Pengertian Marketing : Definisi dan Sistemnya

  • Whatsapp
Pengertian Marketing

Pengertian Marketing dan seluk beluknya bagi orang yang terjun dalam dunia salesman atau penjualan pastinya tak asing lagi. Karena itulah tugas pekerjaan mereka sehari-hari yaitu memasarkan suatu barang atau produk sehingga sampai di konsumen. Dengan demikian, pengertian marketing dapat juga disamakan dengan arti pemasaran atau penjualan suatu produk.

Marketing adalah suatu upaya memperkenalkan dan menjualkan suatu barang dalam rangka memenuhi keperluan manusia. Jelas barang yang dijual adalah barang yang dibutuhkan manusia sehingga membelinya. Yang membuat manusia merasakan kepuasan atas produk yang dibelinya tersebut sebab sesuai keperluan dan kebutuhannya. Itulah konsep awal marketing secara umum dan khusus.

Read More

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian Marketing

Beberapa pakar memberikan definisi dan pengertian marketing. Berikut ini pengertian marketing menurut para ahli, antara lain :




1. Philip dan Duncan

Kedua pakar ekonomi dunia itu menegaskan pengertian marketing adalah bagian dari proses pengelolaan usaha yang dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Dengan cara membuat barang yang dibutuhkan itu dan menjualnya kepada publik melalui transaksi penjualan.

2. William J Stanton

Beliau berpendapat bahwa pengertian marketing sama dengan pemasaran. Yaitu suatu proses usaha yang dilaksanakan secara totalitas dan menyeluruh dalam aktifitas bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Proses marketing dimulai dari merancang produk yang dibutuhkan manusia. Kemudian menentukan kisaran harga jual. Dilanjutkan dengan cara  promosi dan pemasaran produk sampai ke tangan masyarakat luas.

Dari pengertian marketing menurut para pakar itu dapat ditarik kesimpulan bahwa marketing berkaitan dengan penjualan, pemasaran, pembuatan suatu produk, merencanakan harga barang, promosi dan pendistribusian barang. Untuk mencapai tujuan marketing dibutuhkan jurus marketing yang efektif dan efisien.

Fungsi Marketing

Sesudah memahami pengertian marketing maka kita beralih pada apa saja fungsi marketing. Berikut ini beberapa fungsi marketing bagi perusahaan atau organisasi, antara lain :




1. Fungsi Mediator

Fungsi marketing sebagai perantara antara pengusaha sebagai pembuat produk dan konsumen yang membutuhkan barang itu. Tanpa adanya marketing, manusia tidak mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Betapapun banyaknya produksi barang tanpa kehadiran marketing maka barang itu hanya menumpuk di gudang.

2. Fungsi Mendistribusikan barang

Marketing juga berfungsi untuk mendistribusikan produk sampai ke tangan konsumen. Dengan dimulai dari perkenalan produk yang disebut promosi, penawaran sampai penjualan. Tak hanya disitu. Tapi sampai pengiriman atau pendistribusian barang ke pihak pembeli dengan selamat. Dalam hal ini, fungsi marketing secara offline atau fisik dan online.

Namun di era canggih saat ini, fungsi marketing ini mulai digantikan oleh sopir dan kenek yang bertugas mengirim barang ke tangan konsumen. Supaya karyawan bagian marketing dapat lebih fokus dalam memasarkan barang tanpa direpotkan dengan pengiriman barang tiba di rumah konsumen.

3. Fungsi penukaran

Marketing berfungsi untuk menukarkan barang dengan uang. Penjualan atau pemasaran dikatakan berhasil apabila marketing telah mendapatkan uang atas transaksi yang dilakukan. Marketing sebagai wujud perwakilan dari produsen atau pengusaha.

Perilaku Marketer

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi marketing maka dapat kita melihat tugas atau perilaku marketer. Tugas seorang tenaga marketing atau marketer bukan hanya menjualkan suatu barang. Tapi juga banyak tugas dan perilaku marketer yang lain, antara lain :




1. Memperkenalkan produk

Marketing bertugas memperkenalkan produk kepada masyarakat sesuai kebutuhan. Sehingga masyarakat mengetahui kelebihan produk tersebut dan muncul niat membelinya atau terjadi transaksi penjualan.

Marketing sebagai pihak yang mewakili perusahaan yang bertugas menjaga nama baik perusahaan dan menjelaskan perusahaannya tempat bekerja dan produk yang dijualnya.

2. Pencetak laba

Bagi perusahaan, peran dan tugas seorang marketing sangat penting yaitu sebagai pencetak keuntungan bagi perusahaan. Ia ujung tombak perusahaan. Suatu usaha berjalan baik selama memiliki marketing yang baik. Besaran laba bersih perusahaan ditentukan oleh marketing. Yang diraih berdasarkan penjualan.

3. Menjaga hubungan baik

Seorang marketing ditugaskan oleh perusahaan untuk bersikap baik, murah senyum dan bersahabat dengan masyarakat. Menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Sehingga segala sesuatu produk yang dihasilkan oleh perusahaannya dapat dikomunikasikan secara baik kepada masyarakat.

4. Mencari informasi

Tugas marketing yang tak kalah penting adalah menggali informasi di masyarakat terhadap kelemahan dan kelebihan produk yang dijual. Yang kemudian disampaikan pada pemilik perusahaan untuk menghasilkan barang yang lebih sempurna dari sebelumnya.

5. Menjual sesuai target

Seorang marketing ditugaskan untuk menjual. Ia datang pagi dan pulang sore tak lain dari seluruh aktifitasnya dipergunakan untuk menghasilkan penjualan. Hal tersebut dikarenakan ia ditugaskan untuk mencapai target penjualan sesuai kehendak perusahaan tempat ia bekerja.

Saat ini marketing bukan hanya dalam arti sempit. Marketing sudah merambah dunia online dengan istilah internet marketing yakni sebuah marketing yang dijalankan di internet. Namun substansi tugas dan fungsinya sama dengan marketing dalam dunia fisik.

Macam Macam Sistem Marketing

Seiring dengan perkembangan jaman. Dari tahun ke tahun strategi marketing semakin bertambah banyak dan dinamis. Strategi marketing model lama mulai ditinggalkan orang. Dan saat ini banyak orang yang mengembangkan strategi marketing terbaru.

Secara umum macam-macam sistem marketing terdiri-dari beberapa unsur, antara lain :




1. Barang

Barang yang dihasilkan adalah suatu produk yang akan dijual kepada masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat atas barang itu. Produk yang dijual harus mempunyai nilai tambah bagi manusia. Sehingga mereka berani untuk menukarkan uang mereka dengan barang yang dijual tersebut.

2. Harga

Penentuan harga barang merupakan bagian dari strategi marketing berikutnya. Dengan menerapkan harga jual produk yang terjangkau dan membuat masyarakat tertarik membelinya dengan harga yang cukup murah itu. Untuk itu, perusahaan menetapkan harga berdasarkan biaya bahan baku, dan ongkos produksi. Sehingga penentuan harga dapat memberikan keuntungan baginya dan masyarakat.

Bagi masyarakat kelas menengah ke bawah, penentuan harga sangat penting. Mereka hanya tertarik membeli produk dengan harga murah. Sedangkan bagi kalangan atas masalah harga tidaklah terlalu penting. Yang penting bagi mereka adalah kualitas mutu suatu produk dan prestise.

3. Tempat usaha

Sebuah saluran distribusi barang supaya dapat sampai di tangan konsumen. Tempat usaha merupakan bagian dari strategi marketing. Karena dengan tempat usaha yang menarik dan mudah dijangkau akan membuat masyarakat tertarik untuk membeli produk yang dijualnya. Lokasi distribusi barang haruslah dekat dengan target pasar yang dituju.

4. Promosi

Strategi marketing yang termasuk macam sistem marketing yang terakhir adalah promosi. Promosi dapat dilaksanakan dengan macam-macam metode. Apalagi sekarang muncul strategi marketing terbaru yakni promosi online. Anda bisa memasarkan suatu barang berdasarkan sistem kerja promosi melalui media sosial atau marketplace maupun secara fisik.

Untuk promosi secara fisik dapat menggunakan spanduk, reklame, neon box, brosur, pamflet dan lain sebagainya untuk menarik minat masyarakat. Namun cara promosi ini memerlukan biaya yang cukup besar. Berbeda dengan sistem promosi online yang cenderung lebih mudah dan murah bahkan gratis.

Penggabungan semua bagian strategi marketing di atas dinamakan marketing mix. Dengan memahami pengertian marketing, tugas, fungsi dan strateginya diharapkan anda dapat mengimplementasikan dalam kegiatan bisnis anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 16203

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts