Virus Corona : Pengertian, Tentang, dan Pencegahan

  • Whatsapp
Virus Corona Waptrick Tubidy

Pandemik virus corona melanda berbagai negara akhir-akhir ini. Telah banyak korban jiwa yang meninggal dunia diakibatkan virus yang berasal dari Tiongkok ini. Seperti Amerika Serikat, Spanyol, Brazil, Maroko, Vatikan, Rusia, Belanda, Italia, German, Swiss, Iran, Jepang, Korea Selatan, Perancis, dan Indonesia.

Baca Juga : Pengertian Investasi – Definisi dan Manfaat

Read More

Seluruh negara di dunia melakukan berbagai upaya untuk mencegah pandemik korona meluas ke negaranya. Seperti melakukan lockdown ataupun karantina wilayah.

Definisi Virus Corona

Virus Corona Waptrick Tubidy

Virus corona adalah suatu virus yang mengakibatkan kerusakan pada sistem pernafasan manusia. Dalam dunia kedokteran disebut dengan istilah SARS-CoV-2 (Severe acute respiraatory syndrome coronavirus 2). Orang yang terkena virus ini membuat terjadinya infeksi pada saluran pernafasan. Sehingga sistem pernafasan manusia terganggu dan dapat menimbulkan penyakit pneumonia kritis hingga meninggal dunia.



Anda dapat menyaksikan berbagai berita di televisi mengenai angka kematian akibat virus corona di suatu negara terus bertambah banyak setiap hari. Seperti halnya di negara Indonesia yang pasien positif virus korona sebanyak 2700 orang lebih dan jumlah orang yang meninggal dunia sebanyak 210 orang dan jumlah penderita corona yang sembuh sebanyak 200 orang. Jumlah orang terinfeksi virus korona itu akan terus mengalami perubahan setiap harinya.

Baca Juga : Facebook – Sejarah, Cara, Manfaat, dan FB Ads

Virus korona merupakan jenis penyakit baru yang ada di dunia ini. Sehingga obatnya masih belum ditemukan sekarang ini. Berbagai lembaga dan negara sedang berusaha membuat vaksin atau obat bagi penyakit ini. Seperti Amerika Serikat, China, Jerman, Italia, Spanyol, Argentina, Jepang, Korea Selatan dan Indonesia. Namun masih belum didapatkan obatnya. Menurut, komunitas ilmuwan Indonesia diperlukan waktu satu satu untuk menemukan obat Covid 19.



Pada awalnya virus corona berasal dari binatang kelelawar. Yang kemudian menular pada manusia, virus ini dapat menyerang siapapun tanpa mengenal status, latar belakang, profesi, kelompok dan golongan. Virus corona dapat menyerang ibu menyusui, ibu hamil, orang dewasa, anak-anak dan orang lanjut usia. Oleh karena itu, berhati-hatilah!

Bahaya Corona

Pada akhir bulan Desember 2019 telah terjadi peristiwa menakutkan. Dimana virus corona mulai muncul dari kota Wuhan negara Tiongkok yang menewaskan banyak orang. Yang kemudian menyebar secara cepat ke wilayah sekitarnya sampai ke seluruh negara di dunia melalui penularan antara sesama manusia. Salah satu negara yang terkena wabah pandemik corona adalah Indonesia pada pertengahan Maret 2020.

Berikut ini sejumlah bahaya yang diakibatkan oleh virus corona, antara lain :




Gagal ginjal

Virus corona dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit akut. Apalagi bagi mereka kaum lansia yang mempunyai penyakit lain yang dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal ginjal, infeksi tambahan pada organ tubuh lain dan pneumonia.

Baca Juga : Pengertian Dikatator – Definisi dan Contohnya

Kematian

Hal yang paling berbahaya adalah virus korona dapat mengakibatkan kematian secara mendadak bagi penderitanya. Walaupun tingkat kesembuhannya tinggi, angka kematian akibat virus ini di sejumlah negara sangat tinggi. Seperti di negara China, Amerika Serikat, Italia dan Indonesia.

Untuk mereka yang terkena virus corona dapat menyembuhkan diri secepat mungkin dengan beberapa cara. Seperti berikut ini, antara lain :




  1. Melakukan isolasi diri. Hal ini dilakukan untuk menghentikan penyebaran corona ke orang lain
  2. Menghubungi rumah sakit rujukan. Pihak rumah sakit akan melakukan perawatan insentif bagi penderita Covid 19 sekaligus pasien dikarantina secara ketat
  3. Istirahat cukup. Dengan istirahat yang cukup akan meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh manusia
  4. Minum obat demam. Untuk menghilangkan demam maka ia bisa minum obat pereda nyeri dan demam yang aman
  5. Banyak minum air putih dan air jahe. Upaya ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia sekaligus menjaga cairan dalam tubuh manusia.

Tentang Covid 19

Berita tentang virus corona yang lebih dikenal dengan sebutan Covid 19 menjadi berita yang sangat hangat dan populer di masyarakat. Dampak yang dirasakan sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Salah satu hal yang paling terdampak akibat wabah pandemik virus corona adalah ekonomi. Banyak para pedagang dan pengusaha mengeluhkan omset usaha yang turun drastis.




Begitupula dampak bagi karyawan dan masyarakat luas sangat terasa. Di berbagai daerah di Indonesia mulai mengadakan karantina wilayah. Para pengusaha dan pedagang mengalami omset yang menurun. Yang membuat mereka memilih mudik ke kampung halaman. Untuk orang yang mudik berasal dari zona merah Covid 19 akan langsung mendapatkan pemantauan dari petugas medis setempat.

Baca Juga : Cara Membuka Blokir Waptrick Terbaru

Bermula dari kota Jakarta, virus corona terus menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia. Seperti Bogor, Bekasi, Depok, Cimahi, Bandung, Medan, Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Timur dan daerah lainnya di seluruh Indonesia. Untuk menghentikan penyebaran Covid 19, beberapa kepala daerah mengumumkan karantina wilayah. Sedangkan Jakarta mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Penyebab dan Cara Mencegah Tertular Virus Corona

Untuk mencegah tertular virus corona, kita harus mengetahui penyebab tertularnya virus corona. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa membuat orang tertular Covid 19 dan cara mencegahnya, antara lain :




  1. Menghirup percikan ludah dari batuk atau  bersin penderita corona. Anda dapat menghindarkan diri dari penularan virus corona dengan cara menggunakan masker yang tertutup rapat sesuai standar nasional.
  2. Memegang hidung atau mulut. Kita tidak tahu tangan kita bersih atau tidak. Mungkin saja tangan anda pernah menyentuh barang di sekitar yang terkena virus corona. Ini bisa muncul pada suatu benda diakibatkan oleh hasil cipratan air liur penderita corona. Ketika anda mengusap mulut dan hidung menggunakan tangan maka secara tak langsung bakteri Covid 19 dapat masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah tertular virus corona maka anda sebisa mungkin tidak mengusap mata, hidung dan mulut menggunakan tangan. Kalaupun terpaksa, maka anda harus memastikan tangan dalam keadaan bersih dan bebas dari Covid 19 dengan cara mencuci tangan menggunakan sanitizer.
  3. Berdekatan dengan penderita Covid 19. Berjabat tangan ataupun bersentuhan langsung dengan penderita Covid19 dapat mengakibatkan seseorang tertular. Oleh karena itu, untuk mencegah tertular corona maka anda dapat menjaga jarak dengan siapa saja. Minimal satu setengah meter.
  4. Bepergian ke tempat keramaian orang. Mungkin diantara kerumunan manusia itu terdapat orang yang positif Covid 19. Yang dapat menularkan kepada diri anda. Oleh karena itu, jauhi bepergian ke tempat keramaian orang seperti pasar, pusat perbelanjaan, toko, dan lain sebagainya.
  5. Tak menggunakan masker. Tak memakai masker ketika bepergian bisa menjadi penyebab seseorang tertular virus corona. Oleh sebab itu, ketika anda hendak bepergian ke tempat umum untuk keperluan belanja atau bekerja maka pastikan anda senantiasa menggunakan masker untuk menghindari percikan bersin dan batuk dari penderita Covid 19
  6. Rajin mencuci tangan dengan bersih. Virus korona bisa terdapat di berbagai benda sekitar. Seperti uang dan barang lainnya. Sehingga ketika anda sudah memegang suatu benda di khalayak umum pastikan setiba di rumah, anda mencuci tangan dengan bersih menggunakan hand sanitizer atau sabun.
  7. Menjaga lingkungan bersih. Covid 19 dapat berkembang biak di lingkungan yang kotor. Sehingga anda harus memastikan kondisi kamar atau rumah dalam keadaan bersih supaya terhindar dari keberadaan virus corona yang mematikan.
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mencegah tertular virus corona, anda dapat menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalannya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah berolahraga secara rutin setiap hari, mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, minum ramuan jahe atau temulawak, dan lain-lain.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1862

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts