Pengertian Empati : Jenis, Manfaat Dan Contoh

  • Whatsapp
Pengertian Empati

Pengertian empati akan dibahas dalam artikel ini. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata empati. Tapi taukah kalian apa itu empati? Ada berapa jenis empati? Apa manfaatnya memiliki rasa empati? Bagaimana contoh rasa empati tersebut muncul?

Semua pertanyaan diatas akan dibahan dalam artikel ini. Seperti Pengertian empati, jenis-jenis empati, manfaat dari rasa empati dan terakhir yang akan dibahas adalah seperti apa contoh-contoh rasa empati terjadi. Jika anda penasaran simak baik-baik artikel ini.

Read More

Pengertian Empati

Pengertian Empati

Apa sih yang dimaksud dengan empati (empathy)? Secara umum, pengertian empati ialah suatu kemampuan dalam merasakan keadaan emosional atau pikiran orang lain yang mebuat keinginan guna menyelesaikan masalah serta menolong sesama.

Pendapat lain menyatakan bahwa pengertian empati merupakan suatu kemampuan seseorang dalam memahami dan berbagi perasaan, mengambil perspektif orang lain, serta mencoba menyelesaikan masalah orang lain. Pengertian empati adalah kondisi mental seseorang yang cukup mendalam sehingga dapat mengetahui dan merasakan perasaan atau pikiran orang lain.

Kata “empati” berasal dari bahasa Inggris “empathy” yang ditemukan oleh E. B. Titchener di tahun 1909. Kata empathy sendiri adalah terjemahan kata dari bahasa Jerman, yakni “Einfühlungsvermögen” yang secara harfiah memiliki arti “memasuki perasaan orang lain”.

Pengertian Empati Menurut Para Ahli

Supaya lebih mudah paham tentang pengertian empati, maka kita bisa merujuk pada beberapa pendapat para ahli di bawah ini:

1. Alfred Adler

Menurut Alfred Adler, pengertian empati ialah suatu penerimaan kepada perasaan orang lain dan bisa meletakkan diri kita pada tempat orang tersebut. Empati berarti to feel in, atau proses pada saat kita berdiri sejenak pada ‘sepatu orang lain’ supaya bisa merasakan bagaimana dalamnya perasaan orang tersebut.

2. Thomas F. Mader dan Diane C Mader

Menurut Thomas F. Mader dan Diane C Mader, pengertian empati ialah kemampuan seseorang dalam berbagi perasaan yang didasari atas rasa kepedulian, dan terdapat berbagai tingkatan dari kepedulian tersebut.

3. George Herbert Mead

Menurut George Herbert Mead, pengertian empati merupakan suatu bentuk dari kapasitas mengambil peran orang lain erta mengadopsi perspektif yang dipunyai oleh orang lain kemudian menghubungkannya dengan diri sendiri. Masih menurut Mead, kemampuan untuk memahami dari definisi empati, dengan penekanan pada kapasitas individu untuk memahami bagaimana seseorang memandang dunia dari peran orang lain.

4. Daniel Goleman

Menurut Daniel Goleman, pengertian empati ialah suatu kemampuan dalam mengerti emosi-emosi yang dirasakan oleh orang lain.

5. Nancy Eisenberg

Menurut Nancy Eisenberg, pengertian empati ialah sebuah respons afektif yang berasal dari penangkapan atau pemahaman akan sebuah keadaan emosi atau juga pada kondisi lainnya, yang hampir sama dengan perasaan orang lain. Masih ari Nancy Eisenberg, pengertian empati adalah kemampuan untuk menempatkan diri sendiri pada posisi orang lain erta mampu merasakan penghayatan kepada perasaan orang lain, tetapi tetap bisa mempertahankan jati dirinya sendiri.

Jenis-Jenis Empati

Seperti yang telah diuraikan di atas mengenai pengertian empati. Orang yang mempunyai empati merupakan seseorang dengan kondisi mental yang bisa tahu akan perasaan dan pikiran orang lain serta beringinan untuk membantu mereka. Secara umum terdapat 4 tipe empati yang dipunyai manusia, diantaranya ialah:

1. Affective Empathy

Jenis empati satu ini disebut juga dengan empati emosional. Pengertian empati emosional yakni empati yang bisa membuat seseorang mampu merasakan dan menanggapi emosi dari orang lain. Seseorang yang mempunyai empati jenis ini akan sangat sensitif terhadap sekitarnya serta sulit membatasi diri supaya tidak terlibat dengan orang lain.

2. Cognitive Empathy

Jenis empati ini disebut juga dengan empati intelektual. Pengertian empati intelektual yakni empati yang bisa membuat seseorang mampu menempatkan dirinya pada posisi orang lain. Seseorang yang mempunyai empati jenis ini pada umumnya dapat paham akan sesuatu atau orang lain dari beragam sudut pandang sehingga bisa menyelesaikan masalah di dalam sebuah kelompok.

3. Somatic Empathy

Jenis empati ini adalah hal-hal yang berada di luar tubuh, yakni empati yang bisa membuat seseorang merasakan empati pada saat melihat sesuatu terjadi di luar tubuhnya. Seseorang yang mempunyai empati jenis ini biasanya merupakan orang yang cuek namun berhati lembut sebab harus benar-benar melihat kesulitan yang dialami orang lain secara langsung baru akan merasakan empati.

4. Spiritual Empathy

Jenis empati ini adalah tentang pencerahan yang diperoleh seseorang sesudah melihat sesuatu. Empati spiritual membuat atau mendorong seseorang untuk bertindak secara spontan. Contohnya pada saat melihat seseorang kesulitan, orang yang mempunyai empati spiritual akan langsung menolong orang tersebut secara spontan.

Manfaat Empati

Manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan antara satu sama lain. Berdasarkan pengertian empati pada hal ini, empati merupakan hal yang sangat penting untuk menjembatani dalam menjalin hubungan yang baik antar sesama manusia. Mengacu dari pengertian empati diatas, adapun beberapa manfaat empati ialah tertera di bawah ini:

  • Empati bisa membuat manusia lebih bahagia sebab sudah membantu orang lain.
  • Empati bisa membuat manusia mempunyai kehidupan sosial yang lebih baik.
  • Empati mampu menciptakan dan meningkatkan perasaan cinta kepada diri sendiri dan orang lain.
  • Empati mampu membuat seseorang menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain serta lingkungannya.
  • Empati mampu menjauhkan seseorang dari sikap egois dan sombong.
  • Empati dapat membuat seseorang menjadi lebih disukai oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.
  • Empati dapat membuat seseorang lebih bersyukur serta bahagia dalam hidup.
  • Empati mampu mengembalikan kemampuan mengenai evaluasi dan kontrol diri seseorang.

Contoh Bentuk Empati

Interaksi sosial yang sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari merupakan contoh dari bentuk empati seseorang kepada orang lain. Berdasarkan pengertian empati yang telah dijelaskan diatas. Adapun sejumlah contoh dari bentuk empati adalah tertera di bawah ini:

  • Pada saat seseorang sedang mengalami kesulitan ekonomi, lalu tetangganya membantunya dengan memberikan sejumlah uang atau bahan makanan.
  • Memberikan pertolongan pertama sewaktu ada seseorang yang mengalami kecelakaan.
  • Berinisiatif untuk mengumpulkan uang sumbangan sukarela supaya diberikan pada keluarga tidak mampu.
  • Tidak merokok pada sembarang tempat ialah bentuk empati sebab perduli terhadap orang lain.
  • Mendengarkan mengenai keluh kesah orang lain pada saat orang tersebut mendapat masalah atau kemalangan.
  • Menghormati pendapat dari orang lain sewaktu berdiskusi atau bermusyawarah.
  • Menjenguk kerabat atau teman yang sedang sakit dan memberikan semangat serta dorongan supaya segera sembuh.
  • Turut membantu dalam menyelesaikan masalah orang lain dengan cara yang baik

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai tulisan kami Pengertian Empati. Pengertian empati secara singkat dapat dikatakan sebagai “memasuki perasaan orang lain”. Semoga dengan adanya tulisan kami kali ini bisa bermanfaat dan menambwah wawasan keilmuan bagi anda sekalian.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa baca artikel-artikel lainnya yang ada dalam web ini. Jangan lupa berempati kepada sesama.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 879

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts