Pengertian stock opname : Definisi dan Cara

  • Whatsapp
Pengertian Stock Opname

Pengertian stock opname adalah sebuah aktifitas pembukuan yang dilakukan untuk menghitung persediaan barang yang ada di gudang atau toko. Yang meliputi stok bahan baku maupun barang jualan. Sehingga dapat diketahui kesesuaian antara catatan pembukuan akuntansi di dalam buku atau komputer dengan semua jumlah barang fisik yang ada.

Fungsi stock opname sebagai upaya pengawasan dan pengontrolan terhadap jumlah barang yang tersedia. Umumnya perusahaan UMKM, skala mikro, kecil, menengah dan besar serta supermarket, toko swalayan dan minimarket menggunakan metode laporan stock opname di akhir bulan atau awal bulan. Untuk mengetahui stok terakhir di gudang.

Read More

Laporan stock opname sangatlah luas. Ia bukan hanya menyajikan laporan stok akhir. Tapi juga meliputi laporan jumlah barang yang tersedia, hilang, return, maupun yang rusak, dll. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh seorang karyawan bagian administrasi dibantu oleh bagian gudang.

Pengertian Stock Opname

Pengertian Stock Opname

Stock opname merupakan aktifitas fisik dalam menghitung barang fisik yang ada di dalam gudang. Yang mencakup barang fisik yang rusak, return dan hilang. Sehingga didapatkan kecocokan antara data jumlah barang di komputer dengan di arsip buku pencatatan bagian gudang.



Apabila terjadi ketidak cocokan antara jumlah stok yang ada di dalam gudang dengan data di komputer berarti ada kesalahan dalam perhitungan. Sehingga masing-masing harus dihitung ulang sampai sama antara data di komputer dengan lapangan.

Bagi kalangan pemula untuk melakukan stock opname akan terasa sulit dan memakan waktu lama. Namun bagi mereka yang sudah pengalaman membuat stock opname membutuhkan waktu yang sangat sebentar. Pada waktu stok opname dilakukan biasanya kegiatan transaksi penjualan dan pembelian di perusahaan dihentikan untuk sementara.

Seiring dengan kemajuan teknologi canggih pembuatan laporan stok opname semakin mudah. Misalkan dengan adanya bar code yang mampu meminimalisir kesalahan dalam menghitung dan mencatat barang.

Definisi Stock Opname

Penulis pertama kali mengenal istilah stock opname ketika bekerja di sebuah perusahaan makanan ringan sale pisang Ambarsari. Pada awalnya kata ini sangat asing dan penulis saat itu membayangkan sebuah rumah sakit karena adanya kata opname. Ternyata bukan. Stock opname adalah sebuah laporan singkat mengenai persediaan stok dan barang dagangan di gudang.



Bagi sobat yang bertugas sebagai karyawan bagian administrasi di sebuah perusahaan dagang, minuman, makanan atau manufaktur maka tak aneh lagi mendengar istilah stok opname. Pada akhir bulan pastinya anda melakukan tugas pembuatan jurnal laporan ini.

Stock opname dibuat berdasarkan menghitung barang stok dan barang dagangan di perusahaan secara fisik. Data yang ada di lapangan disesuaikan dengan data administrasi yang ada di komputer. Selisih angka atau penjualan harus disamakan supaya terjadi sinkronisasi antara data di lapangan dengan data di komputer kantor.

Manfaat Laporan Stok Barang

Untuk manfaat pembuatan laporan stock opname banyak sekali, diantaranya :

1.Sebagai media pengawasan internal perusahaan. Pemilik perusahaan mengetahui secara lengkap mengenai persediaan barang yang ada. Sehingga bisa menentukan langkah ke depannya apakah harus belanja atau tidak berdasarkan jurnal stok opname yang ada.

2.Dipakai untuk menghitung jumlah stok barang dagangan dan persediaan bahan baku yang ada. Sehingga seluruh operasional perusahaan dapat dikontrol secara baik walaupun dari jarak yang sangat jauh.

3.Menghindarkan diri dari kerugian berupa kehilangan barang disebabkan kelalaian petugas gudang maupun staf administrasi.

4.Mengelola proses barang masuk dan keluar secara baik. Sehingga dapat menghindarkan diri dari kekeliruan pencatatan barang.

Contoh Jurnal Stok Barang

Untuk contoh laporan jurnal stock opname pada setiap industri dan perusahaan berbeda-beda. Namun pada intinya sama yaitu melaporkan semua stok bahan baku dan barang dagangan yang ada. Berikut ini contoh stock opname barang persediaan yang pernah penulis buat dulu :




Persediaan Bahan Baku

Pisang mentah : 200 kg

Stok tepung terigu : 5 kg

Stok tepung kanji : 4 kg

Persediaan Sale Pisang Siap Jual

Sale pisang pipih : 50 bungkus

Sale pisang cincin : 11 bungkus

Sale pisang iris : 45 bungkus

Seiring dengan perkembangan teknologi internet dan komputer yang sangat canggih maka pembuatan laporan stock opname dapat menggunakan software atau aplikasi khusus. Selain itu, penyampaian laporan stok opname dapat dilakukan melalui email.

Tujuan Stock Opname

Selepas memahami arti atau pengertian stock opname, selanjutnya membahas tujuannya. Adapun tujuan jurnal stock opname adalah untuk melakukan pengawasan terhadap jumlah barang yang tersedia di lapangan dengan catatan pembukuan. Hal ini berguna untuk menghindarkan diri dari resiko kerugian akibat kehilangan barang. Dapat dikatakan, jurnal laporan stock opname pengawasan bersifat internal.




Setiap perusahaan yang menjalankan usaha dengan profesional umumnya menggunakan sistem laporan stock opname dalam artian cukup luas. Sehingga dapat diketahui kondisi terbaru perusahaan dalam segi stok dan keuangan. Selain itu, teknik stock opname dapat menghindarkan diri dari tindakan pencurian atau penggelapan barang kantor.

Kegiatan stock opname dilakukan oleh karyawan administrasi dan gudang. Sedangkan pihak yang mengawasi adalah auditor yang ditunjuk oleh pemilik perusahaan.

Periodisasi Stock Opname

Tutup buku dengan stok opname adalah dua hal berbeda. Untuk periode laporan stok opname adalah bulanan atau satu bulan sekali tepat di akhir bulan maupun awal bulan. Namun ada juga perusahaan besar yang melakukan stock opname pada akhir tahun, caturwulan dan triwulan. Hal ini sah-sah saja disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan perusahaan.

Untuk laporan stock opname bisa meliputi banyak hal. Misalkan barang dagangan, stok bahan baku, hutang, debet, kredit, investasi, piutang, kas dan aktiva serta banyak hal lainnya. Sehingga dapat mengontrol kinerja perusahaan secara keseluruhan dengan baik.

Pencocokan antara data yang ada di komputer dengan di lapangan harus berjalan beriringan. Perbedaan data dapat mengacaukan sistem manajemen perusahaan. Kalau data yang ada di lapangan berbeda dengan data di komputer maka biasanya ada satu transaksi penjualan yang belum dicatat oleh pihak administrasi maupun gudang.




Kadang kala laporan stok opname berbeda antara data di komputer dan realita yang ada. Misalkan adanya tindakan pencurian atau penggelapan barang kantor oleh kepala cabang atau karyawan bagian gudang. Hal ini kembali lagi kepada pemilik perusahaan haruslah membuat kebijakan tersendiri dalam menyelesaikannya.

Cara yang paling mudah dan umum biasanya pemilik perusahaan membebankan biaya kerugian dan kehilangan barang kepada karyawan atau pihak yang mengambil barang tersebut. Sistem yang diterapkan bisa dipotong gaji. Namun jika barang dagangan hilang tanpa diketahui asal muasalnya maka pihak gudang, kepala cabang dan administrasi haruslah bertanggung jawab. Mereka bisa dipotong gaji secara bersamaan sesuai nominal uang barang yang hilang.

Demikianlah arti stock opname dalam bahasa Indonesia yang dapat penulis utarakan. Semoga dapat memberikan gambaran yang singkat mengenai teknik akuntansi ini yang berguna bagi pembukuan perusahaan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 17939

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts