Pengertian Politik : Definisi dan Sistem

  • Whatsapp
Pengertian Politik

Pengertian politik menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan oleh masyarakat maupun para politisi terutama di saat situasi dan kondisi politik yang sedang memanas. Seperti pada Pemilihan Umum Kepala Daerah sampai pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Perbincangan persoalan politik seolah-olah tak pernah berhenti selama negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri.

Pengertian politik perlu dimengerti oleh seluruh kalangan masyarakat. Ada banyak pendapat mengenai pengertian politik itu sendiri. Orang sunda ada yang mengatakan politik atau pulitik itu adalah ‘nipu rakyat leutik’. Hal ini biasanya terjadi ketika pemilihan anggota DPR atau pemilihan kepala daerah yang selalu memanfaatkan rakyat kecil dengan pemberian bantuan dan janji-janji kampanye. Namun setelah terpilih, anggota DPR atau Bupati tersebut tidak mengutamakan kepentingan rakyat lagi tapi mengutamakan golongannya.

Read More



Perbincangan masalah pengertian politik seringkali kita dengar di warung-warung kopi untuk masyarakat biasa.Dan seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini perbincangan masalah politik sudah merambah ke dunia maya seperti media sosial. Pendek kata, soal politik sudah bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat sudah memahami arti politik walaupun selintas dan sebagian lagi dapat membaca arah politik Indonesia.

Politik tak dapat dilepaskan dari masyarakat itu sendiri. Sebab politik itu sendiri membicarakan pengaturan kesejahteraan masyarakat dan kepemimpinannya. Setiap warga masyarakat tentu dilibatkan dalam proses politik itu sendiri. Seperti pemilihan kepala desa di desa dan pemilihan Kepala Daerah langsung oleh rakyat.

Akan tetapi, sebagian besar masyarakat kurang paham terhadap pengertian politik secara teoritis dan akademis. Mereka tak mengetahui secara jelas apa itu politik, tujuan politik, konsep politik, masalah politik, perilaku politik, dan macam-macam sistem politik. Yang mereka ketahui adalah politik dalam masalah kepemimpinan di masyarakat, daerah dan negara.

Pengertian Politik

Pengertian Politik

Secara bahasa politik asal katanya dari bahasa Yunani yaitu polis yang artinya kota atau negara. Para ahli filsafat pada masa itu seperi Plato dan Aristoteles mendefinisikan istilah politik adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk mencapai kepentingan bersama secara baik dan berkesinambungan. Yang dikenal saat ini menjadi politik santun.

Berikut ini berbagai pandangan para ahli mengenai pengertian politik secara umum dan khusus, antara lain :




1. Aristoteles

Aristoteles mengatakan politik adalah suatu zoon politikon. Yang selanjutnya disebut sebagai politeia atau hal-hal yang bersangkutan dengan negara. Kemudian merembes menjadi polities (warga negara). Yang akhirnya menjadi politika atau pemerintahan negara. Terakhir sebagai politikos atau kewarganegaraan.

2. Miriam Budiarjo

Miriam Budiarjo mendefinisikan bahwa politik adalah segala sesuatu aktifitas dalam dunia politik yang berkaitan dengan tujuan politik, dan pelaksanaan dari tujuan tersebut. Politik merupakan hal yang sangat erat kaitan dengan urusan pemerintahan dan negara dalam upaya mensejahterakan rakyat dan kelompoknya. Dimulai dari menentukan tujuan sampai cara mendapatkan tujuan politik tersebut.

Manfaat Tujuan Politik

Politik yang dijalankan pada suatu pemerintahan dan negara mempunyai maksud dan tujuan. Tujuannya bukan hanya satu tapi bisa lebih dari dua atau tiga atau lebih banyak. Berikut ini beberapa manfaat dari adanya tujuan politik yang terdapat pada sistem pemerintahan dan negara, antara lain :




1. Mensejahterakan rakyat

Dengan adanya tujuan politik yang berusaha mensejahterakan rakyat maka akan membantu negara dalam mencapai tujuannya tersebut. Dengan cara melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang mengarah kepada sasaran.

2. Kekuasaan dikelola secara baik

Dengan adanya tujuan politik maka akan terselenggaranya suatu kekuasaan di dalam pemerintahan dan masyarakat yang dikelola secara baik dan benar.

3. Keamanan negara

Keberadaan tujuan politik yang ingin dicapai bersama akan menciptakan kondisi daerah, wilayah, negara dan pemerintahan yang aman dan damai.

Macam-Macam Sistem Politik

Sistem politik yang terdapat di dunia ini sangat banyak. Beberapa diadopsi menjadi sistem politik di tanah air. Berikut ini macam-macam sistem politik yang ada di dunia secara umum, antara lain :




  1. Sistem politik demokrasi
  2. Sistem politik oligarki
  3. Sistem politik totaliteralism
  4. Sistem politik monarki
  5. Sistem politik komunisme
  6. Sistem politik fasisme
  7. Sistem politik liberalisme

Sistem politik yang dianut oleh negara dan pemerintahan Indonesia adalah sistem politik demokrasi yang terbukti mampu memberikan kesejahteraan dan partisipasi penuh kepada rakyat Indonesia secara menyeluruh dalam proses kemajuan bangsa dan negara.

Konsep Politik

Untuk masalah konsep politik terbagi dua bagian yaitu konsep politik di dunia luar atau luar negeri dan masalah konsep politik di dalam negeri. Untuk persoalan politik di dalam negeri yang sedang hangat adalah pemilihan presiden dan wapres pada tahun 2024. Walaupun empat tahun lagi diadakan pesta demokrasi itu, namun sudah jauh hari partai politik di tanah air mempersiapkan calon potensial.

Di dalam kubu pemerintahan yang didukung partai besar seperti PDIP dan Golkar direncanakan akan mengusung Puan Maharani dan Prabowo Subianto sebagai Cawapres dan Capres. Sedangkan di kubu oposisi dari kubu partai PKS dan Demokrat berencana mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden Tahun 2024.




Persoalan wabah penyakit Corona Covid 19 yang saat ini merebak di sejumlah daerah di tanah air juga berpotensi menimbulkan persoalan politik terbaru. Hal ini ditandai dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar dan melesunya roda ekonomi masyarakat akibat kebijakan social distance dan diam di rumah.

Kebijakan pemerintah yang tak melakukan lockdown akan berakibat pada semakin banyak orang terinfeksi corona. Yang akan membuat ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi Maruf Amin kian tinggi. Ditambah lagi dengan kenaikan beberapa kebutuhan pokok seperti tarif dasar listrik dll. Sangat mungkin jika pemerintahan  Jokowi dan Maruf Amin hanya bertahan beberapa tahun lagi.

Perilaku Politik

Dalam suatu negara dan pemerintahan demokrasi yang melibatkan rakyat dalam penentuan arah politik dibutuhkan sikap kedewasaan politik dari seluruh warga masyarakat. Namun di Indonesia masih banyak masyarakat yang belum dewasa soal politik. Dengan uang dan jalur kekerasan seringkali terjadi permainan politik kotor.

Untuk itulah, berikut ini beberapa perilaku politik yang sering ditampilkan oleh masyarakat di seluruh dunia, antara lain :




1. Liberal

Perilaku masyarakat yang mengharapkan proses kepemimpinan di suatu negara dapat berjalan cepat dan maju. Masyarakat mempunyai kebebasan dalam menentukan arah politik nasional. Kelemahan prilaku politik ini adalah kebebasan liberal yang tanpa diatur oleh norma hukum dan agama dapat merusak tatanan sosial.

2. Radikal

Jika mendengar kata radikal mungkin yang anda pikirkan adalah kekerasan dan kerusakan. Itulah contoh perilaku radikal sehari-hari. Dalam dunia politik, sikap radikal politik adalah suatu perilaku politik yang berbahaya. Mereka menyatakan ketidakpuasan atas pemerintahan negara dan  mempunyai kehendak kuat untuk memperbaiki kondisi negara secara cepat. Kelompok ini mempunyai pendirian kuat sehingga tak mudah dibujuk. Mereka berbuat secara cepat dan keras untuk meraih tujuan politik. Cara kekerasan dan kerusuhan pun kadang ditempuhnya untuk mendapatkan cita-cita politik.

3. Moderat

Perilaku politik lainnya yang ditampilkan oleh suatu masyarakat atau pejabat negara adalah sikap moderat. Mereka berpandangan jauh ke depan. Keadaan sekarang ini sudah cukup memuaskan mereka. Sehingga diperlukan beberapa perbaikan kecil. Mereka tak mengharapkan perubahan secara cepat dan radikal.

4. Konservatif

Tindakan konservatif dalam politik adalah suatu sikap yang menunjukkan kepuasan atas politik negara yang saat ini tengah berkembang. Mereka tidak ingin mengalami perubahan yang berarti.

5. Status quo

Sikap politik yang mencerminkan rasa puas terhadap kondisi politik yang selama ini ada di depannya. Mereka ingin terus mempertahankan kondisi politik yang berkembang sesuai harapannya. Contohnya sikap politik yang ditunjukkan oleh para politikus partai yang berkuasa.

Masalah Politik

Untuk masalah politik saat ini di Indonesia masih seputar siapakah calon presiden dan wakil presiden pada tahun 2024. Para pemimpin partai politik sudah mempersiapkan kadernya masing-masing. Mengingat tidak ada calon presiden saat ini yang mempunyai dukungan sangat kuat dari rakyatnya. Bagi kubu Islam, calon Presiden di tahun 2024 adalah Anies Baswedan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 21203

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts