Pengertian Statistik : Definisi dan Macamnya

  • Whatsapp
Pengertian Statistik

Pengertian statistik dalam suatu mata pelajaran matematika adalah sekumpulan data yang berwujud bilangan angka. Kemudian data angka-angka tersebut dikumpulkan dan diolah menjadi suatu grafik, tabel maupun diagram yang dapat menggambarkan suatu hal. Dalam arti, tabel, grafik dan diagram tersebut sebuah data angka yang melukiskan data suatu hal dengan sangat panjang.



Read More

Secara lebih luas, pengertian statistik adalah pengolahan data angka menjadi bentuk diagram dan grafik. Yang dimulai dari mengumpulkan data angka, dilanjutkan dengan proses analisis. Sampai mengolah data dan memberikan tafsiran dari angka-angka yang tersusun rapi. Lalu digambarkan dalam bentuk gambar grafik. Sebagian pihak lebih mudah melihat dan analisa data melalui gambar grafik atau tabel dan diagram.

Arti Statistik Menurut Bahasa

Pengertian Statistik

Berdasarkan bahasa, kata statistik berasal dari kata “status” bahasa latin. Yang maknanya, sesuatu yang berhubungan dengan negara. Dalam berbagai bidang ekonomi, sosial, agama, kebudayaan, politik dan lain sebagainya ilmu statistik ini sering dipergunakan dan memberikan manfaat banyak dalam menyusun data dengan sangat sederhana.



Statistik sering dipakai untuk ajang penelitian di suatu lembaga pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, dan lembaga layanan publik. Adapun data statistik yang dimuat adalah yang berhubungan dengan angka pemasaran,manufaktur, penjualan, bisnis, jumlah pengunjung dan ekonomi. Pembuatan data secara statistik lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Berikut pendapat para ahli mengenai pengertian statistik, antara lain:

1. Croxton dan Cowden

Statistik adalah suatu metode yang dipergunakan orang untuk melakukan analisis. Dimulai dari pengumpulan data, pengolahan data sampai menyajikan data dalam bentuk diagram atau grafik yang terukur. Data grafik yang ditampilkan merupakan gambaran dari data angka.

2. Anto Dajan

Anto Dajan mendefinisikan statistik sebagai suatu kumpulan data kuantitatif yang belum dibuatkan grafik secara baik maupun yang sudah dibuatkan gambar grafik. Dengan demikian, unsur statistik berkaitan dengan gambar grafik, diagram maupun tabel. Data yang tersaji dalam bentuk tabel dan diagram yang tersusun rapi.




3. Prof Dr H Agus Irianto

Statisik merupakan kumpulan aturan dan cara dalam rangka mengumpulkan data. Lalu melakukan analisa data sampai data diwujudkan dalam bentuk diagram. Dalam bentuk angka dan bilangan data yang tersaji tampak tak beraturan. Namun setelah dibuat grafik dan tabel maka data yang terkumpul  akan menjadi menarik dan tersusun rapi.

4. Bancroft And Anderson

Statistik adalah suatu seni dan ilmu yang mengajarkan metode terbaik dalam mengumpulkan data dan menganalisa data angka serta mendapatkan kesimpulan atas dasar bilangan angka tersebut. Ilmu ini berguna bagi analisa data angka di perusahaan, pusat perkantoran, laboratorium penelitian, badan dan lembaga publik, maupun sekolah dan universitas.

Pengertian Statistik dan Statistika

Beberapa orang menganggap sama antara pengertian statistik dengan statistika. Padahal keduanya sangat berbeda. Perbedaan yang sangat mencolok dari pengertian, klasifikasi, fungsi, macam-macam  dan tujuan. Namun disamping perbedaan tersebut terdapat suatu persamaan yakni sama-sama berguna bagi masyarakat dan individu dalam menyelesaikan suatu masalah yang rumit berhubungan dengan data angka.

Pengertian statistika berdasarkan bahasa berasal dari bahasa inggris yakni statistics. Sedangkan menurut istilah yaitu ilmu dan seni yang menguraikan secara gamblang proses pengumpulan data, pengelompokan data berupa angka. Yang dilanjutkan analisis mendalam sampai dengan penyajian data secara sistematis, akurat dan terencana dalam bentuk grafik dan tabel.




Sementara itu, pengertian statistik adalah hasil sebuah pengumpulan dan pengolahan sebuah data yang disimpulkan pada grafik, tabel dan diagram. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistik adalah data-data berupa angka dan bilangan yang diperoleh melalui penelitian. Lalu dikumpulkan dan dikelompokkan menjadi satu kesatuan utuh yang dapat menjelaskan suatu informasi tentang satu masalah.

Dengan demikian, sangat jelas pengertian dari perbedaan statistik dan statistika. Statistik merupakan hasil data dari proses penelitian yang diwujudkan dalam bentuk grafik dan diagram. Sedangkan statistika merupakan disiplin ilmu yang mengajarkan proses atau cara mengumpulkan data sampai analisa sehingga menjadi data dalam bentuk diagram dan grafik.

Macam Macam Penelitian Statistik

Untuk mendapatkan data, mengumpulkan data, mengolahnya sampai dibuat kesimpulan berupa grafik maka ada beberapa metode dan cara yang bisa ditempuh.  Berikut ini jenis-jenis metode penelitian statistik adalah statistik matematika, statistik terapan, statistik inferensial, statistika non parametrik, statistik multivariat, statistik univariat, statistik deskriptif dan statistik parametrik. Yang paling populer dan utama adalah jenis statistik deskriptif dan parametrik.

Statistik Deskriptif

Statistik  tersedia dalam berbagai macam rupa dan bentuk. Biasanya bentuk statistik menyediakan data numberik berdasarkan penelitian kategori dan pengukuran berdasarkan klasifikasi tertentu. Untuk statistik deskriptif adalah suatu metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data dan melakukan analisis serta pengolahan sehingga data dapat disajikan dengan unsur gambar diagram dan grafik.




Metode statistik deskriptif sangat gampang dalam penerapannya ketimbang statistik parametrik. Data bilangan yang telah sobat miliki hanya diolah dan dideskripsikan sehingga lebih mudah dipahami banyak orang. Adapun bentuk penyajian data dalam bentuk grafik yang terdiri dari histogram, poligon, pie chart dll. Selain itu dapat juga dalam bentuk diagram batang daun, denah, maupun tabel dan lain sebagainya.

Selama ini data yang tersaji umumnya menggunakan bilangan angka. Statistik deskriptif menyajikan dalam bentuk gambar dan grafik. Sehingga sangat nyaman dan enak dipandang. Penggunaan metode statistik deskriptif sudah umum dipergunakan di perusahaan atau kantor layanan publik seperti perpustakaan.

Contoh statistik deskriptif misalkan grafik pengunjung perpustakaan dari satu bulan ke bulan lainnya secara keseluruhan dalam satu tahun. Bisa dilihat apakah meningkat atau mengalami penurunan. Atau dapat juga berupa tabel dan grafik jumlah pemasaran dari bulan ke bulan. Untuk melihat bagaimana kinerja tenaga pemasaran. Apakah mengalami peningkatan kerja atau tidak. Selain itu dapat mengukur penjualan suatu produk dan lain-lain.

Statistik Parametrik

Pengertian statistik parametrik adalah suatu ilmu statistik yang mempelajari cara distribusi data yang baik dan benar. Sehingga suatu distribusi data bisa dikenal sudah baik atau belum. Sebelum diolah menjadi statistik parametrik maka data tersebut harus memenuhi syarat normalitas. Apabila data yang dipergunakan tidak tersebar secara baik maka ia harus melakukan metode statistik non parametrik.



Pada waktu seseorang mau mengadakan penelitian maka ia dihadapkan dengan berbagai metode yang akan dipergunakan. Ia bisa memilih penelitian statistik deskriptif  atau parametrik. Pemilihan metoda tersebut harus didasarkan atas kecocokan dan ketepatan dengan tema riset yang akan diadakan. Pendek kata, untuk metode alternatif selain deskriptif maka seseorang dapat mengambil riset penelitian menggunakan metoda statistik parametrik.

Pada suatu pengerjaan skripsi dan karya ilmiah seringkali seseorang secara langsung memilih penerapan metode statistik parametrik. Hal itu tidak selamanya benar. Karena terkadang riset dan penelitian dalam bidang tertentu tidak tepat dengan melakukan analisis statistik parametrik yang sudah sangat mutakhir. Terkadang cocoknya menggunakan statistik deskriptif.

Contohnya penerapan metode statistik parametrik dalam pengolahan data dalam bidang sosial yang mempunyai rasio dan nominal sangat tidak tepat. Hasil pengolahan data akan kurang baik dan maksimal. Adapun tanda suatu riset menggunakan penelitian statistik parametrik adalah data menggunakan teknik penyebaran dan memiliki rasio atau interval.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 11672

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts