Pengertian Hosting Dan Domain Serta Jenisnya

  • Whatsapp
Pengertian Hosting Dan Domain - cover
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Anda harus memahami definisi atau pengertian hosting dan domain serta jenis-jenis yang terkandung dalamnya. Artikel ini membahas dengan mengulas yang diambil dari beberapa referensi yang ada selama ini, yang kemudian disimpulkan menjadi satu arti yang valid.

Pengertian Hosting dan Domain

Pengertian Hosting Dan Domain - cover

Dalam membuat sebuah website disana terdapat dua komponen yang sangat penting harus Anda miliki yaitu Hosting dan Domain. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang seringkali tidak bisa membedakan antara apa itu domain dan apa itu hosting. Oleh karena itu saya menulis artikel ini untuk mengulas tuntas tentang domain dan hosting.

Pengertian Domain

Secara singkat, nama domain adalah alamat dari sebuah website. Nama domain tersebut yang akan digunakan oleh orang-orang agar dapat mengunjungi website Anda, misalnya Facebook.comGoogle.com, Wikipedia.orgBelajarBisnisInternet.com.

Sebenarnya domain tersbut merupakan sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. Alamat IP sendiri merupakan sebuah susunan angka yang terdiri dari beberapa digit angka, misalnya alamat IP 66.220.156.68 (pada saat artikel ini dibuat) adalah alamat dari server komputer Facebook.com.

Anda bisa coba ketik 66.220.156.68 pada Address Bar di browser Anda, maka Anda pun akan masuk ke halaman Facebook.com. apabila anda tidak memiliki nama Hosting dan Domain, maka berapa banyak angka dari alamat IP yang harus Anda ingat hanya untuk sekedar membuka website-website yang sering Anda akses.

Fungsi Utama Domain

Fungsi utama dari domain yaitu untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses dan mengingat alamat website Anda. Selain itu, apabila sewaktu-waktu Anda harus mengubah alamat IP website Anda untuk keperluan tertentu (misalnya pindah server komputer), maka Anda tidak perlu susah-susah memberitahu ke pengunjung alamat IP baru Anda, karena yang mereka perlukan hanyalah sebuah nama domain untuk bisa akses ke website Anda.

Bagian dan Jenis-Jenis Nama Domain

Sebuah nama domain sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa bagian, yaitu :

  1. Top Level Domain (TLD) merupakan susunan huruf terakhir setelah tanda titik dari sebuah domain, atau bagian dari nama domain yang terletak di posisi paling kanan sampai tanda titik. Contoh TLD dari com adalah .com
  2. Second Level Domain (SLD) yaitu bagian kedua dari kanan atau bagian setelah TLD dari sebuah nama domain. Contoh SLD dari com adalah BelajarBisnisInternet, SLD dari Google.co.id adalah .co
  3. Third Level Domain ialah bagian setelah SLD dari sebuah nama domain. Contoh co.id maka Third Level Domain-nya adalah Google
  4. Subdomain merupakan sebuah domain yang merupakan bagian dari domain utama, subdomain biasanya terletak di depan (sebelah kiri) dari nama domain. Tujuan dari dibuat subdomain biasanya karena diperlukan sebuah website baru yang memiliki fungsi berbeda dengan website utama. Contohnya commemiliki subdomain Member.BelajarBisnisInternet.com untuk member area. Atau Mail.Google.com yang merupakan subdomain dari Google.com untuk mengakses website email Gmail.

Top Level Domain (TLD) sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Global Top Level Domain (gTLD) yaitu TLD untuk berbagai keperluan umum. Contoh: .com, .net, .org, .gov, .biz, .info
  2. Country Code Level Domain (ccTLD) ini TLD yang khusus digunakan untuk negara tertentu. Contoh: .id, .uk, .sg, .my

Setiap TLD berbentuk sebuah kode yang memiliki arti untuk mewakili isi dari sebuah website. Jadi dengan mengenal arti dari TLD Anda sudah bisa menebak tentang apa kira-kira isi sebuah website.

Penggunaan domain TLD kadang tidak sesuai dengan yang seharusnya, misalnya .org yang pada awalnya digunakan untuk kode website organisasi non profit namun akhirnya banyak digunakan oleh website-website komersial.

Berikut ada beberapa jenis domain TLD yang sering kita jumpai :

  • .com digunakan oleh domain website komersial atau perusahaan
  • .net digunakan oleh domain website jaringan
  • .org digunakan oleh domain website organisasi (non profit)
  • .gov digunakan oleh domain website pemerintah
  • .biz digunakan oleh domain website bisnis
  • .info digunakan oleh domain website informasi
  • .edu digunakan oleh domain website pendidikan
  • .ac digunakan oleh domain website akademis
  • .sch digunakan oleh domain website sekolah
  • .id digunakan oleh domain website Indonesia
  • .uk digunakan oleh domain website United Kingdom (Inggris)
  • .us digunakan oleh domain website United States (Amerika)
  • .co.id digunakan oleh domain website komersial atau perusahaan di Indonesia
  • .go.id digunakan oleh domain website pemerintah di Indonesia
  • .or.id digunakan oleh domain website organisasi non profit di Indonesia
  • .web.id digunakan oleh domain website non formal atau pribadi di Indonesia

Dengan adanya pertumbuhan dan bertambahnya banyaknya website yang bermunculan begitu pesat, di tahun 2014 ICANN telah merilis lebih dari 1.400 TLD baru yang mencakup berbagai macam kategori mulai dari teknologi, industri, hobi, dll.

Oleh karna itu Anda akan menjumpai website dengan akhiran .online, .music, .pizza, .boutique, .camera, .ninja, .cooking, .fishing, .horse, dll.

Pengertian Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa nama domain digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer, nah server komputer ini ada di dalam sebuah Hosting.

Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan data-data dari sebuah website agar bisa diakses melalui internet, data-data tersebut dapat berupa file, gambar, video, email, database, program, dll. Hosting untuk keperluan website sering juga disebut sebagai Web Hosting.

Definisi lainnya adalah hosting merupakan suatu tempat penyimpanan data digital yaitu termasuk text, gambar, atau video yang nantinya kesemua informasi tersebut akan di tampilkan dalam bentuk website. Entah itu website perusahaan, website pribadi, website blog, dan lain sebagainya.

Setiap situs yang hendak Anda jadikan online sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host, itulah yang dimaksud dengan hosting.

Kini telah banyak beredar dan tersedia Hosting dan Domainyang ditawarkan di internet. Mulai yang berbayar sampai dengan yang gratis sekalipun.

Jenis-Jenis Hosting

1. Shared Hosting

Shared Hosting meurakan istilah yang biasa digunakan untuk layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar. Shared web hosting adalah jenis pilihan yang termurah dan paling terjangkau dari web hosting lain seperti VPS atau Dedicated Server.

2. Dedicated Hosting

Dedicated hosting istilah ini digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal.

3. VPS Hosting

VPS hosting yaitu singkatan untuk Virtual Private Server hosting. VPS hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep hosting virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis teknologi terbaru yang mungkin belum dapat Anda temui pada semua penyedia layanan web hosting.

Cloud hosting ialah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara.

Jadi setelah Anda memiliki sebuah domain, langkah selanjutnya adalah meletakkan domain tersebut pada sebuah hosting, kemudian Anda bisa mulai membangun website Anda.

Demikianlah beberapa uraian mengenai pengertian hosting dan domain semoga dari dari ualsan diatas dapat bermanfaat untuk anda. terima kasih.