Whatsapp Web : Kelebihan dan Kekurangan Wa Web

  • Whatsapp
wa web
Wa Web

Salah satu aplikasi chat terbesar di dunia adalah Whatsapp, namun apakah anda sudah mengetahui informasi seputar whatsapp web atau disebut sebagai wa web ? Berikut penjelasannya..

Beragam keunggulan dan kemudahan dalam berkomunikasi melalui chatting yang terdapat pada aplikasi Whatsapp, menjadikan para pengguna smartphone dan perangkat berbasis Android lainnya sangat menyukai aplikasi ini. Tidak heran jika saat ini pengguna yang sudah mengunduh aplikasi Whatsapp dari Google Playstore berkisar 1 milyar orang.

Read More

Salah satu fitur yang juga disukai oleh banyak pengguna Whatsapp adalah fitur Whatsapp Web. Fitur ini diakses melalui perangkat komputer/laptop dengan cara melakukan sinkronisasi akun Whatsapp yang digunakan di smartphone atau perangkat berbasis Android lainnya dengan browser yang digunakan di laptop atau komputer.



Untuk menggunakan WA WEB, Anda tidak harus membuat akun baru khusus di komputer. Sebab fitur ini hanya membantu dan memudahkan pengguna Whatsapp untuk menggunakan aplikasi ini di perangkat komputer atau laptop yang digunakannya.

Jadi penggunaan wa web ini bukan berarti kamu membuat akun whatsapp baru di komputer/laptop. Namun, hanya memudahkan pengguna agar bisa menggunakan whatsapp komputer/laptop. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ini, kamu bisa menyimak artikel berikut.

Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Web

wa web
Wa Web

Agar pengetahuan Anda semakin bertambah tentang Whatsapp Web, berikut ini saya sebutkan kelebihan dan Kekurangan wa web.



A. Kelebihan Whatsapp Web

Salah satu alasan kenapa pihak Whatsapp menyediakan Whatsapp Web tidak lain karena lebih memudahkan penggunanya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan menggunakan wa app.

1. Meningkatkan produktivitas kerja

Terkadang sebagian pekerjaan membutuhkan Whatsapp Web untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan. Salah satu contohnya adalah customer service. Dengan adanya aplikasi web ini, maka pengguna semakin dimudahkan membalas pertanyaan-pertanyaan yang masuk dengan cepat.

2. Mengirim file dari komputer

Kita semua tentu sudah memaklumi bersama kalau saat ini sudah semakin banyak orang-orang yang ingin menyimpan file-file pribadinya di akun Whatsapp yang digunakan. Dengan menggunakan web wa, pengguna bisa langsung memindahkan file-file tersebut dari perangkat laptop atau komputer yang digunakan.

3. Lebih memudahkan dalam monitoring

Sebagian orang lebih sering bekerja menggunakan laptop atau komputer. Di sisi lain, dia juga membutuhkan untuk selalu mengecek apliaksi Whatsapp yang dibutuhkan karena terkait dengan pekerjaan atau bisnis yang dijalani. Jika aplikasi Whatsapp yang digunakan semata-mata di smartphone, tentu hal tersebut akan menyulitkan. Berbeda halnya jika dikoneksikan di web wa yang diakses di laptop atau komputer, hal tersebut  akan semakin mudah.




B. Kekurangan Wa Web

Sebagus apapun sebuah produk mesti memiliki kekurangan. Tidak ada yang sempurna dalam kehidupan dunia ini. Termasuk dalam hal ini adalah fitur Whatsapp desktop. Ada beberapa kekurangan yang akan dirasakan oleh orang-orang yang menggunakan wa desktop. Kekurangan-kekurangan tersebut antara lain :

1. Jaringan internet yang dipakai harus stabil

Menggunakan whatsapp web mesti membutuhkan jaringan internet yang kuat atau minimal stabil. Karena ketika jaringan lemah akan mengakibatkan wa Web juga akan lambat dalam menerima respon.

2. Tidak support video call maupun audio call

Video call dan audio call merupakan fitur unggulan dan yang paling disukai oleh pengguna whatsapp. Sayangnya, fitur ini tidak bisa dipakai pada Whatsapp versi Website. Jadi menurut hemat saya, layanan whatsapp via dekstop ini hanya cocok digunakan untuk bekerja dan sekedar mengirim file dari komputer.

3. Tidak bisa digunakan ketika ponsel mati

Whatsapp dekstop hanya bisa digunakan jika perangkat handphone yang digunakan dalam keadaan hidup dan ada jaringan. Ketika handphone mati atau kehilangan sinyal, maka otomatis web wa tidak akan bisa digunakan sama sekali.

4. Syarat akses whastapp web

Aplikasi via dekstop memiliki beberapa persayatan sebelum memakainya. Persyaratan meskipun sederhana namun apabila diabaikan bisa mengakibatkan para penggunaan Whatsapp Deskstop bisa tidak maksimal. Adapun syarat-syarat tersebut adalah :




  1. Pastikan Anda punya smartphone dan komputer/laptop. Hal ini tentu saja sudah dimaklumi bersama kalau tidak akan mungkin bisa menggunakan fitur di atas kalau tidak memiliki smartphone dan laptop/komputer.
  2. Aplikasi whatsapp di smartphone harus aktif. Wa web hanya bisa digunakan jika whatsapp yang digunakan di perangkat berbasis Android semisal smartphone dan lainnya yang digunakan masih aktif.
  3. Jaringan internet harus stabil. Ketika menggunakan Whatsapp Website, Anda harus memiliki jaringan yang bagus, baik yang di smartphone maupun komputer. Ketika salah satu ada yang jaringannya jelek, tentu akan mengganggu kenyamanan dalam pemakaian whatsapp web.

Cara Menggunakan Wa Web

Mungkin masih ada diantara para pengguna Whatsapp yang belum mengetahui tata cara menggunakan fitur wa Web. Oleh karena itu, pada kelanjutan artikel di bawah ini saya akan menjelaskan tentang cara menggunakan Whatsapp Web.

1. Masuk ke website resmi whatsapp

Untuk menggunakan wa Website, Anda tidak perlu mendownload atau install software/aplikasi Whatsapp Web. Sebab, penggunaan whatsapp web hanya menggunakan browser saja. Caranya adalah sebagai berikut :




  • Nyalakan komputer/laptop.
  • Selanjutnya kunjungi situs resmi menggunakan browser (chrome, firefox, ucbrowser, dll) yang Anda gunakan. Situs resmi tersebut adalah web.whatsapp.com.
  • Setelah situs di atas terakses, maka akan muncul halaman yang menampilkan sebuah QR code.
  • Selanjutnya Anda perlu menscan Kode QR yang ada pada tampilan browser tersebut melalui fitur wa website yang ada di smartphone atau perangkat Android yang Anda gunakan. Caranya, buka whatsapp, lalu klik tombol titik tiga yang berada di sebelah pojok kanan atas, kemudian pilih wa web. Selanjutnya klik “OK, GOT IT”. Setelah itu scan atau pindai QR code yang ada menggunakan Whatsapp di smartphone atau perangkat berbasis Android yang Anda gunakan. Nanti secara otomatis tampilan whatsapp di smartphone akan tampil browser pada komputer/laptop yang Anda gunakan.

Sebagai informasi tambahan, saat Anda menggunakan fitur aplikasi wa, aplikasi Whatsapp yang ada di smartphone masih bisa digunakan dan seluruh aktifitas di whatsapp website atau aplikasi Whatsapp di smartphone akan terlihat diantara keduanya.

2. Cara chatting, kirim media, dan melihat status

Untuk ber-chatting ria di aplikasi wa, Anda hanya perlu mencari kontak pada kolom pencarian yang terdapat di sebelah kiri atas. Untuk mengirim foto ataupun video, cukup klik tombol peniti yang terdapat di samping tombol  titik tiga, di sebelah kanan atas. Anda juga bisa menyeret foto dari dokumen ke kolom chat tersebut.

Sayangnya, Whatsapp Web tidak menyediakan fitur untuk mengupdate status Anda. Meskipun demikian, Anda tetap bisa melihat status-status dari kontak Anda. Caranya, klik simbol bulat di sebelah atas dan status dari kontak Anda akan terlihat jelas.

3. Cara Log out dari Wa Web

Setelah Anda selesai menggunakan wa Web, jangan lupa untuk log out dari fitur tersebut agar privasi Anda tetap aman terjaga. Jangan langsung menutup browser yang Anda gunakan di laptop atau komputer begitu saja.

Cara log out dari fitur Whatsapp Web adalah sebagai berikut :




  • Klik tombol titik tiga yang terletak di sebelah pojok kanan atas.
  • Selanjutnya pilih Whatsapp Web. Nah di situ akan terlihat jelas kapan terakhir Anda terhubung. Kalau mau log out tinggal pilih keluar dari semua komputer.

Demikianlah informasi seputar Whatsapp Web ( wa app web ) dan hal-hal yang berkaitan dengannya yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat bagi Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 78192

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts