Pengertian Finansial : Definisi dan Metode

  • Whatsapp
Pengertian Finansial

Pengertian finansial sebagian orang pastinya belum memahami arti yang sebenarnya. Oleh karena itulah, penulis akan menjelaskan secara tuntas dan lengkap. Jika berbicara mengenai finansial tak bisa lepas dari manajemen keuangan. Marilah kita langsung menelaah arti finansial secara umum, khusus dan menurut para ahli dan pakar keuangan.

Berdasarkan bahasa, kata finansial sama dengan keuangan yang berasal dari bahasa Inggris. Di negara inilah persoalan finansial diperdalam sehingga menjadi disiplin ilmu tersendiri yaitu ilmu keuangan. Adapun secara istilah, pengertian finansial adalah segala sesuatu aspek yang berkaitan dengan urusan ekonomi, aset dan keuangan. Dalam hal ini, makna finansial sangat luas dengan lahirnya cabang ilmu turunan.

Read More

Secara umum, finansial adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang manajemen keuangan, pengelolaan keuangan, termasuk penghitungan finansial yang diperuntukan bagi kalangan lembaga maupun individu. Kehadiran ilmu finansial ini diharapkan dapat membantu perusahaan dan perorangan dalam menjalani kehidupan yang seimbang dan baik secara berkesinambungan.



Seiring dengan kemajuan perkembangan jaman, mulai banyak orang mengerti arti penting pengelolaan keuangan untuk pribadi dan keuangan. Beberapa perencana keuangan seperti Robert T Kiyosaki dan Safir Senduk merupakan contoh pakar keuangan pribadi dan keluarga. Yang akan memberikan wawasan cara mengelola uang yang baik untuk kehidupan masa depan yang lebih makmur dan sejahtera.

Dalam meraih tujuan keuangan, sebuah perusahaan dan individu melakukan manajemen finansial yang baik. Seperti investasi. Ilmu ini terlihat sepele. Namun peranannya sangat besar bagi kehidupan pribadi dan lembaga. Beberapa lembaga dan individu mengalami kesulitan keuangan disebabkan oleh manajemen keuangan yang salah.

Begitu pentingnya masalah finansial dalam suatu lembaga dan negara maka dibentuklah divisi keuangan di sebuah perusahaan. Dan bagi negara dibentuk Kementerian Keuangan yang dipimpin oleh seorang Menteri Keuangan yang cakap dalam manajemen finansial suatu pemerintahan dan negara.

Pengertian Finansial Menurut Para Pakar

Pengertian Finansial

Untuk mengetahui pengertian finansial yang sesungguhnya, marilah kita belajar kepada ahlinya. Berikut ini pengertian finansial menurut para pakar keuangan dunia, antara lain:

1. Bambang Riyanto

Beliau menandaskan bahwa finansial adalah segala sesuatu kegiatan yang berlangsung di dalam perusahaan sebagai upaya meraih uang dengan cara sekecil mungkin biayanya dan mengatur pengeluaran usaha dengan baik. Sehingga stabilitas keuangan berjalan lancar pada suatu perusahaan.



2. Agus Hartono

Agus Hartono melihat pengertian finansial sebagai semua hal yang bersangkut paut dengan dana. Seperti pencarian dan pengumpulan dana, alokasi dana, pengeluaran dana, pemanfaatan dana, dan lain-lain. Yang meliputi belanja perusahaan dan investasi.

3. J.L.Massie

Pengertian finansial adalah suatu kegiatan perusahaan sehari-hari dalam rangka mengumpulkan uang, mencari pendanaan, mengeluarkan dana secara efektif dan efisien. Tujuan perusahaan untuk mendapatkan laba sebesar mungkin bisa dicapai dengan manajemen keuangan yang baik.

4. Sutrisno

Pengertian finansial adalah suatu pengelolaan keuangan yang berlangsung efektif dilaksanakan oleh lembaga perusahaan dalam rangka rangka mendapatkan tujuan keuangan yang meliputi mendapatkan income sebesar mungkin secara murah meriah.

Fungsi dan Tujuan Finansial

Kehadiran ilmu dan manajemen finansial mempunyai fungsi dan tujuan tersendiri. Hal utama adalah mengatur keuangan perusahaan supaya dapat dikelola secara bijak dan baik. Sehingga keuangan yang dimiliki perusahaan dapat berkembang lebih besar lagi. Semua itu meliputi bagaimana cara perusahaan mengumpulkan modal keuangan, menggunakan dana dan pengeluaran.

Berikut ini beberapa fungsi dan tujuan finansial, antara lain :




1. Optimalisasi laba perusahaan

Dengan manajemen finansial yang baik akan diketahui beberapa pos pengeluaran yang tak perlu dan beberapa pos pemasukan yang perlu ditingkatkan. Sehingga keuntungan perusahaan bisa dimaksimalkan. Namun tidak menjamin keuntungan perusahaan terus meningkat karena yang namanya laju bisnis bergerak dinamis. Sangat mungkin terjadi pada satu bulan terjadi penurunan laba perusahaan.

Seperti yang saat ini terjadi suatu wabah Covid 19. Dimana sebuah perusahaan dapat mengalami penurunan penjualan dan penurunan laba. Belum lagi adanya kompetitor baru yang lebih bagus dalam pemasaran dan kinerjanya.

2. Mempersiapkan modal usaha

Dalam suatu perusahaan dibentuk divisi keuangan yang terdiri dari beberapa orang karyawan. Yang kemudian dipimpin oleh seorang manajer keuangan. Bagian keuangan ini bertanggungjawab untuk mempersiapkan modal usaha keuangan perusahaan untuk pengembangan bisnis di masa depan. Misalkan dalam rangka upaya ekspansi pasar.

3. Pemakaian keuangan yang tepat guna

Seorang manajer keuangan berusaha mengalokasikan keuangan untuk sektor tertentu yang berdaya guna. Supaya perusahaan dapat berjalan efektif dan efisien. Misalkan ia dapat dengan tepat kapan saatnya untuk melakukan utang dan melakukan investasi dan diversifikasi.

4. Menentukan keberlangsungan usaha

Pengelolaan keuangan pada suatu perusahaan merupakan ujung tombak bagi perusahaan itu disamping bagian marketing. Ia bisa menentukan maju tidaknya suatu perusahaan dan mati tidaknya perusahaan. Dengan pengelolaan keuangan yang kurang baik terkadang sebuah perusahaan terpaksa gulung tikarĀ  dan menutup usahanya.

Metode Finansial

Laporan finansial atas kinerja perusahaan dalam kurun waktu tertentu sangat penting bagi perusahaan tersebut untuk menelaah pos pemasukan keuangan perusahaan yang dapat ditingkatkan. Dan juga meneliti beberapa pengeluaran perusahaan yang tidak efektif. Sehingga dengan laporan keuangan perusahaan secara lengkap dapat diketahui kebijakan apa yang harus dilakukan untuk kemajuan usaha di masa mendatang.

Dalam pelaporan keuangan perusahaan yang dilakukan secara profesional dan transparan dapat ditempuh lewat beberapa metode finansial berikut ini :




1. Metode Komparatif

Suatu metode finansial yang diterapkan dalam rangka membandingkan angka laporan keuangan saat ini dengan angka laporan keuangan di masa lalu. Sehingga didapatkan suatu kesimpulan yang berguna untuk mengembangkan keuangan perusahaan. Metode finansial ini sangat populer dan sering dinamakan metode perbandingan maupun analis rasio.

2. Metode Analisis

Metode keuangan ini merupakan metoda komparatif yang dilanjutkan dengan pembuatan rumus baku dan statistik. Dengan cara melihat perbandingan angka laporan keuangan di bulan lalu dengan bulan sekarang. Kemudian dibuatkan perhitungan rumus dengan melihat pergerakan grafik baik turun atau naik. Semua data itu digambarkan dalam bentuk grafik dan statistik. Dengan metode analisis ini, perusahaan dapat mengetahui proyeksi keuangan di masa depan sesuai dengan statistik yang ada.

3. Metode Common Size Financial Statement

Metode finansial ini merupakan gabungan metode perbandingan dan analisis. Yang dilanjutkan dengan pembuatan presentasi. Laporan finansial dibuat sedemikian rupa menjadi sebuah presentasi yang sangat menarik dan jelas. Sehingga laporan keuangan dapat disaksikan semua orang dengan jelas dan transparan. Yang mencakup laporan neraca laba rugi, laporan aset, laporan penjualan, dan lain-lain.

4. Metode Index Time Series

Suatu metode finansial yang menyajikan laporan keuangan berdasarkan data indeks. Patokan adalah indeks 100.

Anda bisa memilih salah satu metode finansial yang bisa anda terapkan pada perusahaan. Untuk menjalankan metode finansial itu sangat mudah. Dikarenakan sekarang sudah tersedia software untuk membuat laporan keuangan perusahaan berdasarkan metode yang dipilih yang lebih lengkap dan akurat.

Demikianlah pengertian finansial secara umum dan khusus menurut para pakar beserta fungsi, tujuan dan metode finansial. Mudah-mudahan dapat menjadi referensi yang sangat berharga bagi anda semua sekalian.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 12094

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts