Pengertian Digital Marketing : Tujuan dan Ciri nya

  • Whatsapp
Pengertian Digital Marketing - Tujuan dan Ciri nya - cover
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Pengertian Digital marketing merupakan sejatinya sebuah aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.

Pengertian Digital Marketing : Tujuan dan Ciri nya

Pengertian Digital Marketing - Tujuan dan Ciri nya - cover

Read More

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  • SEO– Search Engine Optimization
  • Periklanan online – FB ads, Google Ads, dll.
  • Promosi media cetak
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (video tron)
  • Email marketing
  • Mobile marketing
  • dan lain-lain

Tujuan Utama Digital Marketing sebagai Pemasaran

1. Target Pemasaran

Tujuan utama dari “digital marketing” adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Sebenarnya meningkatkan brand awareness adalah bagian dari pemasaran konvensional maupundigital marketing, dimana tujuannya untuk mengenalkan suatu produk atau merek kepada masyarakat. Semakin terkenal suatu merek/brand maka semakin mudah diterima oleh konsumen.

Beriklan di televisi, baliho, radio yang biasa disebut iklan konvensional pada dasarnya adalah upaya meningkatkan brand Awareness. Di era digital bisa menggunakan display adverstiser Google Ads, atau Facebook dan Instagram.

Hukum pemasaran adalah semakin dikenal baik sebuah produk dan merk oleh khalayak, maka akan lebih mudah diterima oleh konsumen.

3. Membangun Database Market

Bagaimana jika kita punya database market konsumen yang tepat dan sesuai dengan produk atau jasa kita?. Sebagai contoh bisnis hijab, dengan digital marketing bisa mengumpulkan prospek konsumen dengan kriteria wanita usia 18-40, muslim, dan suka fashion. Database ini nantinya bisa anda manfaatkan untuk menawarkan melalui email atau iklan yang sangat efektif dan efisien dalam kegiatan marketing digital.

4. Analysis Digital

Setelah menentukan target,yaitu menganalisa untuk menerapkan sistem digital marketing yang paling efektif dan efisien. Menggunakan beberapa macam alat sebagai halaman analisa untuk mengukur sebuah iklan, prilaku user, dan termasuk penggunaan anggaran iklan, sehingga benar-benar sesuai target pemasaran.

Media yang Bisa Digunakan Untuk Bisnis

1. Website

Sejak dari dulu website menjadi pilihan banyak orang untuk kemudahan akses informasi, kecepatan tukar data, menyebar luaskan produk, tempat jual beli online, dan media promosi. Kita dapat memulai menggunakan digital marketing dengan membuat websitebisnis yang tepat.

Biaya membuat website tergolong murah untuk modal membangun bisnis jika dibandingkan dengan biaya untuk membuka toko atau kantor langsung. Jika sudah ada toko dan kantor dengan ditambah website akan lebih bagus lagi hasilnya

2. Content Marketing

Content digital marketingartinya adalah isi yang berada pada sebuah media digital misalnya seperti artikel pada website, postingan dan caption pada facebook dan Instagram, termasuk adalah video baik di youtube, website dan sosial media.

Tentu saja jenisnya yang mempunyai nilai marketing yaitu bisa menaraik perhatian, baik untuk meningkatkan brand awareness atau mendapatkan penjualan dari content marketing tersebut.

3. Sosial Media

Media jejaring sosial yang sangat ramai digunakan ratusan juta orang diseluruh dunia. Tempat saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Layanan sosial media sudah menawarkan tempat beriklan yang sangat murah khusus contohnya seperti beriklan di Facebook, Twitter dan Instagram.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing menjadi media online yang paling paling banyak digunakan orang mencari informasi. Search engine dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan konsumen yang tepat sesuai dengan apa yang di cari menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Kita bisa membuat banyak content yang dioptimasi SEO untuk mendapatkan banyak pengunjung website yang bisa menjadi peluang sebagai calon customer digital marketing kita.

5. Google Ads (Search Engine Marketing)

Tempat khusus untuk beriklan dari Google antara lain Search Engine Marketing iklan yang muncul di halaman teratas pencarian Google Display Network, iklan banner ads yang muncul di website dan blog yang ramai pengunjung Youtube Ads, jika anda sering melihat iklan di Youtube ini adalah layanan iklan video dari Google.

6. Email Marketing

Jika kita pernah menerima email yang berisikan promosi dari suatu layanan atau toko online misalnya, itulah penggunaan email sebagai digital marketing.

Hampir semua pengguna internet sudah mempunyai email aktif yang potensial sebagai alat penawaran produk atau jasa. Menggunakan email tidak bisa asal kirim, tetapi menggunakan database subscriber yaitu orang-orang yang berminat dengan dengan bisnis anda.

Di era digital saat ini, beberapa perusahaan baik yang berskala besar maupun kecil telah banyak yang menggunakan jasa perusahaan digital marketing untuk mempromosikan produk atau bisnisnya.

Kelebihan dibandingkan Marketing Konvensional

Lalu apa saja kelebihannya jika dibandingkan dengan sistem marketing konvensional? Berikut ini penjelasannya, antara lain yaitu :

1. Cepatnya Penyebaran

Anda tentunya mengerti jika penyebaran informasi menggunakan media Internet cukup cepat dan luas. Bahkan hanya dalam hitungan detik saja, Anda dapat langsung menyebarkan informasi yang Anda inginkan ke seluruh penjuru dunia.

Karena itulah, pemasaran menggunakan media digital marketingdapat langsung memberikan efek yang cukup cepat dalam penyebaran produk bisnis atau usaha Anda, bahkan secara realtime sekaligus.

2. Kemudahan Dalam Evaluasi

Menggunakan media online, maka hasil dari kegiatan pemasaran yang Anda lakukan dapat langsung diketahui, seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak produk Anda dilihat oleh orang, serta berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan yang Anda lakukan dan berbagai hal lainnya.

Data-data yang Anda dapatkan tentunya dapat mempermudah Anda dalam mengetahui kualitas dari iklan Anda. Sehingga pada periode berikutnya, Anda dapat memperbaikinya.

3. Mempunyai Daya Jangkau Yang Lebih Luas

Kelebihan lain dalam menggunakandigital marketingpada bisnis atau usaha Anda adalah jangkauan geografisnya yang sangat luas, bahkan hampir seluruh dunia dapat mengetahui informasi mengenai bisnis dan usaha Anda hanya dengan menggunakan beberapa langkah mudah dengan cara memanfaatkan internet.

Cara Memulai Digital Marketing

Jika kita berbicara tentang pengertian digital marketing, sebagaimana sudah diulas pada tulisan di atas, spektrum ini sangatlah luas.

Oleh karenanya, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah disinggung pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.

Beberapa aset dalam digital marketing:

  • Website
  • Postingan blog
  • Akun media sosial
  • Identitas brand (logo, company profile)
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)

Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.

Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai pengertian digital marketing semoga dari artikel diatas dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.

Related posts