai kekurangan yakni akan meningkatkan permainan kotor berupa politik uang. Masyarakat diberi uang untuk memilih anggota dewan tertentu. Padahal kemampuan calon anggota dewan perwakilan rakyat tidak sesuai dengan harapan rakyat.

Ciri Ciri Demokrasi

Untuk mengetahui suatu negara dan pemerintahan menerapkan sistem demokrasi atau tidak dapat dilihat dari ciri-ciri demokrasi yang dijalankannya. Tanda-tanda negara menjalankan sistem demokrasi dilihat dari semua prinsip dan ciri demokrasi diterapkannya. Berikut ini ciri-ciri demokrasi, antara lain :




1. Keputusan ditentukan oleh pemerintah

Rakyat hanya mematuhi ketetapan yang telah dibuat pemerintah. Namun rakyat bisa berkomentar atau menanggapi keputusan pemerintah itu. Rakyat pun bisa memberi saran pada pemerintahan. Kalau berunjuk rasa maka dilakukan secara damai. Inilah yang memunculkan istilah oposisi dalam sistem pemerintahan.

Ketetapan yang dibuat oleh pemerintah atas dasar sikap demi kesejahteraan rakyat dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat. Ketetapan yang dibuat oleh pemerintah bukan untuk kepentingan kelompok dan golongannya. Namun semua itu untuk kepentingan seluruh rakyatnya. Sebab setelah ia menjadi presiden maka ia menjadi presiden bagi seluruh rakyat dan negaranya.

2. Diadakan pemilu

Ciri demokrasi pada suatu negara dapat dilihat juga dari terselenggaranya pemilihan umum disingkat Pemilu yang diadakan setiap empat tahun sekali. Pemilu adalah bukti nyata suatu negara menjalankan sistem demokrasi yang melibatkan rakyat. Untuk pemilu di Indonesia terdiri dari pemilihan kepala daerah atau Bupati, Walikota dan Gubernur, pemilihan presiden dan wakil Presiden, pemilihan anggota DPR dan DPD.

Pemilihan umum ini diselenggarakan dengan serentak dan dilakukan secara jujur dan adil. Dibentuk lembaga independen untuk mengawasi jalannya pemilu supaya adil dan jauh dari kecurangan. Misalkan Bawaslu. Pemilihan umum ini untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin dalam menjalankan roda pemerintahan dalam masa tertentu.

3. Adanya lembaga DPR

Rakyat merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam sistem demokrasi. Sehingga rakyat diikutsertakan dalam menentukan kebijakan pemerintah. Karena rakyat pada suatu negara sangat banyak jumlahnya maka ditunjuklah beberapa orang sebagai perwakilan rakyat yang menjadi suatu lembaga Dewan Perwakilan Rakyat.

Perilaku Demokrasi

Perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari muncul dalam bentuk menjunjung tinggi persamaan. Perbedaan adalah kekayaan dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Contohnya di negara Indonesia yang mempunyai banyak suku, kulit, agama, budaya dan adat istiadat berlainan. Semua itu tidak membuat perpecahan. Namun saling menghormati atas perbedaan tersebut dan menjunjung tinggi persamaan tujuan bersama.




Selain itu, perilaku demokrasi dalam keseharian tampak dari budaya adil. Semua orang diperlakukan sama di mata hukum. Setiap warga negara diberikan kebebasan dalam menjalankan agama dan kepercayaan. Dan tak kalah penting sudah terbiasanya perilaku musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan bersama. Semua itu dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 18562

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts