Pengertian Geopolitik : Definisi dan Manfaat

  • Whatsapp
Pengertian Geopolitik

Pengertian Geopolitik mungkin sangat asing bagi orang awam. Bagi kalangan mahasiswa jurusan politik pasti tak asing lagi. Pengertian Geopolitik adalah suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan berjalan lancar sebuah negara. Yang mana setiap kebijakannya akan mempengaruhi di sekitarnya dalam batasan wilayah geografis. Untuk lebih mudah mengenal pengertian geopolitik maka dapat disamakan dengan wawasan nusantara. Pengertian geopolitik secara lebih lengkap akan dibahas dalam artikel ini.

Pengertian Geopolitik Secara Bahasa

Pengertian Geopolitik

Read More

Geo politik terdiri dari kata geo yang artinya bumi. Dan politik atau politeia yang berasal dari bahasa Yunani maknanya urusan masyarakat yang mempunyai kesatuan. Secara bahasa, geopolitik adalah suatu ketentuan dan sistem dalam bidang politik yang setiap kebijakan disesuaikan aspirasi masyarakat geografis.



Definisi Geopolitik

Definisi geopolitik Indonesia sama dengan arti wawasan nusantara. Negara Indonesia sebagai negara besar dan berdaulat terdiri dari berbagai pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan yang dimilikinya dalam bidang kelautan, daratan, kehutanan, pertanian, dan seni budaya merupakan karunia Tuhan.

Definisi geopolitik adalah  geo yang berarti wilayah atau bumi. Dan politik yang maknanya kesatuan masyarakat dalam satu negara. Dengan demikian, definisi geopolitik adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana cara menyelenggarakan negara yang dihubungkan dengan persoalan wilayah geografis suatu negara.

Kebijakan politik suatu negara bukan hanya mempengaruhi wilayah di sekitarnya. Tapi juga bisa mempengaruhi negara tetangga dan sekelilingnya. Kita melihat bagaimana revolusi politik di Timur Tengah berhasil menjatuhkan beberapa kekuasaan pemerintahan yang diktator.

Definisi lengkap geopolitik diuraikan berbagai pakar. Yang paling inti adalah penciptaan konsep bagaimana negara, pemerintah dan rakyat Indonesia memandang wilayah Indonesia sebagai satu kesatuan utuh yang berkontribusi positif di dalam negeri dan luar negeri sesuai nilai-nilai Pancasila.

Geopolitik mempelajari konsepsi ketahanan nasional, keamanan negara, politik, dan frontier. Negara Indonesia memperkuat konsep dan identitas diri dengan wawasan nusantara. Di dalamnya tidak mengenal metode kekerasan dan ekspansi. Semua berawal dari wujud sebagai negara berdaulat dan merdeka.

Fungsi Geopolitik

Geopolitik berfungsi sebagai :




  1. Ketahanan nasional dalam bidang keamanan dan pertahanan nasional serta pembangunan
  2. Pembangunan yang efektif dalam bidang keamanan, pertahanan, sosial politik, ekonomi, dan politik
  3. Pemersatu bangsa dalam cakupan keamanan dan pertahanan nasional. Dalam arti, seluruh wilayah di Indonesia merupakan satu kesatuan utuh dalam kerangka NKRI
  4. Pembatasan wilayah negara agar dapat terhindarinya dari sengketa, konflik dan peperangan negara.

Macam Macam Geopolitik

Adapun yang menjadi macam-macam penerapan Geopolitik, antara lain:

1. Peranan yang penting

Indonesia berada di tengah dua kekuatan besar yakni berada di antara Selat Malaka dan Selat Karimata Samudera Hindia. Kekuatan militer dan ekonomi dua kekuatan besar yakni Amerika Serikat dan China serta Rusia menjadikan Indonesia berada di posisi strategis diantara mereka.

2. Ekonomi kelautan

Negara Indonesia sebagian besar terdiri dari lautan. Cara pandang masyarakat Indonesia menjadikan laut sebagai sumber kekayaan hayati. Perairan di Indonesia sudah terbukti mempunyai potensi ikan banyak. Perairan kelautan yang dekat dengan wilayah Indonesia menjadi milik bangsa dan negara Indonesia yang dikenal dengan zona eksklusif ekonomi.




Namun ancaman dari negara luar terhadap keutuhan negara Indonesia beberapa kali terjadi. Misalkan pada pertikaian perairan Ambalat dengan Malaysia. Yang disusul dengan klaim China atas perairan di pulau Natuna.

3. Kekuatan besar

Negara Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbaik di dunia. Dalam berbagai forum internasional, negara ini selalu terpilih sebagai pemimpin dan ketua dalam dunia ketertiban dan perdamaian internasional. Hal ini didukung oleh neraca perdagangan yang besar, jumlah penduduk yang terbanyak di dunia dan kekayaan alam yang melimpah.

4. Kepentingan militer

Dunia terbagi ke dalam dua blok. Yang satu blok sekutu pimpinan Amerika Serikat. Sedangkan blok kedua adalah blok Komunis China dan Rusia. Namun negara Indonesia memilih netral diantara persaingan dua kubu tersebut.

Indonesia memainkan permainan cantik dengan menjalin hubungan baik dalam bidang ekonomi dan militer pada Amerika Serikat dan negara Barat. Pada satu sisi lain mengadakan hubungan baik dengan negara China dan Rusia. Dengan kata lain, Indonesia adalah penstabil ketegangan negara di dunia khususnya benua Asia.

Konsep Geopolitik Indonesia

Berbicara mengenai konsep Geopolitik Indonesia maka tak bisa dilepaskan dari wawasan nusantara. Geopolitik adalah suatu cara pandang bangsa Indonesia terhadap bangsa, rakyat dan seluruh wilayah negara baik yang ada di udara, laut dan darat sebagai kesatuan utuh dalam kerangka Negara Kesatuan RI. Semua cara pandang terhadap bangsa, rakyat dan wilayah itu termasuk dalam berbagai bidang kehidupan seperti budaya, sosial, ekonomi, politik dan pertahanan keamanan.




Kalau diibaratkan geopolitik adalah visi misi atau pandangan bangsa Indonesia ke depan. Untuk menuju bangsa dan negara yang berwibawa, berkuasa dan digdaya serta disegani di dunia. Tidak semua bangsa mempunyai geopolitik dan wawasan nusantara. Hanya sebagian kecil yang mempunyai konsep geopolitik yang jelas. Seperti negara Inggris dengan semboyan bahwa tanah Inggris meliputi pulau, darat dan laut.

Konsep geopolitik atau wawasan nusantara merupakan pokok bahasan yang telah diajarkan sejak murid SMP duduk di kelas 1 untuk mata pelajaran Geografi untuk meningkatkan nasionalisme. Adapun tujuan geopolitik Indonesia terdiri-dari dua macam yakni geopolitik berdasarkan wilayah. Dan konsep geopolitik berdasarkan kepentingan masyarakat dalam bidang ekonomi, pertahanan keamanan, politik, budaya dan sosial.

Tujuan Geopolitik Indonesia

Adapun yang menjadi tujuan Geopolitik Indonesia secara gamblang dan lengkap terangkum dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945. Demikian bunyinya: Tujuan kemerdekaan negara Indonesia adalah untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia dan tumpah darahnya. Dengan cara memberikan kesejahteraan secara umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta dalam ketertiban dunia.

Berikut ini tujuan geopolitik Indonesia yakni :




1. Tujuan keluar

Dalam jaman globalisasi saat ini, negara Indonesia berpartisipasi aktif dalam menjaga perdamaian dunia. Seperti dengan memberikan jaminan keamanan bagi warga Rohingya yang mukim di tanah air, mengadakan perdamaian antara Taliban dan Amerika Serikat, menjaga perdamaian di negara afrika dan timur tengah yang sedang konflik dan lain-lain.

Di tengah globalisasi dan era perdagangan bebas dan saling mempengaruhi kondisi politik dan ekonomi antar negara maka negara Indonesia menjamin semua kebutuhan rakyat terhadap segala bidang. Seperti bidang politik, keamanan, pertahanan, ekonomi dan sosial bagi para warganya.

2. Tujuan Ke dalam

Geopolitik Indonesia bertujuan untuk memastikan bangsa Indonesia yang tersebar di setiap penjuru daerah dapat hidup aman, tentram, sejahtera dan saling bersatu. Benih-benih perpecahan dan disintegrasi dapat dihilangkan sehingga persatuan dapat terjaga selamanya di tengah perbedaan.

Manfaat Geopolitik Indonesia

Yang menjadi manfaat geopolitik Indonesia atau disingkat wawasan nusantara, antara lain:

  1. Mempersatukan suku ras, agama, adat istiadat yang terdapat di Indonesia sangat majemuk dapat bersatu dalam wadah negara kesatuan RI
  2. Dasar dalam pengambilan keputusan negara
  3. Geopolitik Indonesia diakui dunia internasional
  4. Luas wilayah yang semakin bertambah besar yang membuat kesejahteraan kian meningkat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 24610

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts