Pengertian Endorse : Kelebihan Dari Endorse

  • Whatsapp
Pengertian Endorse

Pengertian endorse akan dibahas dalam artikel ini. Pernah kah kalian mendengar kata endorse? Pasti sudah tidak asing lagi bukan. Endorse menjadi salah satu penghasil uang terbanyak di era sekarang ini. Tapi tau kan kalian pengertian endorse? Apa pengertian endorse dalam marketing online? Selain itu, apa kelebihan promosi dengan cara endorse?

Read More

Semua akan terjawab dalam artikel ini, karena dalam artikel ini akan membahas mengenai pengertian endorse, pengertian endorse dalam martketing online, selain itu juga kelebihan apa saja yang didapat dengan menggunakan promosi endorse. Check this out.

Pengertian Endorse

Pengertian Endorse

Sebenarnya, apasih yang dimaksud endorse itu? Secara umum, pengertian endorse ialah sebuah bentuk berupa dukungan maupun rekomendasi yang diberikan seseorang terhadap sebuah merek maupun produk, yang mana dukungan itu dilaksanakan dari seseorang yang mempunyai pengaruh atau public figure, contohnya adalah seorang artis atau youtuber.

Atau bisa dikatakan bahwa, pengertian endorse ialah jenis dari promosi tertentu yang menggunakan selebriti ataupun dari seorang profesional guna mempromosikan hal hal yang baik mengenai sebuah merek, produk dan layanan. Dalam sisi pemilik produk atau brand pastinya akan memperoleh keuntungan sebab menggunakan nama dari orang terkenal guna mempromosikan produk atau brand yang dimilikinya.

Kata Endorse begitu erat kaitannya dalam dunia pemasaran. Banyak yang menyebutkan jika pemasaran produk menggunakan cara endorsement dari seorang yang berpengaruh atau public figure bakal memberikan efek yang positif dan bagus untuk penjualan dari produk yang dipromosikan.

Pengertian Endorse Dalam Marketing Online

Sebetulnya terdapat sejumlah pengertian endorse yang lain, tergantung dari bidang apa yang akan kita bahas. Kata endorse sendiri memang cukup sering digunakan untuk bisnis, asuransi, atau pemasaran. Tetapi, pengertian endorse yang dimaksud pada sub pembahasan ini ialah berhubungan dengan pemasaran, khususnya dalam pemasaran online.

Kalian yang aktif dalam penggunaan media sosial Instagram, Facebook, serta Twitter pasti sering mendapati kata Endorse. Bahkan juga sekarang ini terdapat banyak artis di Instagram yang dibayar mahal guna meng-endorse sebuah produk.

Setelah mengetahui pengertian endorse. Apabila orang terkenal meng-endorsekan atau memberikan dukungan positif kepada sebuah produk, maka bisa membuat lebih banyak orang untuk membeli produk tersebut sebab mereka percaya kepada selebriti tersebut. Atau setidaknya, bisa membuat merek maupun produk tersebut dapat lebih terkenal dari pada sebelumnya.

Di negara kita Indonesia sendiri, kegiatan dalam endorse bukan lagi merupakan hal yang baru. Sudah banyak pemilik toko online yang menggunakan ketenaran dari seorang artis guna mempromosikan produk atau brand mereka dengan melakukan endorse. Jika kalian jeli dalam memperhatikan, praktek promosi semacam ini sangat mudah untuk kita temui khusunya pada media sosial, terutama Instagram.

Salah satu dari public figure atau orang yang berpenagruh dalam endorsement dan sering mempromosikan barang dari produk-produk tertentu pada akun instagramnya adalah Jesica Iskandar. Jumlah followers real dari artis pada media sosial merupakan faktor penentu kesuksesan sebuah promosi dengan metode endorse. Semakin banyak jumlah followers yang ada pada akunnya, maka semakin besar pula kemungkinan endorse tersebut akan sukses, dengan catatan followersnya merupakan akun real dan bukan fake account.

Kelebihan Promosi dengan Cara Endorse

Sesudah Anda mengetahui mengenai pengertian endorse, pastinya kita juga perlu mengetahui mengenai apa kelebihan pemasaran dengan menggunakan cara ini. Mengacu pada pengertian endorse yang telas kita bahas di atas, berikut ini merupakan kelebihan promosi dengan metode endorsement:

1. Kegiatan Promosi Sangat Efektif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya mengenai pengertian endorse, public figur atau orang terkenal biasanya mempunyai followers yang selalu melihat aktifitas mereka via media sosial. Tidak hanya aktifitas sesuai dengan profesi saja yang dilihat, juga hal-hal yang bersifat pribadi yang diupload pada media sosial juga masuk keĀ  dalam konsumsi publik.

Setiap kali si artis memposting sesuatu ke akun media sosial mereka, semisal Instagram atau Twitter, maka bisa dipastikan jika postingan tersebut bakal dilihat oleh para followersnya. Dan pada saat ia mempromosikan suatu produk tertentu, sudah barang pasti produk yang dipromosikan akan menjadi terkenal.

Akun Instagram dari pemilik produk biasanya juga akan ikut terkenal sebab setiap memberikan endorse, dalam bagian caption si artis bakal menuliskan tag atau penandaan akun Instagram dari si penjual dan juga hashtag yang berkaitan mengenai produk tersebut.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Tak hanya efektif, namun juga dapat membuat proses pemasaran bisa menjadi lebih hemat. Berdasarkan pengertian endorse yang telah dijelaskan diatas. Hemat yang dimaksud pada hal ini bukanlah hanya mengenai jumlah uang yang perlu untuk dikeluarkan, namun lebih ke dampak dan efek dari pada pemasaran yang dilaksanakan. Anda bisa membayangkan berapa besar uang yang hendak dikeluarkan jika promosi lewat iklan di Televisi atau iklan di radio.

Seperti yang dijelaskan diatas mengenai pengertian endorse. Promosi menggunakan cara endorse, kita cuma perlu mengirim produk terhadap si artis serta mentransfer biaya dari endorse sesuai dengan harga yang sudah ditentukan. Tetapi, tentu saja kita juga perlu bisa untuk memilih artis yang hendak mempromosikan produk yang akan dipasarkan.

Contohnya saja produk Anda merupakan produk kecantikan, maka akan sangat cocok jika dipromosikan dengan artis yang memiliki paras yang rupawan. Atau bisa juga Anda menjual produk untuk bayi, maka Anda bisa memilih artis yang sering memposting aktifitas bersama dengan bayinya.

3. Meningkatkan Penjualan dan Jumlah Followers

Public figure sudah barang pasti memiliki banyak fans yang mengikuti gaya dan juga membeli dan menggunakan produk apapun yang juga digunakan oleh si public figure. Berdasarkan pengertian endorse yang telah disebutkan diatas. Pada saat artis memposting sebuah produk kecantikan yang digunakannya, maka bisa dipastikan bahwa bakal banyak dari followers yang juga hendak menggunakan produk tersebut serta penjualan dari produk tersebut akan laku keras seperti kacang goreng.

Jadi, tidak heran lagi mengapa terdapat banyak sekali toko online yang memanfaatkan jasa endorse dari para selebritis atau youtuber sebab memang terbukti mampu meningkatkan penjualan dari produk yang dipromosikan secara signifikan. Selain itu pula, akun dari media sosial si toko online pun dapat kebanjiran followers serta memiliki calon pelanggan tetap.

Berdasarkan pengertian endorse, tidak hanya online shop saja yang mendapatkan keuntungan. Dari sisi para endorser, mereka pun juga memperoleh keuntungan. Selain memperoleh bayaran dari jasa endorse, para artis ini juga mendapat produk dan barang berkualitas tanpa perlu membayar.

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami mengenai pengertian endorse dalam bisnis online, khususnya dalam pemasaran secara online. Dengan mengetahui mengenai apa itu endorse serta tahu tentang kelebihan promosi dengan cara ini, maka diharap untuk para pebisnis online dapat memanfaatkannya secara sebaik mungkin guna melakukan kegiatan promosi.

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul “Pengertian Endorse : Kelebihan Promosi Dengan Cara Endorse”. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel-artikel lainnya yang ada dalam web ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 899

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts