Pengertian Inflasi Nilai Uang : Definisi, Arti, Analisis

  • Whatsapp
Pengertian Inflasi Nilai Uang - Definisi, Arti, Analisis 1
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Sebelum membahas mengenai pengertian inflasi nilai uang maka penulis akan menjelaskan dampak inflasi atas suatu negara. Sehingga anda memahami betul kerugian negara beserta penduduknya akibat inflasi. Pada dasarnya, inflasi membawa dua sisi mata uang yakni sisi baik dan sisi buruk dari segi pendapatan.

Untuk sisi baiknya, inflasi nilai uang akan meningkatkan semangat para wirausahawan untuk memperbanyak produksi barang yang akan memperkuat ekonomi bangsa. Sebaliknya dari segi kekurangan, inflasi nilai uang akan berakibat pada masyarakat yang berpendapatan rendah menjadi semakin rendah. Disebabkan harga produk naik sedangkan gaji tetap.

Read More

Pengertian Inflasi Nilai Uang

Pengertian Inflasi Nilai Uang - Definisi, Arti, Analisis 1

Pendek kata, salah satu yang paling ditakutkan oleh sebuah negara dan penduduknya adalah terjadinya inflasi nilai uang. Sebagaimana yang terjadi akhir-akhir ini di negara Amerika Latin yakni Venezuela. Dimana harga-harga berbagai kebutuhan pokok melonjak tajam. Yang membuat nilai mata uang negara Venezuela tidak berharga lagi.

Dampak Inflasi

Dampak inflasi bukan hanya terjadi pada penurunan nilai mata uang. Tapi juga berdampak pada ekspor. Pada saat negara tersebut terkena inflasi nilai uang berarti negara tersebut mengalami ketidakmampuan dalam kegiatan ekspor secara lebih besar. Sehingga pendapatan devisa sangat minim. Di sinilah pentingnya kemampuan ekspor suatu negara untuk mencegah terjadinya inflasi nilai uang.

Selain itu, dampak inflasi nilai uang akan membuat masyarakat tidak berminat lagi untuk menabung. Karena nilai uang akan semakin mengecil. Dan penghasilan dari bunga atau bagi hasil bank menjadi kian kecil. Apalagi ia mesti membayar iuran bulanan sebagai biaya administrasi.

Dampak lainnya tersangkut dengan penetapan harga barang kebutuhan utama. Dimana penetapan harga barang keperluan utama jadi sangat sukar disebabkan dapat terlalu mahal dan terlalu murah. Dengan adanya ketidak pastian dalam besaran inflasi di masa mendatang. Penetapan harga jadi tak tepat. Sehingga inflasi nilai uang dapat mengacaukan ekonomi sebuah negara atau bangsa.

Pengertian Inflasi Nilai Uang

Lawan inflasi adalah deflasi. Inflasi menurut bahasa berasal dari bahasa Inggris yaitu inflation. Sedangkan menurut terminologi atau istilah, inflasi merupakan satu kondisi yang mana ekonomi di satu negara mengalami ketidak seimbangan antara arus barang dan arus uang. Sehingga menimbulkan kenaikan berbagai harga barang-barang dan kebutuhan pokok. Hal tersebut berlangsung dalam masa yang panjang.

Sementara itu, jika kenaikan harga barang bersifat sesaat maka itu bukanlah suatu kondisi inflasi. Contohnya kenaikan harga-harga barang kebutuhan pokok ketika akan datang hari raya idul fithri di bulan Ramadhan.

Pengertian Inflasi Menurut Para Pakar

Pengertian Inflasi Nilai Uang - Definisi, Arti, Analisis 2

Untuk lebih memahami apa itu inflasi maka sangat tepat untuk melihat definisi inflasi nilai uang dalam pandangan para ahli. Boediono mengatakan bahwasanya inflasi merupakan sebuah kecenderungan akan naiknya berbagai harga kebutuhan pokok secara berkesinambungan. Yang merembet kepada harga barang lain jadi ikut naik.

Dwi Eko Waluyo melihat inflasi adalah penyakit yang melanda ekonomi suatu negara. Sehingga laju inflasi haruslah dikendalikan secara baik. Seluruh negara hampir mengalami yang namanya inflasi nilai uang. Yang ditandai dengan kenaikan harga-harga barang.

Winardi berpendapat inflasi adalah penurunan daya beli masyarakat secara meluas. Hal ini disebabkan oleh lebih banyak uang yang bereda di masyarakat daripada jumlah produk dan jasa yang ada di masyarakat.Sadono Sukirno berpandangan inflasi adalah sebuah gejala peningkatan harga-harga barang yang melanda perekonomian suatu negara secara meluas.

Bank Indonesia (BI) mendefinisikan inflasi suatu gejala kenaikan harga-haraga barang secara meluas dan terus menerus yang berdampak pada daya beli masyarakat semakin rendah. Hal inilah yang terjadi di negara Indonesia yang tercinta. Namun laju inflasi dapat dikendalikan dengan baik.

Analisis Inflasi di Indonesia

Berdasarkan pengamatan penulis, negara Indonesia pun mengalami beberapa kali periode inflasi yaitu pada masa Presiden Soekarno, Presiden Soeharto hingga Presiden Jokowi. Semuanya pada pola yang sama yakni kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok secara meluas dan terus menerus.

Pada tahun sebelumnya, tingkatan inflasi berada di level tinggi. Namun saat ini pada tingkat ringan. Namun demikian, inflasi harus ditekan seminimal mungkin. Supaya daya beli masyarakat terjaga dengan baik, dan pemerintahan dapat berjalan sesuai fungsinya.

Kalau kita melihat sejarah di masa lalu, berbagai pemerintahan dapat bubar. Salah satunya diakibatkan oleh dampak inflasi nilai uang. Seperti pada jaman Orde Baru menjelang pengunduran diri Presiden Soeharto berbagai harga kebutuan pokok melonjak naik. Yang membuat masyarakat semakin sengsara dan morat marit ekonomi.

Pada tahun 2019 ini, pemerintahan Jokowi berusaha menekan laju inflasi yang terus bergerak naik. Pengendalian inflasi dilakukan secara intensif melalui berbagai cara. Salah satunya peningkatan nilai ekspor maupun pembangunan infrastruktur untuk tempat wisata dan bandara sebagai penyumbang devisa dan membangun daya dukung ekonomi nasional.

Penyebab Inflasi

Adapun yang menjadi penyebab inflasi di suatu negara sangatlah banyak. Salah satu faktornya adalah jumlah uang yang berada di penduduk negara tersebut sangatlah banyak ketimbang yang diperlukan sesuai proporsional. Sehingga nilai uang semakin mengecil dan harga-harga kebutuhan pokok menjadi naik. Hal ini seperti terjadi pada negara Venezuela.

Inflasi nilai uang yang terjadi pada suatu negara tidak terhindarkan lagi. Dan tidak akan mungkin inflasi di suatu negara ditiadakan. Hanya saja bisa dikendalikan. Misalkan inflasi pada bulan ini di Indonesia lebih rendah dari bulan kemarin ditingkatan 1 persen. Kecuali yang terjadi di negara Arab Saudi yang harga barang tetap stabil dengan mata uang realnya.

Penyebab inflasi nilai uang lainnya adanya permintaan barang yang semakin meningkat pesat dan biaya produksi yang semakin mahal. Hal ini bisa dipicu oleh peningkatan permintaan produk dari pihak swasta, pemerintah maupun untuk keperluan ekspor.

Biaya produksi yang semakin mahal menjadi pemicu yang membuat terjadinya inflasi pada suatu negara. Biaya produksi mahal disebabkan naiknya harga bahan baku dan ongkos produksi. Contohnya : Meningkatnya gaji karyawan dan harga BBM yang semakin mahal.

Beredarnya uang di masyarakat yang berlebihan juga dapat menjadi pemicu timbulnya inflasi. Sehingga negara harus benar-benar mengawasi dan mengontrol jumlah uang yang beredar di masyarakat. Jangan sampai berlebihan karena berdampak pada ekonomi negara bersangkutan. Seperti terjadinya inflasi yang cirinya naiknya berbagai harga kebutuhan pokok dan nilai uang semakin mengecil.

Pemerintah yang kekurangan uang atau defisit untuk membiayai penyelenggaraan negara seringkali mencetak uang baru. Hal ini bisa berakibat fatal. Dimana uang yang beredar di penduduk terlalu banyak. Sehingga nilai uang semakin mengecil. Dan para produsen akan meningkatkan harga barang yang diproduksinya.

Macam-Macam Inflasi Nilai Uang

Pengertian Inflasi Nilai Uang - Definisi, Arti, Analisis 3

Untuk jenis dan macam inflasi yang terjadi pada suatu negara beraneka ragam tergantung sumber, penyebab dan level kerusakannya. Berdasarkan tingkat kerusakannya, inflasi terbagi ke dalam empat bagian, yaitu : inflasi ringan, sedang, berat dan sangat berat.

Inflasi ringan adalah suatu kondisi inflasi yang masih dapat dikendalikan oleh pemerintah. Sehingga tidak mengacaukan perekonomian suatu negara. Laju inflasi masih sangat rendah di bawah level 10 per satu tahun.

Tingkatan inflasi sangat berat adalah suatu kondisi inflasi yang membuat kacau ekonomi negara. Inflasi ini sangat sukar dikendalikan lagi. Sehingga banyak masyarakat memilih untuk tidak menabung di bank.

Justeru mengambil simpanan uangnya di bank secara besar-besaran. Dan lebih ekstrem lagi, mereka memilih pindah negara ke negara yang lebih makmur dan stabil dalam perekonomian.

Dari penjelasan di atas sangat jelas bahwa ada beberapa faktor penyebab inflasi beserta dampak yang ditimbulkannya. Inflasi pada tahun 2019 menjadi sebuah misteri bagi negara Indonesia. Namun selama ini dapat dikendalikan secara baik walaupun sebagian harga barang dan jasa mengalami kenaikan.

Demikianlah pengertian inflasi nilai uang dan penyebabnya serta macam-macamnya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Related posts