Tagihan Pembayaran PBB (pajak bumi dan bangunan)

  • Whatsapp
Tagihan Pembayaran PBB

Tagihan Pembayaran PBB (pajak bumi dan bangunan) tahun 2019 mencapai Rp 500 ribu. Padahal tahun sebelumnya hanya sekitar Rp 300 ribu. Ini menunjukkan pajak bumi dan bangunan saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jatuh temponya konon pada bulan September 2019.

Adanya tagihan pajak bumi dan bangunan atau tagihan PBB seakan membuat penulis seolah-olah mengontrak tanah dan bangunan pada negara dengan biaya pembayaran tahunan. Padahal tanah dan bangunan itu milik penulis seutuhnya. Hee…sekedar guyonan.

Read More



Pajak dalam teori investasi merupakan sebuah liabilitas atau pengeluaran. Sebisa mungkin orang menghindari liabilitas dengan tak membayar pajak. Namun langkah itu keliru karena objek pajak dapat disita jika ia terbukti tak membayar pajak secara lunas.

Pada dasarnya adanya kewajiban membayar lunas PBB membuat kita harus berpikir cerdas. Rumah yang selama ini kita tempati hanya menghabiskan uang. Dan anda bisa membaliknya dengan menjadikan rumah sebagai aset untuk menghasilkan uang. Seperti dikontrakkan atau disewakan maupun dijadikan penginapan murah.

Tagihan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan

Tagihan Pembayaran PBB

Salah satu beban pengeluaran rutin yang harus disiapkan setiap orang adalah biaya pajak bumi dan bangunan (PBB). Walaupun beban biaya pajak PBB sangat ringan, alangkah baiknya anda mempersiapkan keuangan untuk membayar PBB sebelumnya secara tepat waktu.



Diantara banyak kendala membayar pajak. Salah satunya yang paling mendasar adalah sulitnya akses untuk membayar PBB. Misalkan loket pembayaran yang jauh maupun bank yang ditunjuk oleh pemerintah letaknya sangat jauh dari tempat tinggal. Namun saat ini semua kendala tersebut dapat teratasi dengan baik. Karena sekarang ada layanan pembayaran pajak bumi dan bangunan online.

Kata online sudah menjadi populer akhir-akhir ini dengan adanya bisnis online, ojek online dan PPOB online. Dan sekarang pembayaran semua pajak pun bisa dilakukan secara online. Dari mulai pembayaran pajak kendaraan bermotor berupa mobil dan sepeda motor maupun pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Pengertian PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)

Kepanjangan PBB bukanlah Perserikatan Bangsa-Bangsa. Namun di sini dalam pengertian pajak bumi dan bangunan yang merupakan salah satu sumber pendapatan pemerintah. Pajak bumi dan bangunan ini dikenakan bagi setiap warga negara Indonesia yang mempunyai tanah dan bangunan untuk membayar pajak atas kepemilikan barang tersebut.



Adapun yang menjadi acuan penerapan pemungutan pajak bumi dan bangunan adalah Undang Undang Nomor 12 Tahun 1985 tentang PBB yang sudah direvisi oleh Undang Undang Nomor 12 Tahun 1994 yang menerangkan kewajiban untuk membayar pajak bumi dan bangunan kepada wajib pajak yang telah memenuhi syarat.

Dalam istilah pajak bumi dan bangunan ada beberapa istilah yang perlu diketahui. Salah satunya adalah istilah wajib pajak. Wajib pajak adalah kalangan perorangan atau lembaga yang diwajibkan untuk membayar pajak atas suatu tanah atau bangunan hak milik. Pembayaran pajak dilakukan satu tahun sekali. Dan harus dilunasi secepat mungkin untuk menghindari denda dan penyitaan.

Bagi anda yang mempunyai tanah maupun rumah maka anda akan dikenakan pajak bumi dan bangunan. Yang besarannya tergantung luas dan lebar tanah atau bangunan tersebut. Semakin banyak tanah dan rumah yang anda miliki pastinya akan semakin besar nominal biaya pajak bumi dan bangunan (PBB) yang harus anda bayarkan.

Penulis mengajak kepada para wajib pajak semuanya untuk menggunakan cara modern dalam membayar pajak. Dengan cara bayar pajak secara online. Ada beragam keuntungan yang bisa didapatkan. Seperti anda dapat mengecek tagihan PBB secara online, dan dapat membayar PBB secara online pula.

Berdasarkan kebijakan pemerintah untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan di setiap daerah berbeda-beda terhadap situs resminya. Misalkan cara bayar PBB online Bekasi berbeda dengan cara bayar PBB online Tangerang, Surabaya, Bogor, Bandung dan kota lainnya di tanah air.

Cara Bayar PBB Online

Seiring dengan kemajuan teknologi canggih membuat membayar pajak bumi dan bangunan pun dapat dilakukan secara online sebagaimana bayar pajak kendaraan bermotor. Sistem ini dapat berjalan dengan lancar menggunakan smartphone yang terkoneksi jaringan internet.




Dengan demikian saat ini tidak ada istilah kesulitan dalam membayar pajak. Semua serba dimudahkan. Termasuk dalam SPPT online, mengecek tagihan pajak bumi dan bangunan, hingga membayar PBB. Anda bisa membayar pajak bumi dan bangunan saat ini dengan bantuan ponsel pintar dan koneksi internet. Selain itu, anda dapat membayar pajak bumi dan bangunan menggunakan kartu ATM. Untuk pembayaran PBB melalui mesin ATM dapat dilakukan secara menyenangkan.

Dasar Hukum PBB

Adapun yang menjadi landasan hukum pajak bumi dan bangunan di pedesaan dan perkotaan adalah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Yang diperkuat dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan.

Objek Pajak

Yang menjadi pemungut pajak adalah pegawai Badan Pajak dan Retribusi Daerah. Berdasarkan peraturan daerah dan Undang-undang, yang menjadi objek pajak bumi dan bangunan sangatlah luas, antara lain :




  1. Menara
  2. Rumah
  3. Kebun
  4. Tanah

Sanksi Bagi Penunggak Pajak Bumi dan Bangunan

Untuk rumah yang terkena wajib pajak harus membayar pajak tepat waktu. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran PBB bisa dikenakan denda. Dan jika seseorang menunggak dan tak membayar pajak bumi dan bangunan sama sekali maka akan diberikan sanksi berat berupa penyitaan rumah.

Namun sebelum dilakukan penyitaan rumah terlebih dahulu diberikan surat peringatan atau teguran dan surat tagihan pajak. Kalau teguran tak digubris maka memasuki tahap pemasangan pemberitahuan. Dengan cara memasang papan reklame yang berisi bahwa rumah ini belum membayar pajak bumi dan bangunan (PBB).Kalau tak ada itikad baik dari pemilik rumah untuk melunasi PBB maka penyitaan rumah dapat segera dilakukan secara sepihak sesuai Undang-Undang Penagihan Pajak.

Permasalahan Pajak

Bagaimanapun juga pajak bumi dan bangunan akan selalu ada setiap tahun dan harus dibayarkan setiap tahun oleh wajib pajak secara tepat waktu. Adapun hasil pungutan pajak tersebut akan diserahkan kepada pemerintah untuk berbagai pembangunan di perkotaan dan pedesaan.




Namun tidak semua wajib pajak dapat membayar pajak. Dengan alasan tertentu mereka tak bisa bayar PBB. Misalkan disebabkan kemiskinan yang teramat sangat membuat seseorang tak dapat membayar pajak. Kejadian ini sering dijumpai di wilayah pedesaan terpencil yang ekonomi masyarakatnya sangat minim.

Lalu adapula wajib pajak yang menunggak PBB selama puluhan tahun disebabkan enggan untuk membayar pajak. Mereka coba menghindarkan diri dari membayar PBB untuk kepentingan pribadi. Seperti fenomena saat ini yang sedang terjadi di Jakarta, banyak rumah mewah yang belum dibayarkan pajaknya oleh wajib pajak.

Menurut tanggapan penulis ada sedikit perbedaan cara tagihan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perdesaan dan perkotaan. Untuk pembayaran Pajak bumi dan bangunan di desa haruslah melalui aparatur desa. Sedangkan tagihan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di perkotaan dapat dilakukan melalui kantor bank yang ditunjuk setempat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 14092

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts