Pengertian Diktator: Definisi dan Contohnya

  • Whatsapp
Pengertian Diktator

Pengertian diktator adalah seorang pemimpin pemerintah dan negara yang berkuasa atas mandat sebuah tirani yang otoriter yang menindas seluruh rakyat. Pada umumnya seorang diktator dapat berkuasa dan mempunyai wewenang melalui cara paksaan. Contohnya kudeta. Walaupun tidak selamanya demikian. Contohnya saja Adolf Hitler, seorang diktator yang bisa berkuasa lewat pemungutan suara yang demokratis. Diktator sering berbuat sewenang-wenang dengan kebijakannya. Pengertian diktator akan dibahas lebih jelas dalam artikel ini.

Pengertian diktator secara umum adalah orang yang berkuasa atas pemerintahan dan negara yang memiliki kekuasaan yang mutlak. Sehingga seorang diktator dapat mengendalikan kekuasaan sepenuhnya. Untuk paham yang mendasari lahirnya seorang diktator adalah paham diktatorisme. Sejarah membuktikan sebagian negara di dunia pernah dipimpin oleh seorang diktator otoriter  seperti Italia, Perancis, Polandia dan Jerman. Pemerintahan diktator mengurusi semua sendi kehidupan rakyatnya. Pengertian diktator, ciri-ciri diktator,kelebihan diktator, kelemahan diktator dan contoh pemimpin diktator akan dibahas dalam artikel ini.

Read More

Pengertian Diktator dan Ciri Pemimpin Diktator

Pengertian Diktator

Berikut ini ciri-ciri pemimpin negara diktator, antara lain :




  1. Banyak rakyat yang jadi korban tewas akibat kebijakan otoriter
  2. Kekuasaan diraih dengan cara kudeta
  3. Sikapnya doyan memicu perang dan kejahatan
  4. Tidak mengindahkan demokrasi dan hak asasi manusia. Terkadang ia melakukan hukuman kepada seseorang tanpa melalui proses pengadilan dan persidangan
  5. Kekuasaan selamanya. Pemimpin diktator akan berusaha terus memperpanjang masa kekuasaan. Kalau bisa ia berkuasa seumur hidupnya. Dengan itu, ia seringkali mengubah undang-undang negaranya.

Kelebihan Diktator

Adapun yang menjadi kelebihan dari sistem pemerintahan dan negara dijalankan oleh seorang diktator, antara lain:

  1. Kekuasaan akan dikuasai secara penuh. Segala upaya pemberontakan dan penggulingan kekuasaan akan diberantas sampai ke akar-akarnya. Tidak ada yang namanya oposisi sehingga diktator bebas melakukan konsep dan kehendak mensejahterakan rakyat
  2. Rakyat menjadi ketakutan. Kekuasaan yang mutlak akan membuat rakyat menjadi ketakutan dan rakyat tak berani melawan pemerintah yang diktator. Tak segan seorang diktator membunuh lawan-lawan politiknya
  3. Sistem politik dan pemerintahan stabil. Sistem diktator akan menciptakan kondisi politik dan keamanan yang stabil. Sebab dikuasai oleh satu orang secara penuh.

Kelemahan Diktator

Yang menjadi kelemahan negara yang diperintah oleh seorang diktator adalah :




1. Maraknya pelanggaran HAM

Akan timbul banyak pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan seorang diktator. Sebab ia berusaha mempertahankan kekuasaan dengan cara menyingkirkan lawan politik dengan cara apapun.

2. Dibenci rakyat

Sistem pemerintahan yang lalim dijalankan seorang diktator akan membuat sang diktator dibenci rakyatnya sendiri. Karena ia melakukan perbuatan sewenang-wenang dan menindas rakyat. Tak jarang timbul pemberontakan akibat pemerintahan diktator secara kudeta maupun demokratis yang sah.

3. Tidak sesuai jaman

Jaman sekarang ini era menjunjung tinggi kemanusiaan dan demokrasi dengan nilai agama yang santun sehingga pemerintahan yang diktator akan menjadi ancaman bagi banyak orang di dunia. Berbagai negara akan berusaha menyingkirkan pemimpin diktator untuk menjamin keamanan dunia. Kita lihat pada umumnya, para pemimpin diktator di dunia berhasil digulingkan oleh rakyatnya sendiri dengan bantuan dari negara luar.

Contoh Pemimpin Diktator

Sejarah melukiskan ada beberapa pemimpin yang disebut diktator. Berikut ini sejumlah pemimpin negara diktator paling kejam di dunia, antara lain :




1. Kim Jong Un

Presiden Korea Utara ini disebut sebagai pemimpin negara paling diktator di dunia. Ia dengan berani mengeksekusi mati seorang menteri Pertahanannya. Kim Jong Un menembaknya memakai senjata mematikan.

2. Idi Amin

Pemimpin Uganda ini berkuasa pada tahun 1971 sampai tahun 1979. Selama sembilan tahun ia berkuasa, banyak rakyat yang meninggal dunia diakibatkan kekerasan yang dilakukannya. Ia dituduh melakukan pelanggaran HAM berat. Untuk menjadi presiden maka ia menggulingkan atau kudeta presiden sebelumnya yakni Milton Obote.

Sebelum menjadi Presiden Uganda, Idi Amin hanyalah seorang tukang masak bagi tentara angkatan darat Inggris. Pasca negara Uganda memproklamirkan kemerdekaan maka Idi Amin memasuki karier dalam dunia militer. Sampai ia memperoleh pangkat Mayjen.

Pada waktu menjadi Presiden Uganda, Idi Amin melakukan beberapa tindakan yang tak manusiawi. Salah satunya yang paling mengerikan adalah menyuruh para tahanan untuk berkelahi memakai palu hingga mati. Pada tahun 1978, ia berencana melakukan aneksasi daerah Tanzania. Yang membuat terjadinya perang Tanzania dengan Uganda. Pada akhirnya, Idi Amin meninggalkan negaranya untuk bersembunyi di negara Arab Saudi sampai wafat tanggal 16 Agustus 2003.

3. Kaisar Jean Bedel Bokassa

Pemimpin negara Republik Afrika Tengah ini menampuk kekuasaan pada tahun 1966 sampai 1979. Pada masa kekuasaannya, ia menobatkan diri sebagai kaisar. Upacara penobatan dirinya sebagai kaisar menghabiskan dana lima juta dolar amerika serikat. Keuangan negara pun langsung habis. Pria yang akrab disapa Bokassa ini dituduh telah melakukan pembunuhan masal terhadap sejumlah murid sekolah yang tak menggunakan baju seragam produk isterinya.




Pada akhirnya, kekuasaan Bokassa tumbang digulingkan oleh militer. Pada sidang kejahatan, ia dijatuhi hukuman mati. Namun setelah melakukan banding, hukuman diringankan sampai 20 tahun penjara. Tapi masa tahanan yang dialaminya sampai 7 tahun. Pada tahun 1996, Bokassa meninggal dunia.

4. Jenderal Alfredo Stroessner Matiauda

Presiden Paraguay yang diktator ini berkuasa selama 35 tahun. Ia tidak membiarkan lawan politiknya bergerak bebas. Semua lawan politiknya diberangus dan disingkirkan dengan cara yang kejam. Seperti dilemparkan dari atas pesawat udara ke tanah dan dipotong tubuhnya menggunakan gergaji mesin. Yang membuat kondisi politik berjalan stabil dan tak ada seorang pun yang berani menentang keputusannya.

Apa yang dilakukan oleh Jenderal Alfredo Stroessner Matiauda membuat rakyat Paraguay benci terhadapnya. Salah seorang Jenderal bernama Andres Rodriguez melakukan kudeta sehingga kekuasaannya berakhir. Yang membuat Stroessner mengasingkan diri ke negara Brazil sampai meninggal dunia.

5. Saddam Hussein

Salah satu pemimpin dunia yang digadang-gadang sebagai seorang diktator adalah Saddam Husein. Pria berkumis tebal ini bernama lengkap Saddam Hussein al Tikriti yang dilahirkan di daerah Tikrit Irak. Ia menjadi Presiden Irak dari tahun 1979 sampai 2003. Pada masa kepemimpinannya, segala gejolak politik di dalam negeri dapat diredamnya. Semua lawan politik dapat disingkarkan secara tak manusiawi.




Kekuasaan Saddam Husein di Irak sebagai Presiden didukung oleh Partai Sosialis Arab Baath yang sangat kuat. Sehingga lewat partai ini, ia bisa berkuasa dalam waktu sangat lama. Apalagi ia ketua dari Partai Baath. Kekuasaan yang diraih oleh partai Baath tak terlepas dari kudeta yang dilakukan pada presiden Irak sebelumnya tahun 1968.

Sebagai seorang diktator, ia dibenci oleh rakyatnya. Namun disisi lain, ia berani menentang setiap kebijakan luar negeri Amerika Serikat yang merugikan negara Arab. Hal tersebut membuat simpatik banyak kelompok dan negara. Musuh politik yang ia dapatkan bukan hanya di luar negeri tapi yang paling kuat di dalam negerinya. Tapi ia dapat melalui dengan baik. Dengan cara menekan kelompok dan golongan Kurdi dan Syiah yang waktu itu mau melakukan kudeta.

Pada masa kekuasaannya, beberapa kali terjadi perang akibat ambisinya untuk menguasai negara di sekitarnya. Misalkan perang Irak Kuwait dan perang Irak Iran. Untuk menggulingkan pemerintahan Sadam Husein yang diktator dan kejam maka Amerika Serikat menuduh negara Irak menyimpan sejumlah rudal pemusnah masal. Atas hal itulah, secara ilegal negara Amerika Serikat dan sekutunya melakukan invasi ke negara Irak sampai tertangkapnya Saddam Husein beserta anaknya dan dijatuhi hukuman mati.

Itulah beberapa pengertian diktator dan beberapa istilahnya, serta sejarah pemimpin di dunia. Semoga tidak muncul kembali para pemimpin diktator yang hanya menyengsarakan rakyat. Sejarah telah melahirkan para diktator sampai saat ini. Bahaya sekali jika muncul para pemimpin diktator baru. Karena ia akan membahayakan jutaan jiwa umat manusia. Anda bisa melihat kematian jutaan orang akibat pemimpin diktator seperti Adolf Hitler, Pol Pot, Mae Zedong, Stalin dll.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 15929

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts