Pengertian Sejarah : Definisi Menurut Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Sejarah

Pengertian sejarah secara umum adalah peristiwa yang terjadi di masa lalu yang dibuktikan dengan adanya peninggalan sejarah. Sedangkan menurut etimologi, sejarah berasal dari bahasa Arab yakni sajaratun yang berarti keturunan atau pohon. Dalam arti, sejarah itu laksana pohon yang mempunyai banyak cabang dan silsilah. Yang biasanya digambarkan pada silsilah para raja.

Bahasa Jerman menyebut sejarah sebagai geschichte yang berarti segala hal yang sudah terjadi pada masa lalu dan menjadi kenangan.Dalam bahasa inggris, sejarah dinamakan history. Adapun pada bahasa Yunani, sejarah diartikan istoria yang maknanya belajar. Dengan demikian, sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang kita dapat mengambil manfaat dan belajar berdasarkan peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu.

Read More

Sesuatu di sebut sejarah yang menyangkut tiga hal yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Masa lalu adalah sejarah kehidupan manusia yang telah banyak ditulis dalam sebuah buku dan Al Quran maupun hadits. Sedangkan sekarang adalah masa yang akan menjadi sejarah. Sedangkan masa depan adalah masa yang tidak tahu nasib seseorang. Namun masa depan ditentukan oleh masa sekarang. Sedangkan masa sekarang, orang selalu melihat pada kejadian masa lampau.



Ada banyak kisah sejarah kehidupan orang-orang pada masa lampau yang dimuat dalam Al Quran dan hadits. Seperti peristiwa dakwah dan perjuangan para nabi dan rasul. Peristiwa itu benar-benar terjadi dan menjadi bagian penting untuk menyikapi kehidupan di masa sekarang.

Kita dapat menyaksikan tenggelamnya balatentara Firaun dan bukti peninggalannya. Semua itu menjadi cermin bagi kita untuk tidak sombong dalam menjalani kehidupan. Kita pun dapat membaca sejarah masa lalu ketika Qarun beserta harta bendanya di telan bumi karena sifat Qarun yang bakhil. Semua itu menjadi pelajaran manusia saat ini untuk tidak berbuat salah seperti yang dilakukan orang pada masa lalu. Karena seseorang akan mendapatkan akibatnya berdasarkan apa yang ia lakukan.

Sejarah kehidupan manusia sangat menarik. Di dalamnya terdapat pesan mendalam. Dimulai dari sejarah asal kejadian manusia, sejarah planet bumi, sejarah terjadinya perang dunia kesatu sampai perang dunia kedua, sejarah berdirinya negara Indonesia dan sejarah lainnya yang sangat menarik untuk dipelajari.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah

Beberapa pakar mendefinisikan sejarah pada persepsi masing-masing. Mereka menganggap sejarah adalah sesuatu yang penting dan tak boleh dilupakan. Seperti ungkapan dari Presiden Soekarno : “Janganlah pernah melupakan sejarah.”



Berikut ini pengertian sejarah menurut para ahli, antara lain:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan pengertian sejarah dengan lengkap. Sejarah adalah peristiwa di masa lalu atau asal usul yang sungguh terjadi. Yang dapat dibuktikan kebenaran dengan bukti peninggalan.

2. Muhammad Yamin melihat sejarah sebagai sebuah ilmu pengetahuan terhadap kejadian masa lalu yang benar-benar nyata setelah dilakukan penyelidikan.

3. Roslan Abdul Gani dan Mohammad Hatta memberikan pengertian sejarah sebagai perwujudan peristiwa di masa lalu sekaligus suatu disiplin ilmu yang sangat lengkap dan komprehensif. Untuk mengetahui sejarah diperlukan penyelidikan sesuai prosedural.

4. Sartono Kartididjo

Sejarah adalah pengalaman di masa lalu yang dilakukan oleh manusia atau benda mati. Yang kemudian menjadi buah bibir di masyarakat dan hal itu tidak terbantahkan bahwa hal itu nyata. Dengan bukti peninggalan. Seperti barang atau tulisan. Sejarah dapat dikatakan pula catatan kehidupan yang pernah terjadi pada umat terdahulu.

5. Bennedetto Croce

Sejarah merupakan kejadian di masa lampau yang kita dapat mengetahui esensi secara lahir batin dari segi religius, sosial, dan budaya. Kejadian itu dapat dipelajari sebagai sumber pembelajaran bagi orang-orang di masa kini dan kemudian. Sejarah menceritakan kehidupan manusia yang manis dan menyakitkan. Dan semua itu mungkin saja terulang kembali jika manusia melakukan hal sama seperti umat terdahulu.

Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

Salah seorang ahli sejarah muslim yang terkenal, Ibnu Khaldun mendefinisikan sejarah adalah catatan umat terdahulu atau masa lalu yang mewarnai kehidupan dunia berdasarkan watak dan tingah lakunya. Sehingga manusia bisa belajar pada manusia terdahulu. Adapun sejarah bisa berupa peristiwa yang menggembirakan maupun menyedihkan.




Sejarah merupakan bahan referensi kehidupan untuk masa mendatang. Adapun pandangan atau persepsi setiap orang terhadap sejarah berbeda. Namun ruang lingkup sejarah bisa diartikan sebagai suatu peristiwa, ilmu, kisah dan seni.

Pengertian sejarah sebagai suatu peristiwa penting berkaitan dengan peristiwa yang aktual, benar nyata dan memberikan wawasan pada umat manusia. Sejarah ini bersifat abadi yang akan dikenang manusia setelahnya. Peristiwa sejarah lalu tidak pernah berubah. Untuk contoh sejarah sebagai peristiwa adalah Sumpah Pemuda, Konferensi Asia Afrika, sejarah PBB, peristiwa kemerdekaan Indonesia dan lain sebagainya.

Untuk pengertian sejarah sebagai disiplin ilmu bahwa sejarah dapat dipelajari sehingga menjadi disiplin ilmu baru yang mewarnai keilmuan manusia. Sejarah sudah pasti kebenaran dengan observasi yang sistematis dan obyektif. Orang yang mempelajari dan ahli sejarah disebut sejarawan.

Sejarah juga merupakan kisah di masa lampau yang mangandung unsur teoritis dan empiris. Umumnya sejarah ditulis ulang untuk mengingatkan pada manusia tentang asal usul dan kehidupan yang pernah terjadi di masa lampau. Contohnya sejarah kisah Ashabul Kahfi.

Pengungkapan sejarah di masa lampau mengingatkan manusia untuk mengerti apa yang sudah terjadi di masa lampau. Dan kita bisa mengambil hikmah dan wawasan darinya. Cerita sejarah bukan hanya catatan tapi ia memberikan pengaruh pada psikologis dan religius pada manusia.




Adapun yang menjadi sumber sejarah bisa berupa fosil, teks Al Quran, Artefak, kebendaan, dan bukti tekstual. Untuk fosil seperti fosil hewan purbakala, manusia dan tumbuhan. Yang kita dapat mengetahui umurnya berdasarkan ilmu. Sedangkan artefak bisa berupa perhiasan, tumbak, keris, pedang, kendaraan, gelas, kendi, piring, keramik, mata uang, dan lain-lain.

Sejarah Menurut Herodotus

Ahli sejarah pertama di dunia adalah Herodotus yang berasal dari Yunani. Setiap pandangannya terhadap sejarah selalu didengarkan banyak orang. Menurut Herodotus, sejarah adalah sebuah kajian yang mengisahkan perputaran kehidupan peradaban seorang tokoh masyarakat dan manusia yang meliputi kejatuhan dan kebangkitannya.

Dari pengertian sejarah yang dikemukakan oleh Herodotus, tampak ada tokoh yang menjadi tragedi atau subjek sejarah yaitu ia bisa seorang pahlawan, pemimpin, atau ulama. Mereka disebut mampu mengukir sejarah karena karya-karyanya dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara. Misalkan sejarah Ahmad Dahlan, Soekarno, Buya Hamka dan tokoh ulama dan negara yang lain.




Potret sejarah bisa juga tampak pada kumpulan manusia. Contohnya dinasti kekuasaan yang berada di bawah kepemimpinan Firaun, sejarah kaum Tsamud, ‘Ad, Quraisy, Kaum Nuh dan balatentara Nabi Sulaiman. Semua itu nyata ada di dunia ini dan pernah hidup di jaman dulu dengan kebesaran dan kemusnahannya. Namun kini tinggal kenangan manis atau pahit yang diingat kaum sesudahnya. Bukti peninggalan bisa dilihat berupa benda seni, artefak maupun fosil.

The Father of History, julukan bagi Herodotus melanjutkan sejarah juga berkaitan dengan peradaban. Dimulai dari peradaban Romawi dan Persia. Peradaban itu eksis dan jaya pada jamannya. Yang kemudian digantikan oleh peradaban Islam. Kemudian semua peradaban itu hilang hingga menjadi kenangan. Namun masih bisa ditemui jejak dan bukti peninggalannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7859

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts