Pengertian Komunikasi : Fungsi, Tujuan Dan Macam

  • Whatsapp
Pengertian Komunikasi

Pengertian komunikasi akan dibahas dalam artikel ini. Kalian pasti sudah tidak asing dengan kata komunikasi. Taukah kalian apa pengertian komunikasi? Selain itu pa fungsi dan tujuan komunikasi? Apa syarat-syarat komunikasi dan ada berapa macam komunikasi?

Dalam artikel ini akan membahas secara lengkap apa yang ditanyakan diatas. Pembahasan dimulai dari pengertian komunikasi hinga macam-macam dari komunikasi. Simak artikel ini hingga selesai.

Read More

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Apa sih yang dimaksud dengan komunikasi? Pengertian Komunikasi ialah suatu kegiatan dalam penyampaian informasi, baik pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak pada pihak lain. Biasanya kegiatan komunikasi ini dlaksanakan secara verbal atau lisan sehingga mudah bagi kedua belah pihak untuk mengerti.

Secara harafiah, pengertian komunikasi merupakan interaksi antara dua orang atau lebih dalam memberikan suatu pesan atau informasi. Komunikasi secara umum memiliki tujuan dalam memberikan pengetahuan terhadap orang lain.

Pengertian komunikasi yang baik ialah komunikasi yang bisa dimengerti serta diterima oleh orang lain. Selain dengan cara verbal, komunikasi juga dapat dilaksanakan melalui bahasa tubuh atau memakai gesture dengan tujuan tertentu.

Pada sebuah organisasi atau bisnis, komunikasi mempunyai peranan penting sebab merupakan bentuk dari koordinasi antar anggota atau tim guna menginformasikan ide dan gagasan. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengertian komunikasi serta peranannya pada bisnis.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Supaya lebih paham mengenai arti komunikasi, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Di bawah ini merupakan pengertian komunikasi yang pernah diuraikan oleh beberapa ahli:

1. Everett M. Rogers

MenurutĀ  Everett M. Rogers, pengertian komunikasi ialah proses pengalihan ide dari satu sumber pada satu penerima atau lebih yang bertujuan supaya mengubah perilaku.

2. James A. F. Stoner

Menurut James A. F. Stoner, pengertian komunikasi ialah suatu proses pada seseorang yang berusaha dalam memberikan pengertian serta informasi melalui cara menyampaikan pesan pada orang lain.

3. Drs. H. A. W. Widjaya

Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya, pengertian komunikasi ialah hubungan kontak antar dan antara individu ataupun kelompok.

4. Anderson

Menurut Anderson, pengertian komunikasi ialah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi secara dinamis dan konstan berubah sesuai kondisi yang berlaku.

5. Lexicographer

Menurut Lexicographer, pengertian komunikasi ialah usaha yang bertujuan guna memberi dan mendapat kebersamaan. Tujuan yang hendak diinginkan kedua beluah pihak bisa tercapai jika mereka berkomunikasi dan mempunyai pemahaman yang sama tentang informasi yang saling ditransfer.

Fungsi Komunikasi Secara Umum

Sebenarnya terdapat banyak sekali fungsi dari komunikasi yang bisa dirasakan oleh manusia, baik secara individu ataupun organisasi. Berdasarkan pengertian komunikasi yang telah dijelaskan diatas. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi komunikasi secara umum:

1. Sebagai Alat Kendali

Fungsi komunikasi yang pertama ialah untuk alat kendali atau kontrol. Pada hal ini alat kendali berarti melalui komunikasi maka perilaku individu bisa dikontrol menggunakan penyampaian aturan yang mesti dipatuhi.

2. Sebagai Alat Motivasi

Komunikasi yang baik dan persuasif bisa menaikkan motivasi seseorang ketika melakukan sesuatu. Menyampaikan informasi yang bisa dicapai pada kehidupan akan menambah motivasi seseorang.

3. Sebagai Ungkapan Emosional

Berbagai perasaan yang terdapat pada diri seseorang bisa diungkapkan terhadap orang lain melalui cara berkomunikasi. Emosi ini bisa nerrupa perasaan senang, marah, kecewa, gembira, dan lain-lain.

4. Sebagai Alat Komunikasi

Dengan berkomunikasi maka kita bisa menyampaikan informasi yang dibutuhkan orang lain atau kelompok yang mana dengan informasi tersebut maka proses pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan tepat.

Tujuan Komunikasi Pada Umumnya

Setelah mengetahui pengertian komunikasi dan fungsi komunikasi. Kalian juga perlu mengetahui tujuam komunikasi secara umum. Seluruh kegiatan komunikasi dikerjakan dengan tujuan tertentu. Tujuan dari komunikasi secara umum yakni:

1. Supaya Komunikator Dimengerti Komunikan

Tujuan komunikasi yang pertama ialah guna memastikan informasi atau pesan dari komunikator bisa dipahami oleh orang lain (komunikan). Maka dari itu komunikator perlu menyampaikan pesan utama dengan sejelas mungkin terhadap komunikan.

2. Supaya Mengenal Orang Lain

Dengan adanya interaksi serta komunikasi maka tiap orang bisa saling kenal dan memahami satu sama lain. Kemampuan dalam mendengar/ membaca/ mengartikan pesan dari orang lain dengan baik ialah hal penting pada kegiatan komunikasi.

3. Supaya Pendapat Diterima Orang Lain

Komunikasi secara persuasif seringkali dilaksanakan guna memberikan gagasan atau ide seseorang kepada orang lain. Tujuannya ialah agar supaya dan gagasan tersebut diterima.

4. Menggerakkan Orang Lain

Komunikasi dengan cara persuasif bisa membangun kesesuaian persepsi dengan orang lain. kemudian, kesesuaian persepsi tersebut dimanfaatkan guna menggerakkan orang lain sesuai dengan keinginan kita.

Syarat-Syarat Komunikasi

Walaupun terlihat mudah dipahami, berdasarkan pengertian komunikasi menurut para ahli. Komunikasi mempunyai syarat-syarat tertentu yang perlu dipenuhi supaya terbentuk suatu komunikasi. Syarat-syarat dari komunikasi tersebut ialah:

1. Sumber (Source)

Yang dimaksudkan dengan sumber (source) ialah dasar dalam menyampaikan informasi/ pesan yang bertujuan dalam memperkuat isi pesan tersebut. sejumlah sumber komunikasi contohnya buku, lembaga, orang yang ahli, Google, dan lain sebagainya.

2. Komunikator

Komunikator merupakan pelaku yang memberikan pesan kepada pihak lain. Pelaku pemberi informasi ini daoat seorang individu (penulis, pembicara, dan lain-lain), bisa pada bentuk kelompok, atau organisasi komunikasi (radio, TV, surat kabar, majalah, dan lain-lain).

3. Komunikan

Komunikan merupakan pihak yang menerima pesan atau informasi dari komunikator. Pelaku penerima informasi ini dapat individu ataupun organisasi.

4. Pesan

Pesan merupakan keseluruhan informasi yang diberikan oleh komunikator. Sebuah pesan mempunyai tema utama untuk pengarah pada usaha dalam mengubah sikap dan perilaku orang lain. Komunikasi yang baik ialah yang mempunyai pesan supaya bisa diterima oleh pihak lain yang berhubungan.

5. Saluran (Kanal)

Saluran atau kanal merupakan media yang dimanfaatkan oleh komunikator dalam menyampaikan pesannya terhadap pihak lain. Kanal ini dapat berupa formal maupun informal.

6. Hasil (Effect)

Effect merupakan hasil akhir dari komunikasi yang mana bentuknya ialah perubahan perilaku erta sikap dari komunikan. Perubahan tersebut dapat sesuai dengan harapan atau tidak sesuai dengan keinginan komunikator.

Macam-Macam Komunikasi

Berdasarkan pengertian komunikasi yang telah dijelaskan. Terdapat beberapa macam komunikasi yang dapat dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Di bawah ini merupakan jenis-jenis komunikasi:

1. Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

  • Komunikasi Verbal (Lisan) : Komunikasi yang terjadi secara langsung tanpa ada jarak yang berarti. Misalnya komunikasi lisan contohnya; wawancara kerja, atau dua orang yang tengah berbicara. Komunikasi lisan bisa juga terjadi jarak jauh. Contohnya pembicaraan lewat teleconference, berbicara via telepon, dan video call.
  • Komunikasi Tertulis : Sekarang ini komunikasi dengan tertulis biasanya melalui aplikasi atau media sosial. Contohnya; mengirim pesan via email, chatting melalui aplikasi WhatssApp/ Facebook Messenger.

2. Komunikasi Berdasarkan Maksud

Komunikasi bisa juga dibedakan dari maksud komunikator. Kemauan dari komunikator adalah faktor utama pada proses penyampaian pesan. Di bawah ini merupakan beberapa jenis komunikasi berdasarkan maksud :

  • Pidato
  • Pemberian saran atau kritik
  • Pemberian perintah
  • Ceramah
  • Wawancara

3. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Macam-macam komunikasi yang ketiga adalah komunikasi bisa juga dibedakan dari ruang lingkupnya, yakni:

  • Komunikasi Internal : Jenis interaksi yang ada pada batas ruang lingkup organisasi yang mana interaksi hanya terjadi antar individu pada organisasi itu saja. Komunikasi internal ini bisa terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
  1. Komunikasi vertikal : Perintah atasan, teguran, arahan, dan lainnya.
  2. Komunikasi horizontal : Diskusi atau bertukar pikiran antar anggota organisasi yang memiliki posisi yang sama.
  • Komunikasi Eksternal : Jenis komunikasi yang dilakukan organisasi kepterhadapada publik, contohnya jumpa pers, program TV dan Radio, serta bakti sosial.

4. Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Pada komunikasi ada beberapa arah untuk penyampaiannya, yakni:

  • Komunikasi satu arah : Komunikasi yang datang hanya dari satu pihak, contohnya guru dan murid.
  • Komunikasi dua arah : Komunikasi yang bersifat dua arah yang mana dua individu saling menyampaikan pesan dan feedback satu sama lain.
  • Komunikasi ke atas : Komunikasi yang berasal dari bawah ke atas, contohnya informasi yang diberikan bawahan terhadap atasan.
  • Komunikasi ke samping : Komunikasi yang muncul karena adanya kesamaan dalam kedudukan, atau komunikasi antara dua individu yang memiliki posisi sejajar.

Kesimpulan

Demikianlah artikel ini kami buat. Pengertian komunikasi merupakan interaksi antara dua orang atau lebih dalam memberikan suatu pesan atau informasi. Komunikasi secara umum memiliki tujuan dalam memberikan pengetahuan terhadap orang lain. Selain memiliki tujuan, komunikasi juga memiliki fungsi dan syarat. Selain itu ada beberapa macam komunikasi seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini.

Kami harap dengan adanya artikel ini akan memberikan manfaat serta wawasan keilmuan kepada anda sekalian. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa baca artikel lainnya dalam web ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 896

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts