Pengertian Spam dan Phising : Tujuan dan Dampak

  • Whatsapp
Pengertian SPAM dan Phising
Pengertian SPAM dan Phising
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Menurut Wikipedia, pengertian SPAM adalah tindakan mengirim pesan secara berurutan tanpa yang diinginkan oleh penerima. Para pelaku spam disebut spammer dan tindakannya adalah spam. Spam juga bisa disebut sebagai pesan yang tidak perlu yang dikirim melalui WWW. Jenis spam yang paling umum adalah spam email. Sebagian besar pesan spam terdiri dari tautan ke situs web atau situs web phising  yang menghosting perangkat lunak perusak. Selain itu, mereka dapat menyertakan malware sebagai skrip atau jenis lampiran file yang dapat dieksekusi lainnya. Selanjutnya, mereka mengambil banyak bandwidth jaringan.

Pengertian SPAM dan Phising dalam Arti Luas

Pengertian SPAM dan Phising
Pengertian SPAM dan Phising

Spammer mengumpulkan alamat email dari situs web, daftar pelanggan, ruang obrolan, dan newsgroup. Mereka kadang-kadang menjual alamat email yang dikumpulkan ke spammer lainnya. Sebagian besar layanan online melembagakan kebijakan untuk mencegah spammer dari spamming pelanggan mereka. Meskipun banyak negara mengeluarkan undang-undang untuk melarang spam, mereka meningkat pesat karena sulit menangkap spammer.

Read More



Sebagai contoh Spam adalah berisi iklan, undian, informasi palsu, promosi barang, phishing, penipuan, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, sebuah email kosong atau yang tidak berisi apa-apa pada subjek maupun badan pesan juga bisa diklasifikasikan sebagai pesan spam. Penyebar spam kosong semacam itu biasanya terjadi karena tidak sengaja atau karena kesalahan lain, atau mungkin bisa juga ada tujuan tertentu.

Baca Juga : Pengertian Hacking dan Cracking

Pada umumnya pesan yang dikirim oleh spammer berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si penerima. Namun, pengirim spam tetap melakukannya karena memiliki tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima spam.

Tujuan SPAMMING

Kegiatan Spamming banyak dilakukan di internet karena adanya anggapan bahwa spam adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu ataupun kepentingan lainnya di internet. Dari sisi si penerima pesan, tentu saja spam menjadi momok yang sangat mengganggu karena dapat menyita waktu, dan menguras sumber daya perangkat elektronik.

Ada beberapa tujuan spamming adalah sebagai berikut :




1. Tujuan Komersial atau Promosi

Tindakan spam untuk tujuan komersial biasanya dilakukan untuk promosi barang atau jasa dan layanan yang terjadi secara berlebihan atau dengan kata lain frekuensi pengiriman terlalu banyak. Pelaku akan mengumpulkan email atau nomor ponsel terlebih dahulu dan kemudian mereka menyimpannya dalam bentuk database. Setelah terkumpul mereka akan membuat pesan promosi yang akan dikirimkan ke email yang telah didapat sebelumnya. Biasanya dalam 24 jam email mendapat banyak email dan dalam selang waktu yang sangat singkat dapat dikategorikan sebagai email spam.

2. Tujuan Penipuan

Kami pasti sudah menerima email atau sms yang isinya kami memenangkan lotere atau mendapatkan hadiah bukan? Email atau sms seperti ini dikategorikan dalam bentuk aksi spam dengan tujuan penipuan. Para spammer akan meminta data sendiri terlebih dahulu dan kemudian akan meminta sejumlah uang. Jadi jika Anda bertemu sesuatu seperti ini Anda perlu waspada terhadap tindakan spam dengan tujuan penipuan.

3. Spam Hanya Sekedar Iseng

Spam untuk tujuan iseng merupakan bentuk spam yang cukup mengganggu pengguna internet. Meskipun tidak bermaksud melakukan tindakan penipuan atau tindakan kejahatan lainnya, namun korban mendapat kerugian dan spammer akan mendapat keuntungan bila korban merespon. Salah satu contoh keisengan dalam kegiatn spam adalah menyebarkan link website tertentu di bagian komentar blog orang lain. Contoh lain, membagikan gambar tak senonoh atau link situs porno di bagian komentar status media sosial orang lain.

Dampak Buruk SPAM

Fakta bahwa tidak ada bentuk spam yang memberikan manfaat kepada penerimanya menunjukkan bahwa spam dapat membawa dampak buruk. Mengacu pada pengertian spam, adapun beberapa dampak buruk spam adalah sebagai berikut :

  1. Menghabiskan waktu untuk menghapus dan membersihkan spam dari perangkat elektronik.
  2. Menghabiskan sumber daya perangkat elektronik sehingga tidak dapat digunakan dengan baik.
  3. Menghabiskan bandwidth karena penggunaan internet untuk menghapus spam menjadi lebih banyak.
  4. Dapat mengakibatkan sebuah website atau blog menjadi lambat karena memproses banyak komentar spam.
  5. Perangkat elektronik menjadi rentan terhadap kemungkinan terjangkit malware yang menyusup di dalam spam.

Pengertian Phising

Phising  mengacu pada ancaman di mana pihak yang tidak berwenang berusaha mendapatkan informasi rahasia seperti nama pengguna, kata sandi, informasi kartu kredit pengguna. Pihak-pihak ini membedakan diri mereka sebagai pihak yang dapat dipercaya untuk mendapatkan informasi pengguna.

Pengguna dapat melakukan transaksi online melalui WWW dengan mudah dan cepat. Namun, transaksi bisnis online dapat diandalkan selama pengguna berkomunikasi dengan organisasi terpercaya. Para penyerang dapat menyesatkan para pengguna dengan tampil sebagai entitas yang dapat dipercaya. Oleh karena itu, pengguna akan memasukkan informasi sensitif mereka seperti nomor PIN, kata sandi dan nomor akun dengan asumsi bahwa mereka berkomunikasi dengan organisasi yang benar.

Baca Juga : Perbedaan Malware dan Virus

Misalnya, pengguna mungkin menerima email dari banknya dengan tautan untuk mengeklik. Dengan demikian, pengguna mengklik tautan itu, dan masuk ke halaman terpisah yang meminta pengguna memasukkan nomor akun, kata sandi, dll. Demikian juga, penyerang dapat memperoleh rincian pengguna. Meskipun pengguna berasumsi bahwa email tersebut berasal dari bank, itu berasal dari penyerang atau pihak yang tidak berwenang. Penyerang menggunakan logo perusahaan, font, dll yang sama dengan organisasi asli untuk mengelabui para pengguna.

Ada beberapa langkah untuk mencegah phising . Jika email mengarah ke situs web, Anda perlu memeriksa alamat web. Selain itu, ia dapat menginstal perangkat lunak anti-phising  untuk memeriksa akun online dan laporan kredit secara teratur. Sebagian besar pesan spam mengandung tautan yang mengarah ke situs web phising .

Cara kerja Phising

Ketika kita tahu cara kerja phising maka akan lebih mudah untuk menghindarinya. Tahapan atau Cara kerja Phishing adalah sebagai berikut :




  1. Dengan suatu cara si peretas membuat kita melakukan klik terhadap link situs palsu mereka, bisa dengan sebuah gambar menarik di media sosial, bujukan pada email dan lain sebagainya.
  2. Setelah melakukan klik, kita akan di arahkan ke situs palsu yang mana pada situs tersebut terdapat form isian misalnya form login facebook dengan kata kata yang meyakinkan bahwa facebook kita telah logout dan meminta kita memasukkan username dan password kembali. kita yang tidak menyangka bahwa situs tersebut hanyalah tiruan akan mengisi saja username dan password tanpa curiga.
  3. Apa yang kita masukkan ke form isian itu akan tersimpan di server si peretas. Jadi kita masih punya waktu untuk merubah password kita sebelum si peretas melihat username dan password kita di servernya.
  4. Akun kita akan di ambil alih. peretas kemungkinan besar menggunakan akun kita untuk menyebarkan url psihing ke teman teman kita untuk mendapatkan korban yang lebih banyak.

Meretas password dengan metode phishing adalah yang paling mudah di praktikkan, itu sebabnya banyak sekali di dunia maya tersebar rujukan alamat alamat yang mengarahkan browser kita ke alamat web pishing atau web palsu.

Demikianlah beberapa urain pengertian Spam dan Phising dan hal-hal yang terkait dengannya semoga dari informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.

Related posts