Pengertian Personal Branding : Cara dan Strategi

  • Whatsapp
Pengertian Personal Branding - Cover
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Pengertian Personal Branding – Dalam kehidupan, seperti dalam bisnis, branding lebih efektif, kuat, dan berkelanjutan daripada penjualan dan pemasaran dan cara yang efektif untuk menghilangkan pesaing Anda. Ini tentang mempengaruhi orang lain, dengan menciptakan identitas brand yang mengaitkan persepsi dan perasaan tertentu dengan identitas.

Branding tidak hanya untuk perusahaan lagi. Ada sebuah tren baru yang disebut personal branding. Sukses Personal Branding memerlukan persepsi secara efektif mengelola dan mengendalikan dan mempengaruhi bagaimana orang lain memandang Anda dan memikirkan anda.

Read More

Memiliki personal pranding yang kuat tampaknya menjadi aset yang sangat penting di hari ini baik secara online, virtual, Hal ini menjadi semakin penting dan merupakan kunci sukses individu. Ini adalah strategi posisi di belakang dunia orang paling sukses, seperti Oprah Winfrey, Michael Jordan, Donald Trump, Richard Branson dan Bill Gates. Karena itu penting untuk merek Anda sendiri dan menjadi CEO dari kehidupan Anda.

Pengertian Personal Branding

Pengertian Personal Branding - Cover

Menurut Jeff Bezos (Pendiri Amazon) mengatakan bahwa pengertian personal branding merupakan apa saja yang orang lain katakan tentang diri anda ketika anda tidak berada diruangan tersebut. Di masa lalu, orang tidak mempedulikan tentang personal branding tapi dengan adanya perkembangan media sosial dan bisnis digital membuat personal branding menjadi sangat penting.

Dengan personal branding yang efektif dapat membedakan diri anda dengan kompetitor dan meningkatkan kepercayaan calon klien atau pemberi kerja. Personal branding dapat di definisikan sebagai kombinasi antara keunikan, keahlian dan pengalaman yang membuat anda memiliki otoritas.

Selain itu personal branding juga digunakan sebagai sarana orang lain mudah untuk mengenal anda. Berdasarkan dari pemaparan tentang personal branding diatas, maka secara sederhananya arti personal branding adalah cara untuk memasarkan diri anda secara pribadi.

Apakah anda mengetahui bahwa anda membangun personal branding telah menjadi hal yang penting saat ini. Tidak peduli anda berprofesi sebagai karyawan ataupun pebisnis, personal branding

Bahkan pada saat ini banyak perusahaan yang justru mendorong karyawan untuk membangun personal branding yang kuat untuk menopang kesuksasan perusahaan. Dengan karyawan yang memiliki personal branding yang bagus maka ketika mereka mewakili perusahaan maka mereka akan menjadi citra yang positif bagi perusahaan.

Bagi seorang pebisnis, personal branding dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen dan juga klien bisnis. Hal karena anda telah memiliki personal branding yang kuat dan otoritas sehingga mereka akan meyakini apapun yang ada tawarkan.

Berikut beberapa manfaat personal branding :

  • Dengan memiliki personal branding yang kuat dapat membantu meningkatkan kepercayaan audiens dan membuat anda memiliki otoritas yang kuat.
  • Ketika personal branding anda akan memudahkan orang lain melihat nilai anda sehingga dapat anda manfaatkan untuk membangun jaringan baik secara online maupun offline.
  • Dengan memposisikan diri anda sebagai ahli dalam bidang anda, maka hal ini dapat membantu anda untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.
  • Brand pribadi yang kuat akan menguatkan posisi anda untuk membebankan harga yang lebih bersaing.
  • Manfaat personal branding yang kuat adalah dengan hal ini akan memudahkan anda untuk bergerak untuk melakukan ekspansi usaha.

Cara Membangun Branding Pribadi dengan Efektif

Anda memiliki keinginan untuk membangun personal branding tapi tidak mengetahui cara untuk memulainya.

Berikut beberapa cara membangun personal branding dengan efektif :

1. Membangun Pondasi Diri Anda

Hal pertama yang menjadikan personal branding anda adalah menciptakan fondasi yang dapat anda bangun dengan percaya diri dan otentik. Banyak orang yang melakukan kesalahan ketika mereka sedang membangun personal branding.

Mereka beranggapan bahwa proses atau pengertian personal branding adalah menampilkan diri anda sesuai dengan apa yang diinginkan oleh audiens. Padahal personal branding adalah gambaran dari diri anda yang sebenarnya dari segi keterampilan, keahlian, perilaku, keyakinan, dll. Untuk membantu anda membangun pondasi diri yang kuat maka anda harus mencari beberapa hal yang ada pada diri anda.

Berikut adalah hal yang harus anda perhatikan ;

  • Keterampilan dan keahlian yang anda milki
  • Minat dan passion anda
  • Keyakinan diri

Setelah anda menemukan jawaban dari beberapa hal diatas maka langkah selanjutnya adalah mencari komponen penting dalam membangun personal branding. Komponen-komponen penting ini dapat membantu anda dalam mengembangkan personal branding anda

  • Visi dan misi dari personal brand anda
  • Pesan utama yang ingin anda komunikasikan
  • Karakterisitik dan kepribadian branda anda, apakah anda ingin terlihat profesional atau kasual.

2. Memilih Target Audiens Yang Tepat

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh seseorang ketika membangun personal branding adalah mereka ingin menarget seluruh audiens yang ada. Tapi hal ini justru tidak bagus bagi personal branding anda karena tidak semua audiens tersebut adalah audiens yang ideal.

Dengan memilih target yang tepat dan relevan dengan keahlian anda maka anda bisa untuk tampil lebih menonjol. Selain itu, dengan memilih target audiens yang tepat dapat mempermudah anda dalam menyampaikan pesan.

Oleh sebab itu dalam membangun personal branding sebaiknya anda membatasi audiens sehingga anda dapat dengan mudah menjangkau audiens anda.

Untuk memilih target audiens yang tepat, anda dapat menganalisa audiens anda berdasarkan hal-hal berikut :

  • Demografi :Umur, Jenis kelamin, Status hubungan, Pendidikan, Penghasilan, pekerjaan, dll.
  • Keinginan : Hal-hal yang di inginkan audiens dimasa depat, Impian dan keinginan mereka.
  • Tantangan : Apa saja yang sedang mereka perjuangkan ? , Apa saja kendala yang mereka hadapi untuk mencapai tujuan ?

3. Membuat Situs Pribadi

Website pribadi dan media sosial merupakan salah satu komponen penting pada saat anda sedang membangun personal branding. Namun hal paling sering dilupakan oleh seorang yang ingin membangun personal branding adalah membuat sebuah website pribadi.

Manfaat dari website pribadi yang anda miliki adalah audiens anda dapat mengenal dan memahami anda. Oleh sebab itu situs web anda harus dioptimalkan semaksimal mungkin sehingga audiens anda mengetahui diri anda.

4. Mendistribusikan Konten Dengan Maksimal

Membuat dan mendistribusikan konten secara gratis merupakan cara paling efektif dalam membangun personal branding dan untuk meningkatkan kepercayaan target audiens anda.

Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda bisa memberikan solusi dan menyelesaikan problem mereka dengan konten-konten yang anda buat. Hal inilah yang meningkatkan kepercayaan audiens dan juga memposisikan diri anda sebagai pakar dalam bidang tertentu.

5. Fokus Pada Kualitas Dan Konsistensi

Agar pendistribusian konten anda berjalan dengan maksimal maka anda harus fokus pada kualitas dan konsistensi. Jangan pernah anda menerbitkan konten yang tidak berkualitas sehingga bisa berpengaruh buruk terhadap reputasi anda.

Selain itu anda harus bisa konsisten dalam menerbitkan konten sehingga audiens anda akan mendapatkan pengetahuan dan solusi dari diri anda. Satu hal yang harus anda ingat, Pesaing anda akan terus mengejar anda sehingga anda harus dapat terus menerbitkan konten berkualitas secara konsisten.

6. Membangun Komunitas

Jangan pernah anda berpikir untuk membangun target audiens yang luas. Sebaiknya anda mengalihkan fokus anda pada keahlian anda sendiri dan terus mengembangkannya.

Agar anda dapat menjaga engagement antara audiens maka sebaiknya anda membangun komunitas sehingga audiens dapat saling berinteraksi satu sama lain, saling mendukung, berbagi ide dan anda bisa menjangkau mereka secara langsung.

Related posts