Pengertian Hedonisme : Faktor, Jenis Dan Dampak

  • Whatsapp
engertian Hedonisme

Pengertian hedonisme akan dibahas dalam artikel ini. Pernahkah kalian mendengar kata hedonisme? Taukah kalian apa pengertian hedonisme itu? Bagaimana ciri-ciri dari hedonisme? Apa faktor yang mempengaruhi hedonisme? Apa saja jenis-jenis dari hedonisme? Adakah kelebihan dari hedonisme? Dan adakah kekurangan dari hedonisme? Apa saja dampak dari hedonisme?

Semua akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini. Pembahasan dimulai dari pengertian hedonisme hingga dampak yang terjadi dari hedonisme. Baca selengkapnya dalam artikel ini. Check this out

Read More

Pengertian Hedonisme

Pengertian Hedonisme

Secara bahasa, kata hedonisme berasal dari bahasa Yunani, yakni ἡδονισμός hēdonismos dari kata dasar ἡδονή hēdonē, yang memiliki arti kesenangan. Secara sederhana pengertian hedonisme mengarah ke paham kesenangan pada kenikmatan hidup. Jadi, orang yang menganut ideologi ini memiliki anggapan bahwa kebahagiaan serta kesenangan (pleasure) dapat dicapai dengan mengerjakan banyak kesenangan dan menghindari hal-hal yang menyakitkan (pain) di dunia.

Mengacu dari penjelasan di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahawa pengertian hedonisme ialah suatu paham yang beranggapan bahwa kenikmatan, kesenangan, dan kebahagiaan pribadi adalah tujuan utama saat menjalani hidup.

Dari definisinya tersebut bisa kita ketahui bahwa pengertian hedonisme itu merupakan pandangan hidup yang didasarkan pada hawa nafsu saja. Paham ini sangat erat kaitannya dengan kekayaan duniawi, kenikmatan batin, kenikmatan seksual, dan kebebasan serta kekuasaan.

Apakah hedonisme dilakukan hanya  berupa gaya hidup hura-hura serta boros? Tidak mesti demikian, sebab aktifitas yang lain juga dapat menjadi bentuk lain hedon, contohnya demonstrasi.

Kenapa demonstrasi masuk pada hedon? Iya, sebab secara umum aksi dari demonstrasi dilakukan oleh masyarakat supaya mendapatkan kesenangan atau kenikmatan batin, yakni kepuasan dalam menyampaikan pendapat atau aspirasinya.

Pengertian Hedonisme Menurut Para Ahli

Sejumlah ahli pada bidang sosiologi pernah menguraikan pengertian hedonisme, yakni diantaranya:

1. Burhanuddin

Menurut Burhanuddin (1997), pengertian hedonisme merupakan sesuatu yang dianggap baik, sesuai dengan kesenangan yang dicapainya. Atau bisa dikatakan, sesuatu yang hanya mendatangkan kesusahan, penderitaan, serta tidak menyenangkan ialah sesuatu yang dinilai tidak baik.

2. Sarlito Wirawan Sarwono

Menurut Sarwono (1989), pengertian hedonisme merupakan konsep diri, yang mana gaya hidup seseorang dilalui sesuai dengan gambaran yang terdapat dalam pikirannya. Sebagai permisalan, seorang olahragawan, pada umumnya memiliki gaya hidup sehat adalh prinsip hidup erta menjadi kesenangan tersendiri untuk mereka.

3. Poespoprodjo

Menurut W. Poespoprodjo (2010), pengertian hedonisme ialah suatu anggapan bahwa kesenangan atau kenikmatan adalah tujuan dari akhir hidup yang baik dan tertinggi.

4. Collins GEM

Menurut Collins GEM (1993), pengertian hedonisme ialah sebuah doktrin yang menyebutkan bahwa kesenangan merupakan hal yang paling penting dalam hidup. Artinya, hedonisme ialah paham yang dipegang oleh orang-orang yang mencari kesenangan hidup semata.

Ciri-Ciri Hedonisme Di Masyarakat

Setelah mengetahui pengertian hedonisme secara umum dan dari beberapa ahli. Kalian perlu mengetahui ciri-ciri hedonisme di masyarakat. Perilaku hedonisme ini mudah dijumpai di tengah-tengah masyarakat. Tetapi, banyak yang tidak sadar jika mereka edang berada pada cara hidup hedonisme. Di bawah ini merupakan ciri-ciri hedonisme:

  • Berpikir jika ujuan utama hidup seseorang ialah kenikmatan dan kesenangan pribadi.
  • Kurang bahkan tidak perduli terhadap kepentingan serta kebahagiaan orang lain sehingga menjadi individu yang egois.
  • Kurang atau tidak merasa puas terhadap hal yang sudah dipunyai, bisa itu harta ataupun keluarga.
  • Muncul sifat konsumtif, yang mana lebih mengutamakan membeli dikarenakan kesenangan daripada kebutuhan.
  • Memiliki kecenderungan diskriminatif serta sombong, melihat orang lain dari harta, status sosial, dan merasa lebih baik daripada orang lain.

Faktor Penyebab Hedonisme

Berdasarkan pengertian hedonisme, apa saja faktor penyebab hedonisme? Gaya hidup hedonisme tak terjadi begitu saja. Terdapat beberapa faktor yang memantik seseorang menganut paham hedonisme, entah itu faktor dari diri sendiri (internal) maupun dari luar (eksternal).

1. Faktor Internal

Faktor internal atau dari dalam diri sendiri adalah penyebab hedonisme yang utama. Memang menjadi sifat dasar dari manusia ingin mempunyai kesenangan dan kebahagiaan yang banyak dengan bekerja sekeras mungkin.

Selain itu, manusia juga mempunyai sifat dasar tak pernah puas terhadap sesuatu yang telah dipunyai. Sifat dasar manusia tersebutlah yang merupakan pemicu dari hedonisme serta perilaku konsumerisme.

2. Faktor Eksternal

Faktor penyebab hedonisme dari luar yang paling utama alah arus informasi dari luar yang besar atau biasa disebut sebagai globalisasi. Kebiasaan serta paham orang dari luar negeri yang dirasa dapat membuat senang lalu dipahami dan diterapkan oleh masyarakat Indonesia.

Jenis-Jenis Hedonisme di Masyarakat

Berdasarkan pengertian hedonisme. Secara umum, hedonisme yang terdapat pada masyarakat dibagi menjadi tiga macam, yakni:

1. Psychological Hedonism

Memiliki anggapan bahwa manusia diciptakan secara lahiriah mengehendaki untuk kesenangan. Secara naluri, manusia memang mempunyai sifat untuk menghindari rasa sakit dan derita.

2. Evaluative Hedonism

Kesenangan ialah apa yang seseorang harapkan dan kejar. Pada konsep evaluative hedonism, hanya kesenanganlah yang dianggap berharga dan rasa sakit atau ketidaksenangan merupakan sesuatu yang dianggap mengecewakan atau sesuatu yang tak layak untuk dirasakan.

3. Rationalizing Hedonism

Seseorang mencari kesenangan tetapi paham dengan konsekuensinya. Contohnya dengan mengkonsumsi obat-obatan terlarang guna mencari kesenangan serta lepas dari masalah ementara. Tetapi dia tahu jika hal tersebut merupakan hal yang buruk bagi kesehatan dan dapat menyeretnya ke ranah pidana.

Kelebihan dan Kekurangan Hedonisme

Setelah mengetahui pengertian hedonisme, cici-cici hedonisme, faktor penyebabnya dan jenis hedonisme. Pembahasan selanjutnya adalah kelebihan dan kekurangan hedonisme. Ternyata hedonisme tidak selalu berupa sesuatu yang buruk, namun terdapat hal yang positif yang dapat diperoleh darinya, yakni kesenangan dan kebahagiaan.

Pada saat seseorang merasa senang atau bahagia ketika minum teh, minum kopi, atau menonton drama untuk memperoleh kesenangan eserta kebahagiaan, maka hal tersebut telah masuk pada paham hedon.

1. Kelebihan Hedonisme

Seperti yang telah disebutkan bahwa, hedonisme tidak selalu memiliki dampak buruk. Terdapat beberapa kelebihan dari orang yang menganut paham hedonisme, yakni:

  • Mempunyai motivasi yang kuat untuk mencapai keinginan.
  • Gemar bekerja keras dan pantang menyerah supaya tercapai tujuannya.
  • Selalu dapat menggunakan setiap kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin.

2. Kekurangan Hedonisme

Seperti di jelaskan di atas bahwa, hedonisme lebih banyak memiliki kekurangan daripada kelebihannya. Secara umum i bawah ini ialah kekurangan dari orang-orang yang berpaham hedonis:

  • Mmeiliki sifat egois dan individualis sehingga tidak memiliki kepekaan sosial.
  • Terkadang menghalalkan segala cara untuk meujudkan tujuan, tidak perduli cara yang ditempuhnya bisa berakibat buruk.
  • Tidak jarang dapat merugikan orang lain untuk meraih keinginannya.

Dampak Buruk Hedonisme

Berdasarkan pengertian hedonisme. Sebagai catatan, perilaku dari hedonisme tidak hanya menimbulkan dampak negatif, namun juga ada dampak positifnya. Tetapi, secara keseluruhan dampak hedonisme lebih cenderung pada arah yang negatif. Di bawah ini merupakan beberapa dampak buruk hedonisme di masyarakat:

  • Individualisme, mereka yang memiliki perilaku hedonisme akan cenderung individualis, atau beranggapan bahwa diri sendiri lebih penting daripada orang lain.
  • Konsumtif, kebiasaan dalan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan ialah dampak buruk dari paham hedonisme. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk kesenangan saja, sebab gemar
  • Egois, masih berkaitan dengan individualis, mereka yang memiliki perilaku hedonisme biasanya akan lebih mementingkan diri sendiri tanpa perduli dengan orang lain.
  • Menjadi malas, sebagian orang yang masuk dan berpaham hedonisme pada umumnya akan cenderung menjadi orang pemalas serta tidak menghargai waktu.
  • Kurang bertanggungjawab, Selain menjadi pemalas, penganut paham hedonisme pada umumnya kurang memiliki rasa tanggung jawab, bahkan untuk dirinya sendiri.
  • Boros, hanya untuk kesenangan semata, mereka yang memiliki gaya hidup hedon biasanya sangat boros. Mereka bisa menghabiskan banyak uang hanya untuk hal-hal yang membuat dirinya sendiri senang tanpa perduli manfaat serta kegunaan barang yang dibeli.
  • Korupsi, salah satu efek dari hedonisme yang sering dijumpai pada seseorang ialah kebiasan untuk korupsi. Tidak hanya korupsi uang, tetapi juga pada hal yang lain, misalnya korupsi waktu, korupsi pekerjaan, dan yang lainnya .Pejabat yang telah terjerumus dan masuk dalam perilaku hedonisme tak akan segan-segan dan tidak akan malu dalam melakukan aksi korupsi untuk kesenangan hidupnya.

Kesimpulan

Demikian artikel kami mengenai Pengertian Hedonisme. Sedikit kesimpulan bahwa hedonisme tidak melulu memiliki efek dan dampak buruk bagi seseorang, hedon bisa juga sebagai saana hiburan dan melepas penat setelah bekerja atau belajar dalam waktu yang lama.

Namun apabila tidak dikontrol dengan baik, maka memang akan menjerumuskan orang pada sifat yang tidak baik. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa baca artikel-artikel lain dalam web ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 896

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts