Pengertian Pancasila : Definisi dan Fungsinya

  • Whatsapp
Pengertian Pancasila

Pengertian Pancasila perlu diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia. Pancasila menjadi salah satu warisan kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Kehadiran Pancasila mampu mempersatukan semua suku bangsa dan agama serta istiadat yang ada di Indonesia. Sehingga memunculkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam Pengertian Pancasila yang berarti walaupun kita berbeda-beda suku bangsa, agama, budaya, jenis kulit dan istiadat tapi semua tetap satu tujuan bersama.



Read More

Kehadiran Pancasila yang membuat bangsa Indonesia yang berbagai macam ragam dapat disatukan. Perpecahan bangsa dapat dihindarkan. Satu sama lain saling menghormati agama dan budaya masing-masing. Hal inilah yang membuat banyak orang di luar negeri terkagum dengan kehebatan Pancasila. Dan berniat mengadopsi nilai-nilai Pancasila yang luhur. Pengertian Pancasila serta fungsi dan sejarahnya akan dibahas dalam artikel ini.

Pengertian Pancasila Secara Umum

Pengertian Pancasila

Pancasila dibuat oleh para Founding Father atau pendiri bangsa untuk dijadikan dasar negara. Hal ini tak terlepas dari ketentuan berdirinya sebuah negara memerlukan suatu dasar negara dan hukum. Butir-butir dan nilai Pancasila diambil dari falsafah dan budaya hidup bangsa Indonesia yang luhur dan bijak. Pancasila sebagai pedoman bagi warga negara Indonesia dan juga pedoman bagi negara dalam menjalankan roda pemerintahan.



Bangsa Indonesia yang kaya akan petuah bijak dan kata mutiara memudahkan terciptanya Pancasila yang luhur. Misalkan banyak petuah bijak suku sunda dan jawa serta minang. Dan semua itu terdapat dalam nilai Pancasila. Namun nilai Pancasila hanyalah bersifat global atau umum. Yang kemudian diperinci dengan butir-butir Pancasila.

Pancasila disimbolkan dengan burung garuda yang mengepakkan sayap. Pada kedua kakinya yang kokoh mencengkeram sebuah motto Bhinneka Tunggal Ika yang berarti negara Indonesia yang memiliki berbagai macam suku bangsa, kulit, adat istiadat, budaya dan ras berbeda namun tetap dalam kesatuan yang utuh yakni negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada bagian burung garuda terdapat beberapa gambar seperti padi dan kapas, kepala banteng, pohon beringin, bintang dan rantai. Semua simbol gambar tersebut mempunyai arti dan makna masing-masing. Simbol bintang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Gambar pohon beringin yang berarti Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Gambar rantai berarti Persatuan Indonesia. Simbol Kepala Banteng berarti Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan/perwakilan. Gambar padi dan kapas berarti keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pengertian Pancasila Menurut Bahasa

Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia. Dalam menetapkan kebijakan, pemerintah harus berlandaskan nilai Pancasila. Untuk melihat kepribadian dan personal bangsa Indonesia dapat dengan mudah dijumpai dalam nilai-nilai Pancasila. Seperti sikap ramah, menghormati orang lain, toleransi agama yang tinggi dan santun.




Menurut bahasa, pengertian Pancasila adalah lima dasar. Yang terbagi dari dua kata yakni panca yang berarti lima. Dan Sila yang berarti dasar. Pancasila itu berasal dari bahasa India Sansekerta. Sehingga Pancasila menurut bahasa adalah lima dasar atau asas.

Nilai Nilai Pancasila Indonesia

Untuk lima dasar Pancasila terdiri-dari :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Dalam arti, setiap warga negara Indonesia memiliki kepercayaan terhadap kekuasaan Tuhan yang Satu. Adapun agama yang diakui di negara Indonesia adalah Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Bangsa Indonesia selalu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Ia senantiasa bersikap lembut dan ramah kepada orang serta menjunjung tinggi norma adab dan agama.




3. Persatuan Indonesia

Keanekaragaman budaya, jenis kulit, agama dan adat istiadat tidaklah membuat suatu perpecahan di dalam negeri. Namun menjadi suatu kekuatan untuk mempersatukan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa Indonesia berpedoman pada sebuah petuah bijak “bersatu kita teguh dan bercerai kita runtuh”.

4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Poin ini menandaskan bahwa kehidupan rakyat dipimpin oleh kebijaksanaan yang sempurna. Segala perbedaan pendapat dirundingkan dan dimusyawarahkan secara baik melalui perwakilan kalau tak memungkinkan. Tidak ada namanya perbedaan pendapat yang berakhir dengan anarkis dan kekerasan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Negara tidak boleh memberikan kesejahteraan bagi segelintir kelompok atau golongan. Melainkan kemakmuran harus dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang berada di perkotaan dan pedesaan terpencil. Kesejahteraan secara lahir dan batin.

Pengertian Pancasila Menurut Para Pakar

Setelah mengetahui pengertian Pancasila secara bahasa beserta butir-butirnya, marilah kita melihat pengertian Pancasila menurut para ahli, antara lain :




Ir Soekarno

Presiden Pertama RI ini menerangkan bahwa Pancasila adalah jiwa dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Pancasila telah ada sebelum berdiri negara Indonesia yang merupakan nilai kebijaksanaan warisan nenek moyang.

Notonegoro

Pancasila merupakan ideologi bangsa dan negara Indonesia dalam setiap langkah yang dilakukan. Dengannya bangsa Indonesia yang berbagai macam suku bangsa dan agama dapat bersatu padu dalam mencapai tujuan bersama yakni kesejahteraan rakyat.

Muhammad Yamin

Pancasila adalah lima sendi atau dasar bagi bangsa Indonesia dan negara dalam bersikap dan bertindak sehari-hari. Pancasila adalah bagian dari kehidupan bangsa Indonesia yang melekat kuat sejak lama dan memiliki nilai luhur dan mulia.

Fungsi dan Tujuan Pancasila di Indonesia

Untuk fungsi Pancasila terdiri-dari beberapa fungsi dan tujuan, antara lain :




1. Sebagai pemersatu bangsa Indonesia

Dengan adanya Pancasila maka segala perbedaan disatukan dalam visi yang sama yakni menciptakan kesejahteraan ke seluruh rakyat Indonesia. Didukung oleh sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

2. Jiwa bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia sudah menjadikan nilai-nilai dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sejak jaman dulu sampai sekarang. Sehingga nilai Pancasila bukan hal asing tapi ia merupakan jiwa bagi dirinya sendiri.

3. Kepribadian Bangsa Indonesia

Salah satu cara untuk melihat kepribadian bangsa Indonesia dengan cara melihat butir-butir dan nilai yang terdapat pada Pancasila. Seperti beragama, beradab, saling menghormati antar sesama, dan menjaga persatuan.

4. Cita-cita dan pandangan hidup bangsa Indonesia

Setiap negara mempunyai cita-cita dan pandangan hidup dalam bernegara. Begitu pula negara Indonesia yang memiliki cita-cita atau harapan dan pandangan hidup yang termuat dalam nilai Pancasila.

5. Sumber hukum pertama

Pancasila adalah sumber hukum utama dan pertama di Indonesia. Segala peraturan daerah, Ketetapan Presiden, Ketetapan Menteri, Inpres dan Undang-Undang hendaklah berpedoman pada sumber hukum utama yakni Pancasila.

6. Dasar negara dan falsafah hidup bangsa

Dalam membentuk negara diperlukan suatu dasar dan falsafah. Untuk dasar negara Indonesia adalah Pancasila sekaligus falsafah hidup rakyat Indonesia.

Sejarah Pancasila Indonesia

Sejarah Pancasila telah hadir sejak lama. Namun saat itu hanya berupa nilai-nilai yang termuat di dalamnya. Belum diresmikan dalam bentuk dasar negara. Oleh karena itu, para pendiri bangsa memuat nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang terangkum dalam Pancasila sebagai dasar negara sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia.




Menurut sejarah, kemunculan istilah Pancasila telah hadir pada masa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Namun pada waktu itu belum dirumuskan menjadi dasar kerajaan. Semua nilai yang terdapat pada Pancasila menjadi pedoman dan keseharian hidup negara dan bangsa Indonesia.

Pada kitab karangan Empu Tantular bernama Kitab Sutasoma yang terbit pada  jaman kerajaan dijelaskan pengertian Pancasila yang terdapat nilai dasar yang luhur berjumlah lima. Pada kitab Budha juga diterangkan nilai Pancasila yang luhur dan wajib diikuti oleh para penganutnya.

Pada waktu menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, Ir Soekarno merancang sebuah dasar negara yang berpacu pada nilai dasar. Dasar negara itu kemudian dinamakan Pancasila. Penemu Pancasila sendiri saat ini orang menyebutnya Ir Soekarno.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9850

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts